Spinner Icon

Denah Rumah: 10 Contoh yang Bisa Kamu Jadikan Inspirasi

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 29 Agustus 2023
Table of Contents:
  • 10 Inspirasi Denah Rumah untuk Hunian Minimalis
  • 1. Rumah Minimalis 1 Lantai
  • 2. Rumah 3 Kamar
  • 3. Rumah Minimalis Dua Tingkat
  • 4. Rumah Dua Tingkat dengan 3 Kamar
  • 5. Rumah Mediterania Modern
  • 6. Rumah Beton Kontemporer
  • 7. Desain Go Green di Atap!
  • 8. Langit-Langit yang Ditinggikan
  • 9. Fasad Kayu
  • 10. Rumah Mungil untuk Hidup Mandiri
  • Material pada Desain Rumah Masa Kini
  • 1. Kayu
  • 2. Batu
  • 3. Beton
  • 4. Logam
  • 5. Kaca
  • 6. Batu bata
  • Kesimpulan

Apakah kamu pasangan baru yang sedang berencana membeli rumah? Atau keluarga yang hendak membangun ulang hunian? Jika betul kamu satu diantaranya, maka bisa jadi kamu sedang bingung dengan denah rumah kamu nantinya. Nah! maka sangat tepat jika kamu menyimak artikel ini, karena akan dipaparkan 10 contoh denah rumah untukmu.

Sebelum lebih lanjut kita perlu tahu apa itu denah rumah. Secara harfiah, denah rumah adalah gambar atau sketsa yang menggambarkan tata letak ruangan dan struktur bangunan sebuah rumah. Denah rumah memberikan gambaran dari atas yang menunjukkan ukuran, bentuk, dan hubungan antara ruang-ruang di dalam rumah, termasuk dinding, pintu, jendela, tangga, dan lainnya.

Denah rumah biasanya mencakup informasi tentang ukuran ruangan, penempatan furnitur, dimensi ruangan dan label yang menjelaskan fungsi masing-masing ruangan. Denah rumah digunakan sebagai panduan untuk merencanakan dan membangun rumah, serta untuk memvisualisasikan bagaimana ruangan-ruangan akan berinteraksi satu sama lain dalam tata letak yang optimal.

Key Takeaways:

  • Denah rumah adalah gambar atau sketsa yang menggambarkan tata letak ruangan dan struktur bangunan sebuah rumah.
  • Denah rumah digunakan sebagai panduan untuk merencanakan dan membangun rumah, serta untuk memvisualisasikan bagaimana ruangan-ruangan terintegrasi satu sama lain dalam tata letak yang optimal.
  • Penggunaan berbagai material dalam desain rumah dapat memberikan efek yang berbeda terhadap tampilan dan suasana rumah.

10 Inspirasi Denah Rumah untuk Hunian Minimalis

Bagi sebagian besar orang terutama usia muda saat ini, menilai biaya membangun rumah cukup tinggi. Tak sedikit yang memutuskan untuk menunda rencana membangun rumah sendiri. Sebaliknya, pada kondisi ini dengan anggaran terbatas membuat orang-orang melirik ke rumah aparthouse atau apartemen sebagai opsi lain untuk hunian. Orang menjadi bimbang antara membeli apartemen atau membangun rumah kecil.

Pada dasarnya, membangun rumah sendiri memiliki lebih banyak keuntungan dibanding membeli rumah jadi ataupun apartemen. Salah satu kelebihannya adalah kamu dapat merancang rumah impianmu sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Nah, jika kamu mulai yakin dengan opsi pertama, mencari ide tentang denah rumah sepertinya merupakan langkah awal yang tepat. Yuk disimak 10 denah rumah inspirasi dari kami!


1. Rumah Minimalis 1 Lantai

Denah rumah minimalis ini cocok untuk kamu yang memiliki lahan atau ruangan terbatas, namun tetap menginginkan rumah yang nyaman dan fungsional. Umumnya denah ini hanya bisa membangun satu atau dua kamar tidur. Sangat cocok untuk pasangan muda yang baru memiliki anak. Kamu dapat menyesuaikan tata letak sesuai dengan kebutuhan dan preferensi pribadi, menambahkan detail seperti penempatan furnitur, pintu, jendela, dan elemen interior lainnya.

Pada rumah minimalis biasanya taman berada tepat di depannya. Meski tidak memiliki pekarangan, desain teras rumah ini terlihat sangat indah. Kamu bisa bersantai di sore hari sambil minum teh sembari bercengkrama dengan tetangga sekitar. Denah rumah minimalis ini juga sangat sederhana, namun kamu akan menemukan bahwa penggunaan warna solid membuat rumah terasa lebih luas.

Baca juga: Ide Tata Letak dan Desain Rumah 1 Lantai

2. Rumah 3 Kamar

Jika kamu memiliki lahan yang cukup, tidak ada salahnya untuk mencoba denah rumah 3 kamar tidur ini. Meski hanya satu lantai, kamu bisa memiliki dua garasi mobil di bagian depan dan samping rumah. Dengan denah ini, kamu juga bisa membangun ruangan khusus untuk asisten rumah tangga. Rumah ini cocok untuk kamu yang memiliki budget lebih untuk pembangunan rumah.

3. Rumah Minimalis Dua Tingkat

Jika kamu memiliki lahan yang luas dan budget yang cukup. Kolam renang kecil di sebidang tanah yang tersisa di belakang rumah sepertinya ide yang bagus untuk denah rumah minimalis. Apalagi jika kamu menggabungkan penggunaan kaca ala villa di Bali. Itu bisa membuat kamu merasa seperti sedang berlibur setiap hari. Bicara soal penampilan, tata ruang yang tepat memungkinkan kamu betah berlama-lama di rumah tanpa harus keluar rumah di akhir pekan. 

4. Rumah Dua Tingkat dengan 3 Kamar

Jika kamu memiliki lahan yang sempit tapi ingin memiliki banyak ruangan, denah rumah bertingkat dengan tiga kamar tidur bisa jadi pilihan. Terlebih untuk kehidupan di perkotaan, rumah bertingkat sangat umum ditemukan karena lahan yang terbatas. Kelebihan dari denah rumah dua tingkat ini, kamu bisa memiliki ruang tamu, taman, dan garasi yang memadai di lantai bawah karena ruangan pribadi seperti kamar tidur dan ruang keluarga bisa dialihkan di lantai atas.

5. Rumah Mediterania Modern

Arsitektur dan desain Mediterania klasik identik dengan warna terakota, balok kayu terbuka, dan warna-warna cerah yang digunakan untuk desain interior, warna dinding, dan ubin. Kamu dapat memodernisasikannya dengan menggunakan banyak warna putih. 

6. Rumah Beton Kontemporer

Rumah abu-abu dua lantai ini akan menciptakan kesan kekinian. Rumah beton kontemporer memiliki desain unik dengan jendela lebar yang luas yang memungkinkan banyak cahaya alami masuk. Bagian depan rumah menampilkan area lanskap sederhana dengan kerikil dan tanaman hijau.

7. Desain Go Green di Atap!

Atap hijau digunakan sebagai elemen kunci dalam perumahan berkelanjutan. Selain bagus untuk lingkungan, hal ini juga menambah nilai tampilan visual rumah. Manfaatkan ruang dengan menambahkan bunga, herba, atau sayuran favorit kamu. Dan jika kamu suka berjemur di bawah sinar matahari, tambahkan meja dan kursi makan di luar ruangan.

8. Langit-Langit yang Ditinggikan

Cahaya alami adalah salah satu item yang paling banyak diminta dalam bangunan baru. Memiliki langit-langit yang ditinggikan adalah tambahan yang dapat kamu sertakan dalam renovasi untuk membuat ruangan hidup dan tampak jauh lebih besar.

9. Fasad Kayu

Desain ini menunjukkan dengan menggunakan fasad kayu akan menjadikan rumah kamu modern dan segar. Rumah modern biasanya memiliki dinding beton yang apik, namun kombinasi kayu, kaca, dan logam membuat rumah ini hangat dan ramah.

10. Rumah Mungil untuk Hidup Mandiri

Berbeda dengan pilihan lain sebelumnya. Jika kamu seorang yang tertutup dan ingin hidup mandiri, maka denah rumah sederhana dengan kebutuhan dasar, adalah pilihan yang bagus untuk ditinggali. Meskipun didesain mungil, namun tetap memiliki kamar tidur, kamar mandi, dan ruang terpadu yang berisi dapur, ruang makan, dan ruang tamu.

Bahan-bahan yang dibutuhkan murah dan dapat diperoleh dengan mudah. Terlebih jika kamu membangunnya sendiri. Kamu dapat menekan biaya tenaga kerja, terutama jika kamu membuatnya sederhana dan tidak membutuhkan pekerja khusus. kamu bisa menggunakan balok beton padat, cat berkualitas baik untuk eksterior dan atap yang ringan. Langit-langit bagian dalam dapat diisolasi menggunakan wol kaca atau busa polistiren. Alternatifnya, kamu bisa mengecat lembaran dengan aluminium tahan api untuk menurunkan panas dari matahari.

Baca juga: Hindari Kesalahan-Kesalahan Berikut dalam Tata Ruang Rumah


Material pada Desain Rumah Masa Kini

Supaya tidak tertinggal perkembangan zaman, kamu juga perlu memperhatikan material yang digunakan dalam membangun rumah impian. Sebab penggunaan berbagai material dalam desain rumah dapat memberikan efek yang berbeda terhadap tampilan dan suasana rumah. Berikut adalah beberapa efek yang dapat dicapai dengan menggunakan material yang berbeda:


1. Kayu

Penggunaan bahan kayu, baik untuk dinding, lantai, atau elemen dekoratif, memberikan kesan hangat, alami, dan tradisional. Kayu juga dapat menciptakan suasana yang nyaman dan ramah lingkungan.

2. Batu

Penggunaan batu alam, seperti batu bata atau batu granit, dapat memberikan tampilan yang kuat, kokoh, dan tahan lama. Batu alam juga dapat memberikan kesan alami, terutama jika digunakan pada bagian eksterior rumah.

3. Beton

Penggunaan beton dapat memberikan kesan modern, minimalis, dan bergaya industri. Beton sering digunakan untuk dinding, lantai, atau elemen struktural yang terlihat. Pemilihan finishing dan pengolahan beton dapat memengaruhi tampilan akhir, seperti beton polos, beton terlihat, atau beton dicat.

4. Logam

Penggunaan logam, seperti baja atau aluminium, dapat memberikan kesan kontemporer dan futuristik. Logam biasanya digunakan dalam elemen struktural, atap, railing tangga, atau aksesori dekoratif. Logam dapat memberikan tampilan yang elegan, tahan lama, dan mudah perawatannya.

5. Kaca

Penggunaan kaca dalam desain rumah menciptakan efek transparansi, pencahayaan alami yang maksimal, dan keterbukaan visual. Kaca digunakan pada jendela besar, pintu geser, partisi, atau dinding eksterior untuk mencapai tampilan modern dan terhubung dengan lingkungan sekitar.

6. Batu bata

Penggunaan batu bata memberikan tampilan klasik, kokoh, dan estetik. Batu bata dapat digunakan pada dinding eksterior, dinding interior, atau bahkan sebagai elemen dekoratif dalam bentuk jalan setapak atau pagar.

Setiap material memiliki karakteristik uniknya sendiri, dan pilihan material akan sangat bergantung pada gaya arsitektur yang diinginkan, lingkungan sekitar, serta preferensi dan kebutuhan pribadi. Kombinasi material yang cerdas dan kreatif dapat menciptakan rumah yang unik, sesuai dengan selera dan kepribadian kamu.

Baca juga: Desain Sekat Ruangan: 10 Ide untuk Mengoptimalkan Ruang


Kesimpulan

Ramah anggaran dan mudah dibangun, pastinya menjadi denah rumah impian kebanyakan pasangan. Namun, memilih desain rumah juga merupakan keputusan besar karena akan membentuk kesan saat kamu tinggal di rumah nantinya. Tak perlu terburu-buru, kamu dapat menyimak dan mempertimbangkan lagi denah rumah seperti apa yang cocok dengan kebutuhan dan keinginanmu. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu ya!

Jika kamu ingin memperoleh artikel seputar properti lainnya, langsung saja cek website kami. Di sini kamu akan menemukan berbagai artikel bermanfaat seputar properti, mulai dari inspirasi desain interior dan eksterior rumah, informasi seputar material rumah, serta informasi seputar KPR properti.

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua