Spinner Icon

Desain Sekat Ruangan: 10 Ide untuk Mengoptimalkan Ruang

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 11 Agustus 2023
Table of Contents:
  • Desain Sekat Ruangan
  • 1. Sekat Ruangan dengan Rak Buku
  • 2. Sekat Ruangan dengan Potongan Pipa Paralon
  • 3. Sekat Ruangan Berbahan Dasar Marmer yang Mewah
  • 4. Sekat Ruangan dengan Partisi Kaca Multifungsi
  • 5. Sekat Ruangan dengan Tumbuhan Hijau
  • 6. Sekat Ruang Menggunakan Foto Kenang-kenangan
  • 7. Penggunaan Tanaman Gantung sebagai Partisi
  • 8. Sekat Kayu Vertikal
  • 9. Sekat dengan Kayu Panel Daur Ulang
  • 10. Sekat Kain yang Estetik
  • 5 Tips Memilih Sekat Ruangan dengan Tepat
  • 1. Menentukan Lokasi
  • 2. Memilih Ukuran Sekat yang Tepat
  • 3. Memilih Jenis Sekat yang Akan Digunakan
  • 4. Memilih Desain Sekat yang Sesuai
  • 5. Menyesuaikan Harga
  • Kesimpulan

Rumah minimalis kerap menjadi pilihan utama masyarakat saat ini, terutama bagi mereka yang memiliki anggota keluarga dengan jumlah yang sedikit. Misalnya, keluarga kecil dengan satu anak, pasangan yang baru menikah, atau pekerja yang merantau dari luar kota. Dengan ukuran yang tidak terlalu besar, rumah minimalis menyediakan ruang yang memadai untuk dihuni.

Kini, penggunaan sekat antar ruang di rumah minimalis kian populer. Kamu bisa menggunakan sekat-sekat ruang agar rumah minimalis terlihat lebih menyatu sekaligus luas. Tentu pemilihan sekat berperan penting dan sangat memengaruhi tampilan rumah. Pemilihan sekat yang tepat dapat mengoptimalkan ruang dalam rumahmu. Sehingga bukan hal yang baru lagi jika banyak orang menggunakan material mahal saat merancang ruangan. Misalnya bingkai kaca, gypsum, dan masih banyak lagi.

Pada artikel ini, berbagai desain sekat antar ruangan akan dibahas secara terperinci. Pastikan kamu simak dengan baik agar dapat memilih desain yang cocok untuk rumahmu!

Key Takeaways:

  • Penggunaan sekat-sekat ruangan dapat membuat rumah minimalis terlihat lebih menyatu sekaligus luas.
  • Pemilihan sekat ruangan yang tepat dapat mengoptimalkan ruang dalam rumahmu.
  • Beberapa ide desain sekat ruangan yang dapat kamu terapkan ke rumah minimalismu, antara lain sekat ruangan dengan rak buku, sekat ruangan dengan potongan pipa paralon, sekat ruangan marmer, sekat ruangan kaca, sekat ruangan tumbuhan hijau, sekat ruangan menggunakan foto, sekat ruangan dengan tanaman gantung, sekat kayu vertikal, sekat kayu panel daur ulang, dan sekat kain.

Desain Sekat Ruangan

Berikut adalah beberapa ide desain sekat ruangan yang dapat kamu terapkan ke rumah minimalismu.


1. Sekat Ruangan dengan Rak Buku

Bagi para kutu buku yang memiliki rak buku besar, kamu dapat memanfaatkannya untuk dijadikan sekat pembatas. Desain sekat yang satu ini umumnya digunakan pada rumah minimalis sebagai pemisah antara ruang kerja dengan tempat tidur. Rak buku kerap digunakan karena karakteristiknya yang kuat dan tahan lama. Tidak hanya itu, rak buku juga dapat membuat desain interior rumahmu terasa semakin homey.

2. Sekat Ruangan dengan Potongan Pipa Paralon

Unik serta murah membuat pipa paralon menjadi salah satu ide desain sekat antar ruang pilihan banyak orang. Selain itu, kamu juga dapat menemukan pipa paralon dengan mudah di lingkungan sekitarmu. Untuk ruangan yang lebih terbuka, kamu dapat menggunakan pipa dengan diameter yang lebih besar. Kamu juga dapat mengombinasikan berbagai ukuran pipa paralon agar rumah terlihat lebih modern dan minimalis.

3. Sekat Ruangan Berbahan Dasar Marmer yang Mewah

Ingin menciptakan kesan mewah di dalam rumahmu? Kamu bisa menggunakan partisi marmer. Partisi berbahan marmer memang memakan biaya yang cukup mahal, tetapi di sisi lain ia juga tahan lama dan mampu memberikan kesan yang elegan.

4. Sekat Ruangan dengan Partisi Kaca Multifungsi

Kamu juga bisa menggunakan partisi kaca untuk memisahkan ruang tamu dan tempat tidur. Partisi kaca dengan desain yang sederhana serta warna yang netral sangat cocok untuk rumah minimalis. Akan tetapi, kaca memiliki beberapa kekurangan diantaranya kaca membutuhkan perawatan ekstra agar terlihat bersih, partisi kaca tidak terlalu menjaga privasi, dan tidak cocok digunakan oleh keluarga yang memiliki anak-anak.

5. Sekat Ruangan dengan Tumbuhan Hijau

Tumbuhan hijau bisa kamu gunakan sebagai pemisah antar ruangan. Misalnya, pada bagian ruang tamu menuju halaman rumah, kamu bisa meletakkan dua sampai tiga pot tanaman hijau sebagai partisi dan juga ornamen untuk mempercantik desain rumah. Tidak hanya itu, rumahmu juga akan terasa semakin asri.

6. Sekat Ruang Menggunakan Foto Kenang-kenangan

Jika kamu memiliki banyak foto bersama keluarga maupun pasangan, kamu bisa menggunakannya sebagai sekat ruang yang kreatif dan langka. Pasalnya, foto tersebut memiliki makna tersendiri bagimu dan juga dapat membuat ruang dalam rumahmu lebih menyatu. Kamu dapat menggunakan bingkai besi atau kayu untuk menyatukan berbagai foto sekaligus.

7. Penggunaan Tanaman Gantung sebagai Partisi

Gunakan tanaman gantung sebagai partisi untuk menghadirkan suasana segar pada rumah. Tanaman gantung tidak hanya menyejukkan udara, tetapi juga membuat tampilan rumah semakin menarik dan asri. Desain yang satu ini sangat cocok bagi kamu yang suka dengan alam.

8. Sekat Kayu Vertikal

Desain sekat ruangan selanjutnya menggunakan kayu vertikal. Desain sekat ruangan yang satu ini menggunakan balok kayu yang disusun vertikal sedemikian rupa sehingga memberikan tempat penyimpanan kecil seperti laci atau rak pada bagian tengahnya. Dengan begitu, sekat ini sering disebut sebagai sekat multifungsi.

9. Sekat dengan Kayu Panel Daur Ulang

Siapa bilang penggunaan sekat menggunakan biaya yang mahal? Desain yang satu ini bisa kamu terapkan dengan budget terbatas. Kamu dapat menggunakan panel kayu yang sudah tidak terpakai lalu disusun secara zigzag menggunakan engsel. Sekat ini juga bisa kamu gunakan sebagai tempat untuk memajang foto atau hiasan dinding. Umumnya desain yang satu ini digunakan pada ruang tamu.

10. Sekat Kain yang Estetik

Bagi kamu yang memiliki budget pas-pasan, sekat kain dapat menjadi pilihan desain sekat ruangan yang tepat untuk kamu. Di samping harganya yang jauh lebih terjangkau, sekat kain juga sangat praktis karena mudah untuk dipasang dan dilepaskan. Selain praktis, sekat kain juga memiliki motif yang beragam dan bisa kamu sesuaikan dengan interior rumah.

Kamu juga tidak perlu takut sekat kain akan kotor karena kamu dapat melepasnya dan mencucinya agar bersih kembali. Biasanya desain sekat ruangan yang satu ini lebih umum digunakan di kamar tidur daripada di ruang tamu. Jika kamu ingin menggunakan sekat kain untuk ruang tamu, kamu dapat memilih kain yang tebal agar privasi anggota keluarga lain yang sedang beraktivitas di ruang sebelah bisa tetap terjaga dengan baik.

Baca juga: 7 Tren Model Kaca Jendela Minimalis Terbaru Tahun Ini


5 Tips Memilih Sekat Ruangan dengan Tepat

Meskipun sekat terkesan ramping, penting bagi kamu untuk memperhatikan penempatannya karena tidak boleh sembarangan menempatkan sekat ruangan. Kamu juga perlu memperhatikan ukuran ruang yang ingin kamu tempatkan sekat ruangan.


Berikut adalah beberapa tips memilih sekat ruangan agar kamu dapat membeli sekat yang sesuai dengan kebutuhanmu.

1. Menentukan Lokasi

Tips pertama adalah hal yang paling penting dan utama untuk kamu pertimbangkan, yaitu tentukan dimana lokasi yang tepat untuk memasang sekat. Dengan menentukan lokasi terlebih dahulu, kamu dapat memiliki gambaran jenis sekat seperti apa yang kamu butuhkan.

Misalnya, untuk ruangan yang membutuhkan privasi tinggi, seperti kamar tidur, kamu dapat memasang sekat yang tinggi dan lebar agar privasi terlindungi dengan baik. Sedangkan untuk ruangan seperti ruang tamu dan ruang TV, kamu dapat menggunakan sekat kayu minimalis, atau menggunakan sekat multifungsi, seperti menggunakan lemari pajangan atau rak buku sebagai pemisah ruangan.

2. Memilih Ukuran Sekat yang Tepat

Kini setelah kamu tahu di mana sekat akan ditempatkan, kamu bisa mulai mempertimbangkan ukuran sekat yang dibutuhkan. Gunakan sekat yang besar dan tebal untuk rumah yang luas, karena rumah yang luas tidak akan terganggu akan keberadaan sekat yang besar.

Sebaliknya untuk rumah minimalis atau kecil, sebaiknya kamu gunakan sekat yang ukurannya tidak terlalu besar. Hal ini karena rumah minimalis yang umumnya terkesan kecil akan terasa semakin sempit jika ditambah dengan sekat yang besar. Sekat yang besar akan membatasi ruang gerak penghuni dan membuat penataan letak furnitur menjadi lebih sulit.

3. Memilih Jenis Sekat yang Akan Digunakan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ada banyak jenis sekat yang dapat digunakan untuk membatasi ruangan. Beberapa jenis sekat yang ada, antara lain sekat kayu, kaca, bambu, kain, dan lain-lainnya. Masing-masing jenis sekat tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Pemilihan jenis sekat tidak hanya didasarkan pada keinginan saja, tetapi kamu juga perlu memperhatikan kondisi rumah. Pilih sekat yang kuat seperti kayu atau bambu jika di rumahmu ada anak-anak, namun hindari sekat kaca yang rentan pecah dan dapat melukai anak-anak. Selain itu, agar sekat dapat bertahan dalam waktu lama, pilihlah jenis sekat yang kuat.

4. Memilih Desain Sekat yang Sesuai

Setelah memilih di mana kamu akan menempatkan sekat tersebut, kini kamu bisa memilih desain sekat yang kamu inginkan. Ingatlah untuk memilih desain sekat yang sesuai dengan interior rumah. Jika kamu salah memilih desain sekat, maka penampilan rumah bisa jadi tidak menarik dan berantakan. Misalnya, hindari memilih desain sekat yang terlalu ramai untuk rumah minimalis.

5. Menyesuaikan Harga

Hal terakhir yang perlu kamu perhatikan setelah memilih ukuran, jenis, dan desain sekat yang akan kamu gunakan adalah mencari harga sekat yang sesuai. Setiap jenis sekat memiliki harga yang berbeda yang ditentukan oleh ukuran, jenis, dan desainnya. Sekat yang besar dan memiliki kualitas yang bagus akan memiliki harga yang lebih mahal.

Di samping harga sekat, kamu juga harus mempertimbangkan biaya pemasangan sekat. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk memperhatikan harga sekat yang sesuai dengan dompet, selain memilih sekat yang bagus.

Baca juga: Kumpulan Inspirasi Rak Buku Dinding Kekinian dan Estetik


Kesimpulan

Demikian inspirasi desain-desain sekat ruangan yang dapat kamu terapkan untuk rumah minimalismu. Pastikan kamu memilih material yang tepat dan sesuai dengan desain rumah dan anggaranmu.

Bagi kamu yang ingin mempelajari lebih lanjut mengenai hal-hal seputar properti, kamu dapat mengunjungi website kami melalui link ini. Melalui website kami, kamu dapat mendapatkan informasi bermanfaat lainnya seputar properti, interior rumah, program KPR rumah, dan lain-lain.

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua