Spinner Icon

Ini Desain Lemari Pakaian untuk Kamar Sempit!

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 10 Maret 2023
Table of Contents:
  • Rekomendasi Desain Lemari Pakaian untuk Kamar Sempit
  • 1. Desain Lemari Pakaian Minimalis dari Kayu
  • 2. Desain Lemari Pakaian untuk Kamar Sempit dengan Pintu Geser
  • 3. Desain Lemari Pakaian Minimalis Built In untuk Kamar Tidur Sempit
  • 4. Desain Lemari Pakaian dengan Pintu Cermin
  • 5. Desain Lemari Pakaian Minimalis Rak Terbuka
  • 6. Desain Lemari Pakaian Minimalis Terbuka dengan Gantungan Baju
  • 7. Desain Lemari Pakaian Kabinet Minimalis untuk Kamar Tidur
  • Tips Memilih Desain Lemari Pakaian untuk Ruangan Kamar Tidur Sempit

Memiliki kamar tidur yang sempit bisa menjadi tantangan tersendiri. Kamar tidur merupakan ruangan untuk beristirahat, mengekspresikan, dan beraktivitas tanpa mengganggu orang lain.

Keberadaan kamar dengan ukuran yang sempit membuat orang-orang harus pintar dalam memilih furnitur agar sesuai dengan kamar dan tidak memakan tempat. Salah satu furnitur yang penting dan memiliki ukuran yang besar di kamar tidur adalah lemari pakaian.

Lemari adalah peralatan yang dapat digunakan untuk menyimpan banyak barang dan membuat ruangan terlihat lebih rapi. Namun, biasanya lemari dapat memakan tempat yang cukup besar, sehingga membutuhkan tempat yang luas.

Pada saat ini, lemari pakaian memiliki berbagai jenis dan model. Ada beragam model yang bisa kamu pilih, mulai dari model klasik, mewah, hingga desain lemari pakaian minimalis. Tentu kamu juga perlu mempertimbangkan desain lemari pakaian untuk kamar sempit yang cocok untuk kamarmu.


Rekomendasi Desain Lemari Pakaian untuk Kamar Sempit

Bagi kamu yang memiliki kamar sempit, jangan khawatir. Sekarang ada beragam lemari pakaian minimalis yang dapat kamu manfaatkan untuk kamar tidur sempit. Nah, artikel ini akan membahas rekomendasi desain lemari pakaian minimalis untuk kamar sempit. Yuk, kita simak!

1. Desain Lemari Pakaian Minimalis dari Kayu

Desain lemari pakaian minimalis untuk kamar sempit pertama yang bisa kamu jadikan opsi adalah desain lemari pakaian minimalis dari kayu yang klasik tetapi tetap terasa modern.

Model desain lemari pakaian minimalis dari kayu pada saat ini paling populer dan paling banyak dicari. Hal ini karena desain lemari pakaian yang klasik bisa diterapkan untuk kamar tidur konsep apapun, mulai dari konsep Scandinavian rustic, minimalist, hingga minimalis klasik.

Lemari pakaian satu ini memiliki desain yang cocok untuk kamar sempit. Hal ini karena lemari pakaian minimalis dari kayu seringkali didesain dengan model satu pintu dan memiliki kaki lemari sehingga bagian bawahnya dapat dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan.

2. Desain Lemari Pakaian untuk Kamar Sempit dengan Pintu Geser

Desain lemari pakaian lainnya untuk kamar sempit adalah lemari pakaian minimalis pintu geser. Penggunaan lemari pakaian dengan model pintu geser sangat bermanfaat apabila kamu memiliki kamar sempit karena lemari pakaian dengan pintu geser dapat membantu mobilitas di dalam kamar semakin luas.

Tidak hanya itu, keberadaan pintu geser dalam sebuah lemari juga membuat kamar kita terlihat modern dan minimalis. Tentu hal ini dapat menguntungkan bagi kamu jika ingin kamar tidurmu terlihat minimalis modern. Selain itu, desain lemari pakaian pintu geser juga tentunya cukup awet dibandingkan lemari dengan desain pintu lemari pada umumnya.

3. Desain Lemari Pakaian Minimalis Built In untuk Kamar Tidur Sempit

Salah satu konsep lemari pakaian lain yang bisa kamu terapkan untuk kamar tidur berukuran sempit adalah lemari pakaian minimalis tanam atau built in. Memilih lemari pakaian built in tentu dapat membuat kamar terlihat makin luas karena tidak adanya furnitur tambahan di kamar.

Konsep lemari pakaian built in memanfaatkan sekaligus menyesuaikan kedalaman dinding kamar tidur atau bahkan mengisi dinding kamar dengan lemari di dalamnya. Hal ini membuat memilih lemari pakaian tanam akan tampak seperti tidak ada lemari di kamar.

Namun, kamu harus sedikit menambah effort untuk menciptakan kamar dengan lemari pakaian tanam. Kamu harus membobol dinding, merombak ruangan kamar, dan mendesain lemari pakaian untuk menghemat ruangan kamar tidur.

Baca juga: 10 Inspirasi Kamar Minimalis untuk Keluarga

4. Desain Lemari Pakaian dengan Pintu Cermin


Model lemari pakaian lain yang bisa kamu terapkan untuk kamar tidur adalah desain lemari dengan pintu yang menggunakan cermin. Pemilihan lemari pakaian dengan menggunakan pintu cermin sekilas mungkin terlihat sederhana, tetapi memiliki efek untuk kamar sempit loh.

Cermin yang ada dalam desain pintu lemari dapat bermanfaat untuk menciptakan ilusi suasana ruangan kamar yang lebih luas berkat refleksi yang ada di cermin. Agar kamar tidur tidak terasa sempit, pilih lemari pakaian pintu cermin dengan model satu pintu agar ukuran lemari tidak terlalu besar. Selain itu, lemari pakaian pintu cermin dengan model pintu geser bisa menjadi alternatif yang tepat bagi kamar berukuran lebih sempit. 

5. Desain Lemari Pakaian Minimalis Rak Terbuka

Ide desain lemari pakaian lain yang bisa kamu terapkan untuk kamar tidur sempit adalah desain lemari minimalis terbuka. Desain ini memiliki ciri khas dengan tidak adanya pintu lemari yang menutupi rak yang ada di dalam lemari. Sekilas memang sedikit aneh dengan tidak adanya pintu, tetapi ternyata ada banyak manfaatnya loh untuk kamar yang sempit

Desain lemari pakaian dengan rak terbuka memungkinkan untuk membuat tampilan kamar terlihat lebih luas. Hal ini karena desain lemari tidak tebal, dengan tidak adanya pintu lemari. Selain itu, kamu juga dapat mengatur penyimpanan pakaian maupun barang dengan lebih leluasa karena rak lemari yang terbuka.

Tidak jarang, desain lemari terbuka juga menyediakan gantungan baju yang dapat kamu manfaatkan untuk menyimpan pakaian sehingga rak lemari bisa kamu gunakan untuk menyimpan barang-barang lain. Hemat tempat tanpa perlu menambah furnitur lain bukan?

6. Desain Lemari Pakaian Minimalis Terbuka dengan Gantungan Baju

Sekilas lemari pakaian ini memiliki kemiripan dengan desain lemari pakaian rak terbuka. Namun lemari yang satu ini berbeda loh dengan desain lemari terbuka.

Desain lemari pakaian minimalis terbuka dengan gantungan baju justru lebih menekankan pada fungsi gantungan baju yang ada. Oleh karena itu terkadang produsen membuat desain lemari jenis ini dengan memberikan ruang yang lebih besar untuk gantungan baju.

Tidak hanya itu, model lemari satu ini ternyata sedang populer juga loh saat ini. Karena model lemari pakaian dengan gantungan baju cocok untuk diterapkan pada kamar dengan konsep minimalis, Scandinavian, hingga konsep kamar ala Korea.

Tips dalam memanfaatkan lemari pakaian minimalis dengan model gantungan baju terbuka adalah dengan menyeleksi pakaian apa saja yang ingin kamu gantung di lemari. Selain itu, kamu juga bisa menaruh celana atau pakaian dalam ke dalam rak yang ada di lemari tersebut.

7. Desain Lemari Pakaian Kabinet Minimalis untuk Kamar Tidur


Apabila kamarmu tergolong sangat sempit dan kamu memiliki pakaian dengan jumlah yang lebih sedikit, mungkin menggunakan lemari pakaian kabinet minimalis bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kamu.

Lemari pakaian kabinet cocok untuk kamu yang tinggal di kos. Hal ini karena lemari pakaian kabinet memiliki ukuran yang lebih kecil dan lebih pendek dibandingkan model lainnya. Tidak hanya itu, kamu dapat menjadikan bagian atas dari lemari kabinet untuk menaruh benda-benda maupun dekorasi yang menghemat tempat. Menarik bukan?

Baca juga: 10 Tips Merawat Wallpaper Kamar Tidur Agar Lebih Awet


Tips Memilih Desain Lemari Pakaian untuk Ruangan Kamar Tidur Sempit

Nah setelah mengetahui beragam desain lemari pakaian untuk ruangan kamar tidur sempit, ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan dalam memilih lemari yang tepat.

Pertama, ukur terlebih dahulu ruangan yang ada di kamar dan ruangan yang digunakan untuk menaruh lemari. Dengan itu, kamu dapat memperkirakan ukuran lemari yang tepat untuk kamar yang sempit

Selain itu pilih desain lemari pakaian yang multifungsi. Pastikan lemari yang kamu pilih multifungsi sehingga kamu dapat menggunakannya tidak hanya untuk menyimpan pakaian, tetapi juga menaruh maupun menyimpan barang sehingga menghemat tempat.

Tips lain yang bisa kamu terapkan dalam memilih lemari untuk kamar dengan ukuran terbatas adalah dengan mencari warna lemari yang tepat. Pilih warna lemari pakaian dengan warna yang terang sehingga dapat menciptakan ilusi kamar yang luas. Tidak hanya itu, lemari dengan warna cerah juga dapat memunculkan kesan kamar minimalis.

Sudah mulai tertarik untuk mencari lemari pakaian dengan desain minimalis dan estetik? Kamu bisa mulai dari mengukur luas kamar terlebih dahulu. Nah, untuk kamu yang ingin cari tahu tips lain agar rumah semakin nyaman? Kamu dapat mengunjungi website BTN Properti untuk mengetahui lebih lanjut mengenai info rumah dan program-program KPR. Klik di sini untuk menjelajahi website BTN Properti.

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua