Spinner Icon

Desain Meja Kerja Minimalis yang Inspiratif

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 29 Juli 2023
Table of Contents:
  • 7 Desain Meja Kerja Minimalis untuk Anda
  • 1. Meja Kerja Minimalis untuk Work From Home
  • 2. Meja Kerja Minimalis Modern
  • 3. Desain Meja Kerja Minimalis Sudut
  • 4. Desain Meja Kerja Minimalis Dekat Jendela
  • 5. Desain Meja Kerja Minimalis Dekat Dapur/Tengah Ruangan
  • 6. Desain Meja Kerja Minimalis ala Coffee Shop
  • 7. Desain Meja Kerja Minimalis Berunsur Kayu
  • Tips Dalam Memilih Meja Kerja Minimalis
  • 1. Tentukan Ruangan Terlebih Dahulu
  • 2. Ukuran Ideal Meja Kerja Minimalis
  • Kesimpulan

Pandemi COVID-19 yang melanda dunia pada 2020 silam telah banyak mengubah rutinitas manusia di segala aspek kehidupan. Misalnya saja proses belajar mengajar yang berbasiskan daring atau online, jasa pengiriman makanan yang semakin meningkat, serta tumbuhnya aplikasi-aplikasi pendukung produktivitas seperti layanan video conference.

Selain beberapa contoh di atas, terdapat salah satu kegiatan yang berubah 180 derajat yaitu bagaimana orang-orang bekerja. Selama pandemi, aktivitas sosial sangat dibatasi oleh pemerintah sehingga kegiatan perkantoran juga ikut terdampak, dengan demikian para pekerja dipaksa untuk tetap bekerja tanpa datang ke kantor atau biasa disebut dengan work from home (WFH).

Dengan melihat beberapa fenomena tersebut, bukan tidak mungkin akan menjadi kebiasaan baru yang akan terus dilakukan, misalnya saja dengan kegiatan WFH. Kini, sudah banyak perusahaan yang menetapkan bahwa bekerja tidak harus datang ke kantor, melainkan cukup dari rumah bahkan juga ada yang menerapkan WFA (work from anywhere) atau bekerja dari mana saja, asalkan tetap produktif selama bekerja.

Berbicara mengenai tren WFH yang terus berlanjut hingga saat ini, dan jika kamu merupakan salah satu karyawan yang mendapatkan fasilitas WFH, maka kamu perlu mempersiapkan ruang kerja yang nyaman dan dapat mendukung produktivitas kamu selama melakukan WFH di rumah.

Berikut akan dibahas mengenai desain meja kerja minimalis sebagai inspirasi kamu di rumah.

Key Takeaways:

  • Pergeseran budaya akibat COVID-19 masih dapat dirasakan hingga saat ini, salah satunya adalah WFH atau work from home.
  • Bekerja dari rumah atau WFH tentunya perlu didukung dengan sarana dan prasarana yang memadai, misalnya saja keberadaan meja kerja.
  • Salah satu desain meja kerja yang tengah diminati adalah desain minimalis dengan beberapa model di antaranya meja kerja minimalis kayu, sudut, dekat jendela, dan lain sebagainya.

7 Desain Meja Kerja Minimalis untuk Anda

1. Meja Kerja Minimalis untuk Work From Home

Seperti pada penjelasan sebelumnya, bahwa tren WFH sudah seperti kebiasaan baru, sehingga tidak heran jika kamu pun perlu menyiapkan desain meja kerja minimalis yang dapat mendukung produktivitas selama bekerja dari rumah. Apabila kamu berencana untuk membuat atau membeli meja kerja untuk WFH, maka kamu dapat membeli meja kerja dengan ketinggian sekitar 72 sampai dengan 75 cm dari permukaan lantai, kemudian padukan dengan kursi dengan membentuk sudut 90 sampai dengan 100 derajat agar posisi duduk menjadi nyaman.

Jangan lupa untuk selalu memilih desain meja kerja yang sesuai dengan luas ruangan, jangan sampai meletakkan meja kerja yang cukup besar akan tetapi ruangan yang dimiliki terlalu kecil. Serta tempatkan meja kerja di ruangan yang cukup hening agar tidak mengganggu konsentrasi ketika bekerja. Untuk menambah nilai estetik dari meja kerja minimalis, tambahkan beberapa pelengkap meja seperti lampu baca, terlihat lebih estetik bukan?

2. Meja Kerja Minimalis Modern

Kamu merupakan seorang yang senang akan tema minimalis? Jika demikian, ketika ingin membuat sebuah meja kerja, sudah sepatutnya desain yang akan kamu usung adalah minimalis. Desain meja kerja minimalis dapat dimiliki dengan menggunakan meja kerja yang memanjang dan dilengkapi dengan laci, meja yang panjang akan memberikan kesan lega, sementara berkas atau dokumen kerja dapat diletakan di dalam laci.

Untuk menambah kesan minimalis, sesuaikan warna meja, perabot, dan dinding dengan warna yang senada serta tempatkan kursi di pojok ruangan sebagai tempat untuk istirahat sejenak apabila merasa lelah saat bekerja.

3. Desain Meja Kerja Minimalis Sudut

Memanfaatkan setiap ruang yang ada pada sebuah ruangan tidaklah mudah, hal ini disebabkan tidak semua sudut ruangan dapat diisi dengan barang. Akan tetapi, jika memiliki ruang kosong di sudut ruangan dan ingin memiliki meja kerja minimalis, maka kamu dapat memilih desain meja kerja minimalis sudut.

Desain meja kerja minimalis sudut sudah pasti berbentuk lengkung karena posisinya yang akan diletakkan pada sudut ruangan. Desain meja kerja minimalis sudut sangat cocok bagi kamu yang ingin memanfaatkan sisa ruang sudut yang biasanya sulit untuk diisi oleh benda-benda pada umumnya.

Untuk mempertahankan konsep minimalis, hindari meletakkan terlalu banyak barang di atas meja kerja dan sebaiknya memanfaatkan laci pada meja untuk menyimpan berkas atau barang-barang kamu supaya tersimpan dengan rapi.

Ingin lebih semangat dalam bekerja? kamu juga bisa tambahkan beberapa pernak-pernik berisikan kata-kata motivasi yang tentu jangan sampai mengganggu konsep minimalisnya ya.


4. Desain Meja Kerja Minimalis Dekat Jendela

Apakah rumah kamu dilengkapi dengan jendela yang besar dan ingin dimanfaatkan keberadaannya? Kamu dapat mengubah ruang yang tersedia pada area jendela dengan menjadikannya sebagai area kerja. Pemilihan ruang kerja di dekat jendela akan memberikan dampak positif, salah satunya adalah adanya sinar matahari yang langsung masuk ke area kerja kamu, sehingga pencahayaan akan lebih alami dan hemat listrik.

Selain itu, dengan memilih area kerja di dekat jendela, kamu dapat sesekali beristirahat sejenak selama 10 menit dengan memandang keluar jendela dan merasakan semilir angin yang tentu akan menyegarkan pikiran.

5. Desain Meja Kerja Minimalis Dekat Dapur/Tengah Ruangan

Memiliki ruang kerja di dekat dapur atau ruang tengah biasanya bukan menjadi opsi utama dalam penempatan meja kerja, hal ini biasanya karena ruang tengah bukanlah ruang yang cukup kondusif untuk bekerja. Akan tetapi bagi kamu yang ingin mencoba hal baru atau bahkan ingin bekerja sambil mengawasi area rumah, desain meja kerja minimalis ini patut dicoba, bukan?

Misalnya saja kamu seorang ibu rumah tangga yang bekerja dari rumah dan tetap perlu memasak atau mengawasi area rumah, penempatan meja kerja di dekat dapur merupakan pilihan yang tepat. Kamu dapat menggunakan meja kerja bergaya Skandinavia yang tengah naik daun, dilengkapi dengan kursi dan bantal sehingga kenyamanan kamu tetap terjaga. Tak lupa, gunakanlah partisi yang minimalis dan jangan sampai mengganggu jarak pandang kamu ke area dapur.

6. Desain Meja Kerja Minimalis ala Coffee Shop

Kamu seorang yang gemar minum kopi dan hangout di coffee shop sambil bekerja? Tidak ada salahnya bagi kamu untuk memindahkan suasana coffee shop tersebut ke dalam rumah kamu, yaitu dengan mengadopsi desain meja kerja minimalis ala coffee shop. Meja kerja minimalis ala coffee shop memiliki ciri khas meja bundar dengan space yang minimalis, hal ini tentu cocok bagi kamu yang memiliki prinsip minimalis.

Dengan membawa desain meja kerja minimalis ala coffee shop ke rumah, bukan tidak mungkin dapat menghemat berapa cangkir kopi yang seharusnya kamu bayar bukan? Selain tetap mempertahankan vibes ala coffee shop, adanya meja kerja bundar juga akan memudahkan kamu apabila ingin dipindah-pindahkan di lain waktu.

7. Desain Meja Kerja Minimalis Berunsur Kayu

Apabila sebelumnya sudah membahas deretan desain meja kerja minimalis biasa, kini saatnya kita membahas desain meja kerja minimalis yang akan memberikan kesan mewah yaitu dengan memiliki unsur kayu. Kayu merupakan salah satu bahan yang dapat membuat barang-barang kamu terlihat lebih mahal, terlebih jika jenis kayu yang kamu gunakan merupakan jenis kayu tertentu.

Hal tersebut juga berlaku pada meja kerja minimalis yang memiliki unsur kayu, meja kerja akan terlihat lebih elegan dan mewah, serta kamu dapat menambahkan tanaman indoor untuk menambah kesan alami.


Baca juga: Simak Jenis-Jenis Bahan Kayu Terbaik Untuk Interior Rumah!

 

Tips Dalam Memilih Meja Kerja Minimalis

1. Tentukan Ruangan Terlebih Dahulu

Sebelum kamu bergegas ke toko furnitur untuk membeli meja kerja minimalis, dapat dipastikan kamu telah menentukan ruangan mana yang akan dijadikan sebagai tempat meja kerja tersebut. Sebuah ruang kerja idealnya terpisah dari ruangan lainnya agar lebih kondusif, akan tetapi apabila tidak memungkinkan maka kamu dapat memilih ruangan yang sering dijadikan tempat beraktivitas kamu. Pastikan juga bahwa ruangan tersebut memiliki sirkulasi udara dan pencahayaan yang baik, dengan demikian suasana nyaman akan mendukung aktivitas bekerja.

2. Ukuran Ideal Meja Kerja Minimalis

Untuk mendapatkan kesan minimalis, ada baiknya untuk mencari meja kerja minimalis dengan ukuran yang tepat. Biasanya, meja kerja minimalis memiliki ukuran panjang 120 s.d. 180 cm, lebar 60 s.d. 90 cm, dan tinggi 75 cm. Selain itu, pastikan juga bahwa ruangan masih memiliki ruang berlebih untuk menempatkan rak penyimpanan, kursi kerja, serta ruang gerak yang memadai.

Baca juga: Simak Inspirasi Model Meja Acrylic untuk Rumahmu!


Kesimpulan

Demikianlah beberapa inspirasi desain meja kerja minimalis beserta dengan tips memilihnya. Pada dasarnya, memiliki hunian yang nyaman adalah kebutuhan yang harus dipenuhi, karena bagaimanapun hunian merupakan tempat di mana kita akan beristirahat dari kesibukan sehari-hari. Maka dari itu, tidak ada salahnya bagi kamu apabila ingin berkreasi dalam mewujudkan hunian yang aman dan nyaman.

Wujudkan hunian idamanmu dengan berbagai tips dekorasi rumah dari kami. Klik di sini untuk informasi lebih lanjut.

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua