Spinner Icon

Dari Minimalis hingga Klasik, Cek Inspirasi Desain Plafon Industrial

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 23 Maret 2024
Table of Contents:
  • Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan sebelum Memakai Plafon Rumah Industrial
  • 4 Ide Desain Plafon Industrial
  • 1. Plafon Minimalis ala Rumah Skandinavia
  • 2. Pilih Material yang Unik
  • 3. Plafon dengan Skylight
  • 4. Plafon Kayu Minimalis
  • Tips Membuat Rumah Industrial yang Kekinian
  • 1. Buat Plafon yang Tinggi
  • 2. Buat Dinding Unfinished di Beberapa Sisi
  • 3. Gunakan Palet Warna yang Netral
  • 4. Pilih Furnitur dari Bahan Organik
  • 5. Pasang Dekorasi Monokrom Berukuran Besar
  • Bangun Rumah Idaman dengan BTN

Plafon merupakan salah satu bagian rumah yang tidak perlu dipertanyakan lagi fungsinya, karena selain menghindari panas matahari langsung dari bagian atap, plafon juga digunakan sebagai objek untuk memperindah ruangan. Sebelum berbagai macam desain plafon merebak, biasanya plafon hanya dibuat dari tripleks yang ditempel pada kayu, lalu ditutup dengan cat. Namun, seiring berkembangnya zaman, mulai muncul banyak jenis desain plafon rumah yang bisa memperindah rumah kamu.

Salah satu desain yang sedang digandrungi oleh para pecinta desain interior adalah desain plafon industrial. Dengan menggunakan material yang khas, desain industrial ini akan membuat hunian kamu terasa unik namun tetap indah. Pada artikel ini kami akan memaparkan sejumlah desain plafon industrial yang bisa kamu jadikan inspirasi nantinya.


Key Takeaways:

  • Plafon adalah salah satu bagian rumah yang sangat penting keberadaannya. Tidak hanya berfungsi sebagai penghalau suhu panas atau dingin agar tidak langsung masuk ke rumah, plafon juga bisa menambah nilai estetika di rumah.
  • Terdapat beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum memakai plafon rumah industrial, yaitu faktor bahan dasar, pencahayaan, dan perpaduan interior.
  • Plafon industrial ini bisa kamu aplikasikan ke seluruh area rumah asalkan dipadukan dengan baik dengan interior lainnya.
  • Beberapa ide plafon industrial yang bisa kamu jadikan inspirasi yaitu plafon yang memiliki material yang unik, memadukan plafon dengan skylight, plafon sederhana ala rumah Skandinavia, dan plafon berbahan kayu minimalis.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan sebelum Memakai Plafon Rumah Industrial

Sebelum kamu memutuskan untuk memakai plafon bergaya industrial, terdapat beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, yaitu bahan dasar, pencahayaan, dan perpaduan dengan interior lainnya. Bahan dasar dari gaya industrial menggunakan material yang biasanya digunakan untuk bangunan industri, seperti kayu, bata, semen, pipa, dan sebagainya.

Pemasangan bahan dasar tersebut biasanya tidak terlalu sulit, karena desain industrial ini mencoba mempertahankan kondisi alami dari bahan. Sebagai contoh, jika kamu menggunakan bata sebagai bahan dasar plafon, maka cukup dipadukan dengan semen tanpa harus diberi finishing.

Faktor selanjutnya yang bisa kamu perhatikan adalah faktor pencahayaan. Untuk memaksimalkan plafon rumah industrial dan menghasilkan suasana yang senada, kamu bisa menggunakan lampu gantung seperti pada kantor industri zaman dahulu. Selain itu, terdapat pula faktor perpaduan interior.

Walaupun kamu mengangkat tema industrial, kamu juga bisa memadukan konsep modern untuk rumah kamu, hasilnya akan maksimal selama diaplikasikan dengan baik. Sebagai contoh, langit-langit model industrial untuk ruang tamu menggunakan material kayu, sementara untuk sofa dan furnitur lainnya bisa menggunakan desain Eropa minimalis dengan warna senada dengan warna industrial.

Semua area rumah baik kamar tidur, ruang makan, ruang tamu, maupun dapur bisa menggunakan plafon bergaya industrial. Kamu hanya perlu melakukan penataan yang pas, bila perlu kamu juga bisa gunakan jasa arsitek atau orang yang mengerti tentang desain interior supaya hasil akhir rumah yang kamu bangun bisa maksimal dan memuaskan.

Baca juga: 5 Ide Desain Tangga Industrial Inspiratif


4 Ide Desain Plafon Industrial


Plafon rumah sengaja dibangun untuk menutupi struktur atap agar rumah tampak lebih rapi. Selain itu, plafon juga berfungsi untuk menghalau suhu panas atau dingin yang berasal dari atap agar tidak langsung masuk ke dalam rumah. Hal ini akan membuat suasana rumah menjadi sejuk dan memberikan kenyamanan bagi penghuni di dalamnya.

Selain karena fungsinya, plafon juga bisa digunakan untuk menambah nilai estetika dengan memilih desain yang pas, lho. Salah satu desain yang banyak diminati adalah desain industrial, karena itu di sini kami akan memaparkan sejumlah ide desain plafon industrial untuk ide tema rumah kamu.

1. Plafon Minimalis ala Rumah Skandinavia

Jika kamu menginginkan konsep rumah minimalis dengan gaya industrial, kamu bisa meniru konsep rumah Skandinavia yang didominasi dengan warna abu-abu elegan. Dengan menambah jendela besar dan gorden berwarna hitam, ruangan kamu akan terlihat elegan dan terasa lebih luas.

Untuk dekorasi tambahan kamu bisa memakai lampu gantung minimalis dan lampu baca di pojok ruangan. Kombinasi yang pas dan senada ini akan menciptakan ruangan dengan nuansa yang santai dan cocok untuk dipakai bersantai setelah lelah menghadapi hari yang panjang.

2. Pilih Material yang Unik

Berbicara tentang gaya rumah industrial, desain plafon menjadi hal yang cukup penting untuk menciptakan gaya industrial yang menarik dan tetap indah untuk dilihat. Kamu bisa memilih material kayu, semen, bahkan seng untuk plafon rumah kamu agar memberikan kesan netral dan apa adanya, seperti bangunan industri. Untuk membuatnya lebih menarik, kamu bisa menambahkan sejumlah dekorasi pendukung seperti lampu gantung minimalis.

3. Plafon dengan Skylight

Salah satu ciri khas gaya industrial adalah konsepnya yang terbuka. Menggabungkan plafon dengan skylight adalah solusi yang tepat untuk kamu yang menginginkan ruangan yang terasa lebih lapang dan bisa mendapatkan sinar matahari secara maksimal.

Plafon yang digunakan bisa berwarna hitam legam agar tetap pada gaya industrial, sementara skylight berupa material kaca transparan yang dapat menambah kesan minimalis untuk ruangan kamu.

4. Plafon Kayu Minimalis

Salah satu material yang sering dipakai untuk gaya minimalis adalah kayu. Desain plafon rumah berbahan kayu akan memberikan kamu nuansa elegan dan juga klasik dalam satu waktu.

Material kayu yang kamu pilih harus kuat agar bisa bertahan lama hingga puluhan tahun. Warna kayu yang natural akan menambah kesan industrial, kamu juga bisa menambah dekorasi fungsional lainnya seperti lampu dan kipas.

Baca juga: Biaya Terbatas? Cek Ide Desain Rumah Industrial Low Budget Ini


Tips Membuat Rumah Industrial yang Kekinian


Tips ini ditujukan untuk kamu yang ingin membangun rumah bergaya industrial. Gaya industrial tengah digandrungi oleh banyak kalangan karena gaya ini akan membuat tampilan ruangan lebih unik dan tidak monoton. Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan.

1. Buat Plafon yang Tinggi

Bagi kamu yang ingin memiliki hunian minimalis dan luas yang terbatas, kamu bisa menggunakan plafon atau langit-langit rumah yang tinggi untuk menciptakan kesan ruangan yang lebih luas.

Dibanding papan gypsum, kamu bisa memilih material kayu untuk bahan plafon. Bahan kayu ini akan menegaskan kesan industrial, terutama jika struktur kayu pada bagian plafon sengaja diekspos.

2. Buat Dinding Unfinished di Beberapa Sisi

Salah satu karakteristik yang mencolok dari rumah industrial adalah penggunaan material yang mempertahankan sisi autentik dari bahan material itu sendiri. Oleh karena itu, kamu bisa membiarkan tampilan beberapa sisi dinding ruangan unfinished atau seperti belum selesai dikerjakan.

Gaya desain ini memang bertujuan untuk menampilkan keindahan artistik dari bahan dinding tersebut, jika dilihat lebih jelas pun sebenarnya dinding unfinished ini sudah mendapat finishing seperti coating agar permukaan dinding lebih tahan lama dan mudah dibersihkan.

3. Gunakan Palet Warna yang Netral

Pemilihan warna pada gaya industrial memang terbatas, tapi bukan berarti mengurangi keindahan yang dihasilkan. Palet warna yang biasa digunakan adalah warna-warna netral ala bumi seperti cokelat kemerahan, oranye, dan taupe. Bisa juga menggunakan warna netral lainnya seperti abu-abu, hitam, dan putih.

Jika kamu ingin menghadirkan kesan elegan, kamu bisa menambahkan aksen emas dan perak secara secukupnya di bagian sudut ruangan. Untuk menjaga warna tetap senada, kamu bisa menggunakan furnitur dengan warna yang masih satu tone, misalnya dengan menggunakan sofa keluarga berwarna merah dan meja berwarna coklat muda.

4. Pilih Furnitur dari Bahan Organik

Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih furnitur untuk konsep rumah industrial. Salah satunya adalah dari material apa furnitur itu dibuat. Kamu bisa memilih furnitur dari kayu atau bambu yang merupakan bahan organik.

Penggunaan furnitur dari bahan organik tersebut tidak hanya membuat kesan ruangan lebih industrial, tapi juga bisa membuat rumah lebih sehat karena terbebas dari residu zat kimia yang mungkin saja menempel di furnitur anorganik.

5. Pasang Dekorasi Monokrom Berukuran Besar

Dalam mempertegas kesan industrial dalam ruangan, dekorasi monokrom berukuran besar bisa kamu jadikan opsi. Sebagai contoh, kamu bisa menggunakan pigura dan jam dinding berbahan metal, lukisan dengan motif abstrak, gambar-gambar sketsa, serta hiasan hitam putih lainnya.

Untuk faktor pencahayaan pun kamu bisa menggunakan lampu dengan aksen metalik atau besi klasik yang akan menambah kesan industrial pada ruangan.

Baca juga: Desain Fasad Rumah Industrial, Menarik dan Inspiratif


Bangun Rumah Idaman dengan BTN

Setelah mengetahui ide untuk plafon bertema industrial, ini saatnya kamu memikirkan cara untuk membangun rumah impian kamu. Segera kunjungi website BTN Properti untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

BTN Properti memiliki fitur penyedia jasa profesional yang dapat kamu manfaatkan untuk melakukan renovasi rumah, termasuk salah satunya dalam mewujudkan plafond bergaya industrial. Tunggu apalagi? Segera kunjungi BTN Properti sekarang juga dan wujudkan hunian impian kamu.

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua