Spinner Icon

5 Ide Desain Tangga Industrial Inspiratif

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 21 Maret 2024
Table of Contents:
  • Apa Itu Konsep Rumah Industrial?
  • Intip 5 Desain Tangga Industrial untuk Kamu Jadikan Inspirasi
  • 1. Tangga Besi Minimalis
  • 2. Tangga dengan bentuk ‘L’
  • 3. Pegangan Besi di Tembok
  • 4. Railing Kaca
  • 5. Desain Tangga Industrial Warna Putih
  • Wujudkan Rumah Impian Kamu bersama BTN

Bagi kamu yang sedang membangun rumah impian atau sedang mencari inspirasi untuk dekorasi rumah, artikel ini mungkin akan membantu kamu dalam menemukan inspirasi. Konsep rumah minimalis sedang ramai disukai oleh banyak orang karena desainnya yang sederhana namun tetap menunjukkan sisi elegan. Untuk mendukung konsep tersebut, dibutuhkan aksesori rumah yang memiliki tema yang senada pula.

Salah satu bagian dari rumah, khususnya rumah bertingkat adalah penggunaan tangga. Tangga memiliki fungsi untuk membawa penghuninya dari satu lantai ke lantai lainnya. Tidak hanya memiliki segi fungsional, nilai estetika tangga pun juga perlu diperhatikan.

Salah satu tema desain tangga yang sedang banyak disenangi oleh banyak orang adalah tangga industrial. Tangga industrial memiliki ciri khas yang unik dengan menggabungkan berbagai jenis material, desain, serta ide yang bisa membuat rumah kamu menjadi lebih elegan.

Di bawah ini kami akan memberikan kamu sejumlah ide desain tangga industrial yang bisa kamu gunakan untuk mewujudkan rumah impian kamu.


Key Takeaways:

  • Konsep rumah industrial adalah rumah dengan gaya arsitektur yang menggunakan elemen-elemen industri.
  • Biasanya rumah dengan konsep industrial akan menggunakan model desain yang minimalis, sederhana, terbuka, dan cocok untuk kamu yang menyukai desain yang tidak terlalu formal.
  • Salah satu elemen dalam rumah adalah tangga. Tangga tidak hanya digunakan dari segi fungsionalitas, tapi juga harus diperhatikan dari sisi estetikanya.
  • Salah satu desain yang sedang banyak digunakan adalah desain tangga industrial karena memiliki ciri khas yang unik.
  • Beberapa desain tangga industrial yang bisa kamu jadikan inspirasi adalah tangga besi minimalis, tangga dengan bentuk ‘L’, pegangan tangga yang menempel pada tembok, railing yang terbuat dari kaca, serta warna putih untuk keseluruhan tangga.

Apa Itu Konsep Rumah Industrial?

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai ide desain tangga industrial, sebenarnya apa yang dimaksud dengan konsep rumah industrial? Rumah yang memiliki gaya industrial biasanya memiliki desain yang terbuka, minimalis, dan tidak terlalu formal.

Konsep rumah industrial juga berarti memiliki gaya arsitektur dengan elemen-elemen industri yang dijadikan inspirasi untuk desain rumah. Material yang sering digunakan antara lain seperti kayu, batu, serta baja yang tahan lama.

Rumah dengan konsep industrial juga sering dikaitkan dengan konsep bangunan industri seperti ruang produksi atau gudang, oleh karena itu konsep ini memiliki ciri khas tersendiri karena elemen-elemen yang digunakan di dalamnya sangat unik, misalnya lantai beton dan dinding-dinding beton yang terbuka. Rumah dengan konsep industrial seperti ini cocok bagi kamu yang memiliki gaya hidup sederhana dan menyukai desain yang unik serta tidak terlalu formal.

Seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya bahwa konsep rumah industrial memiliki ciri khas yang cukup unik dibanding desain rumah yang lain. Beberapa karakteristik yang menunjukkan konsep rumah industrial adalah seperti elemen industri yang digunakan sangat terlihat jelas baik di dalam maupun di luar rumah, seperti pipa, kabel, juga besi. Selain itu, material yang digunakan biasanya terbuat dari kayu, batu, dan baja yang tahan lama. Desain yang digunakan merupakan desain yang non formal, minimalis, serta terbuka.

Penggunaan warna dalam tema industrial juga tidak seluas tema lainnya, pada tema industrial lebih menekankan penggunaan warna netral seperti abu-abu, putih, dan hitam. Rumah industrial juga biasanya memiliki konsep yang terbuka misalnya dinding dari beton, atau atap yang terdiri dari genting kayu.

Baca juga: Pasti Cantik! Ini Inspirasi Rumah Industrial 2 Lantai


Intip 5 Desain Tangga Industrial untuk Kamu Jadikan Inspirasi


Nah, setelah mengetahui tentang konsep rumah industrial, saatnya kamu memikirkan ide untuk desain elemen-elemen yang akan ada di dalam maupun luar rumah. Tangga adalah salah satu elemen rumah yang diperlukan khususnya untuk rumah yang bertingkat.

Tentu saja dalam penggunaannya, tangga perlu memiliki desain yang serupa dengan desain rumah agar menciptakan keharmonisan yang baik. Berikut adalah beberapa desain tangga industrial minimalis dan kekinian yang bisa kamu jadikan sebagai inspirasi:

1. Tangga Besi Minimalis

Konsep industrial memang sangat lekat dengan gaya minimalis. Desain tangga dengan material besi minimalis ini bisa dijadikan salah satu desain pilihan untuk kamu yang tidak ingin konsep rumah yang terlalu rumit. Bentuk tangganya akan lurus sederhana, dengan material utama yang digunakan besi serta pijakan dari kayu tentu akan membuat rumah kamu menjadi lebih elegan.

2. Tangga dengan bentuk ‘L’

Kalau ide desain yang satu ini cocok untuk rumah yang memiliki ukuran tidak terlalu besar karena desain tangga ini akan sangat menghemat tempat. Tangga bentuk ‘L’ ini cocok untuk kamu posisikan di ruangan tengah atau ruang tamu. Karena letaknya di tengah, tentu akan ada space kosong di bawah tangga.

Nah, tempat kosong itu bisa kamu gunakan untuk meletakkan berbagai perabot, misalnya rak buku, kabinet, atau tanaman hias yang tentunya akan menambah nilai estetika rumah kamu.

3. Pegangan Besi di Tembok

Memiliki tangga dengan desain pegangannya yang menempel pada tembok akan menambah kesan unik pada rumah kamu. Desain ini juga cocok untuk kamu yang ingin membuat area tangga terasa lebih luas karena pegangannya yang tidak menghalangi jalan para penghuni.

4. Railing Kaca

Pilihan desain lainnya untuk railing tangga adalah railing yang terbuat dari bahan kaca polos yang tebal dan cocok dikombinasikan dengan pijakan tangga yang memiliki material kayu. Desain ini akan membuat tangga kamu terasa lebih elegan, indah, dan juga unik karena bentuk kaca yang polos dan bening.

5. Desain Tangga Industrial Warna Putih

Warna-warna yang digunakan dalam rumah dengan konsep industrial memang biasanya cenderung menggunakan warna netral seperti abu-abu, hitam, putih, juga warna-warna gelap. Kamu bisa menggunakan warna putih untuk tangga dalam rumah, mungkin tidak akan terlihat elegan warna hitam, namun warna putih dalam rumah akan membuat tampilan yang bersih.

Jika dipadukan dengan cat dinding warna abu-abu penampilan rumah kamu akan semakin menawan. Jangan lupakan railing dengan warna senada untuk menjamin keamanan penghuni ketika menggunakan tangga.

Itu dia beberapa ide desain tangga industrial yang bisa kamu jadikan inspirasi dalam membangun rumah impian.

Baca juga: Ini Dia 9 Ide Desain Rumah Industrial Minimalis


Wujudkan Rumah Impian Kamu bersama BTN

Setelah mengetahui banyak tema untuk membangun rumah, ini saatnya kamu mewujudkan rumah impian kamu. Ingin mengetahui informasi menarik seputar properti lainnya? Klik link ini untuk mengunjungi website kami, dimana kamu dapat menemukan artikel seputar properti yang bermanfaat lainnya.

 

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua