Spinner Icon

Design Taman untuk Gaya Hidup Modern: Tren Terbaru

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 31 Januari 2024
Table of Contents:
  • Taman Rumah
  • Ide Desain Taman Minimalis
  • 1. Sesuaikan Teras dengan Letaknya
  • 2. Taman Tema Bali
  • 3. Memanfaatkan Halaman Belakang
  • 4. Taman dengan Penambahan Ayunan
  • 5. Pemilihan Material yang Tepat
  • 6. Membuat Batasan Ruang
  • 7. Tambahan Gazebo Sederhana
  • 8. Menanam Biji-Bijian
  • Cara Membuat Taman Minimalis di Rumah 
  • 1. Membuat Rencana Pondasi dengan Hardscape dengan Matang
  • 2. Ciptakan Ruang Taman dengan Privasi
  • 3. Tentukan Luas Taman yang Akan Digunakan
  • 4. Pertahankan Ide Desain pada Kesederhanaan
  • 5. Gunakan Tanaman dengan Pot untuk Taman Minimalis
  • Wujudkan Rumah dengan Desain Taman Impian Bersama BTN

Taman adalah salah satu spot estetik untuk rumah, baik letaknya di luar atau di belakang rumah. Sebab, taman juga bisa menjadi tempat santai atau sebagai teras terbuka bagi keluarga. Pastinya anak-anak juga senang untuk berlama-lama di taman.

Desain taman yang menarik dapat membuat siapa saja terpukau. Misalnya saat ada teman yang berkunjung, kamu bisa membawa mereka ke taman rumah sekaligus menunjukkan desain yang unik.

Pilihan taman minimalis bisa menjadi salah satu pilihan untuk melengkapi rumah kamu. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan desain taman yang sesuai.

Pada artikel ini, kami akan memberikan ide desain taman yang cocok untuk rumah kamu. Sehingga kamu bisa menyesuaikan dengan ruangan di rumah. Tentunya kamu juga ingin memiliki mood desain yang klasik dan estetik.


Key takeaways:

  • Taman adalah salah satu bagian estetik di dalam rumah yang perlu kamu perhatikan desainnya.
  • Desain taman dapat mengikuti sesuai dengan tipe dan gaya rumah kamu, misalnya desain modern dan minimalis.
  • Salah satu cara untuk menciptakan desain taman yang minimalis yakni menggunakan tanaman pot.

 

Taman Rumah

Seringkali untuk membuat taman memerlukan biaya yang besar. Terutama dalam hal merawatnya. Desain taman minimalis bisa menjadi pilihan alternatif kamu, agar dapat disesuaikan dengan budget.

Kamu juga bisa memanfaatkan bagian depan rumah, untuk membuat taman sehingga terkesan asri. Kamu pun tidak usah jauh-jauh lagi untuk menikmati pemandangan hijau yang asri ini di luar rumah, karena hanya tinggal melihat dan menikmati taman.

Baca juga: Sejuk dan Menenangkan, Ini Dia Inspirasi Taman Zen Jepang


Ide Desain Taman Minimalis

1. Sesuaikan Teras dengan Letaknya

Desain taman minimalis bisa disesuaikan dengan karakter rumah kamu. Selain itu, letak taman juga memengaruhi keindahan rumah serta sumber udara yang akan masuk. Misalnya, tipe rumah modern estetik cocok dengan dekorasi outdoor yang minimalis.

Contoh lainnya yakni jika kamu pecinta binatang dan memiliki anak, kamu bisa melakukan penambahan tempat barbeque dan kursi. Karena dua hal tersebut cukup penting untuk desain taman rumah minimalis di depan rumah. 

2. Taman Tema Bali

Bagi kamu yang senang dengan nuansa alam, terutama vibes Bali, tipe ini sangat cocok untuk diaplikasikan. Menjadikan tema Bali untuk desain taman minimalis adalah salah satu ide yang dapat kamu terapkan.

3. Memanfaatkan Halaman Belakang

Kamu juga bisa memanfaatkan halaman belakang untuk membuat desain taman minimalis dengan meniru desain gaya Jepang. Kamu bisa menambahkan tanaman miniatur seperti beberapa batuan, lumut, dan tanaman hijau yang sesuai dengan kapasitas halaman rumah. Hal ini mampu membuat ruangan menjadi lebih sejuk.

4. Taman dengan Penambahan Ayunan

Selain kursi, ayunan juga menjadi suatu benda yang bisa diletakkan pada desain taman rumah minimalis modern kamu. Hal ini juga dapat membuat anak-anak menjadi senang sekaligus bisa digunakan sebagai tempat untuk bermain. Selain itu, ayunan juga bisa menenangkan jiwa dan membuat kamu lebih betah di rumah.

5. Pemilihan Material yang Tepat

Untuk komposisi yang tepat kamu bisa menggunakan bahan yang resisten, anti-air, dan tidak mudah luntur. Rekomendasi material yang dapat kamu gunakan yakni batu kapur, baja, kerikil, bambu, dan kayu kotak dalam komposisi asimetris untuk desain taman rumah minimalis modern.

Selebihnya dapat kamu atur sesuai dana serta kapasitas ruang di rumah. Usahakan untuk membuat desain taman yang simpel dan elegan, sehingga tidak terkesan terlalu ramai.

6. Membuat Batasan Ruang

Kamu bisa menggunakan tepi baja yang kuat dengan ketebalan (1-4 inch) untuk memisahkan ruangan taman dengan ruang lainnya. Pemisah lain seperti kayu, granit, batu kapur, batu biru, atau tangga-tangga kecil cocok digunakan untuk membuat suasana desain taman jauh dari kebisingan.

7. Tambahan Gazebo Sederhana

Jika kamu memiliki lahan yang besar, penambahan gazebo bisa jadi solusi untuk desain konsep taman minimalis. Penambahan beberapa tanaman, pepohonan tinggi, dan lampu agar taman rumah minimalis modern terasa nyaman dan terkesan mewah. 

Untuk tampak lebih natural, desain dengan kolam ikan juga bisa jadi alternatif untuk gazebo rumah. Atau kamu juga bisa menggunakan rumput sintetik serta tanaman hias palsu, untuk dinding-dinding taman.

8. Menanam Biji-Bijian

Salah satu hal unik yang dapat kamu terapkan adalah menanam biji-bijian dalam pot kecil. Misalnya menanam tanaman seperti crepe myrtle, stewartia, dan birch. Ada juga rumput hias seperti nasella, calamagrostis karl foerster, pennisetum, dan deschampsia dan bunga abadi seperti echinacea, dengan kepala biji besar. Untuk warna hijau, kamu bisa memilih referensi seperti pepohonan boxwood, bambu, laurel, dan pinus.

Baca juga: Punya Taman dalam Ruangan Tertutup? Ini dia Tipsnya!

 

Cara Membuat Taman Minimalis di Rumah 


1. Membuat Rencana Pondasi dengan Hardscape dengan Matang

Hardscape adalah hal yang populer dalam pembuatan taman minimalis. Untuk tampilan taman yang bersih, rapi, dan minim perawatan, carilah bahan paving yang tepat. Misalnya bebatuan, kerikil, dan batu paving bisa menjadi pilihan kamu.

Tambahkan juga tanaman hias untuk mempercantik area taman rumah. Salah satu jenis tanaman hias yang bisa dipilih yaitu tanaman tanah kering. Pilihlah jenis tanaman hias yang sesuai dengan tema desain taman agar tampilannya selaras.

2. Ciptakan Ruang Taman dengan Privasi

Taman di rumah biasanya merupakan area outdoor yang terbuka. Namun, tidak ada salahnya untuk menciptakan area taman dengan privasi.

Dalam hal ini, kamu bisa membuat pagar penghalang untuk privasi. Misalnya, menggunakan pagar tanaman yang dipotong rapi sehingga memberikan privasi dan ketenangan di taman minimalis.

Sesuai dengan namanya, pagar tanaman merupakan jenis pagar yang memanfaatkan tanaman hidup. Ada banyak sekali jenis pagar tanaman yang cocok untuk taman minimalis. Misalnya bambu hias, tanaman pucuk merah, bunga soka, dan lainnya.

Jika ingin menggunakan pagar tanaman untuk keperluan taman, pastikan kamu memiliki waktu untuk merawatnya. Sebab pagar tanaman memiliki cara perawatan yang intensif agar dapat berfungsi dengan baik.

3. Tentukan Luas Taman yang Akan Digunakan

Jika kamu memiliki luas tanah yang tidak begitu besar, buatlah tata letak taman yang sesuai dengan kebutuhan. Mulailah dengan menentukan luas taman lalu membagi sisa luas untuk beberapa area lain di sekitarnya.

Dalam hal ini, kamu bisa menggunakan pagar batu atau bata, dinding, dan perbatasan untuk menggambarkan area terpisah dari area taman utama. Dengan membuat tata letak, kamu bisa menciptakan ruang berbeda di taman untuk tujuan yang berbeda.

Untuk area lain, kamu bisa menanam satu atau dua pohon buah untuk menciptakan kebun yang sangat artistik. Bisa juga ditambahkan kolam ikan atau air mancur di bagian lain yang bisa kamu sesuaikan dengan keperluan.

4. Pertahankan Ide Desain pada Kesederhanaan

Pastikan untuk tetap fokus dan jangan biarkan desain taman minimalis menjadi berantakan. Kunci untuk desain minimalis yang baik adalah membuatnya tampak sederhana dan bersih.

Untuk mewujudkan desain taman minimalis, mulailah dengan menggunakan sebagian besar warna netral. Kemudian, tambahkan elemen yang diperlukan dengan cermat. Mulai dari memilih tanaman hias, penerangan, dan dekorasi lainnya. Pastikan setiap elemen desain taman tetap sederhana namun elegan sehingga taman tetap tampak minimalis dan menarik. 

5. Gunakan Tanaman dengan Pot untuk Taman Minimalis

Dalam membuat taman minimalis, kamu juga bisa menambahkan tanaman hias yang ditanam dalam pot. Sehingga, tidak hanya menanam tumbuhan secara langsung pada tanah taman, namun pilih juga beberapa tumbuhan yang bisa ditanam menggunakan pot. Jenis tanaman dalam pot yang bisa kamu gunakan untuk mempercantik taman pun variatif. Mulai dari tanaman buah, sayuran, hingga bunga hias.

Baca juga: Taman Rooftop Minimalis: Ruang Terbuka Privat di Rumah


Wujudkan Rumah dengan Desain Taman Impian Bersama BTN

BTN Properti memiliki banyak referensi untuk kamu yang hendak memiliki atau membangun rumah impian. Selain itu BTN Properti juga memberikan banyak informasi terkait artikel yang kamu butuhkan. Tertarik untuk membaca artikel seputar properti lainnya? Kunjungi  link ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai informasi-informasi bermanfaat mengenai properti!

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua