Spinner Icon

Garasi Mobil Sederhana: Inspirasi Desain yang Praktis dan Ekonomis

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 25 November 2023
Table of Contents:
  • Garasi Mobil Sederhana
  • Model Garasi Mobil Sederhana
  • 1. Desain Garasi Mobil Rumah Minimalis
  • 2. Model Garasi Mobil Sederhana
  • 3. Model Garasi Mobil Menggunakan Baja Ringan
  • 4. Tipe Garasi dari Kayu
  • 5. Model Garasi untuk 2 Mobil
  • 6. Model Garasi Mobil dengan Batu Bata Warna Putih
  • 7. Model Garasi Mobil Sederhana Semi Indoor
  • Tips Membuat Garasi Mobil Sederhana
  • 1. Garasi Mampu Menampung Semua Kendaraan
  • 2. Hindari Penggunaan Material Lantai yang Licin
  • 3. Gunakan Material Atap Transparan atau Tertutup
  • 4. Akses yang Mudah
  • 5. Merancang Desain Garasi Impian
  • Berapa Kisaran Harga untuk Membangun Garasi Mobil?
  • 1. Bagian Lantai Garasi
  • 2. Atap Garasi
  • Kesimpulan

 Sebagian besar rumah memiliki garasi, baik itu di dalam maupun di luar rumah. Garasi tidak hanya sebagai tempat untuk kendaraan tetapi juga barang-barang lainnya. Coba sekarang lihat garasi rumah kamu, apakah terlihat penuh atau masih menyisakan space?

Jika garasi rumah kamu terlihat padat dan hampir tidak ada ruang kosong, artinya kamu harus menata ulang kembali. Umumnya, garasi mobil sederhana sering ditemukan di komplek perumahan. Tak hanya itu, desain yang menarik dan minimalis sering diterapkan oleh siapa saja.

Membangun sebuah garasi minimalis tidak boleh sembarangan, kamu memerlukan panduan serta rekomendasi garasi mobil sederhana untuk rumah. Pada artikel ini, akan dibahas mengenai garasi mobil sederhana. Mulai dari model garasi mobil, cara membuat garasi mobil sederhana terlihat lebih luas, hingga tips membangun garasi minimalis sesuai kebutuhan.

 

Key Takeaways:

  • Garasi adalah bagian penting dari rumah. Berbagai model garasi mobil sederhana dapat kamu adaptasi.
  • Salah satu hal yang harus diperhatikan saat membuat garasi mobil adalah menghitung luas lahan garasi mobil.
  • Tips membangun garasi minimalis yang harus kamu perhatikan adalah memilih bahan dan tema yang sesuai.

Garasi Mobil Sederhana

Garasi mobil sederhana dapat dibuat dengan mudah, kamu bisa mengikuti tips-tips atau panduan yang tersedia. Langkah awal yang dapat kamu lakukan yakni mengukur ukuran garasi rumah, kemudian cocokkan dengan tipe desain yang hendak dipilih.

Rumah yang dilengkapi dengan garasi mobil membuat sang penghuni rumah lebih tenang, karena dapat mencegah kendaraannya tergores sesuatu. Tetapi, ada juga yang tidak memiliki garasi mobil lantaran berpikir bahwa akan mengurangi lahan di rumah.


Model Garasi Mobil Sederhana

Model desain garasi mobil sederhana cocok diterapkan oleh rumah minimalis. Selain itu juga dapat menghemat ruang hingga biaya renovasi rumah. Berikut inspirasi ide desain garasi mobil yang cocok untuk kamu terapkan.

1. Desain Garasi Mobil Rumah Minimalis

Desain pertama yang dapat kamu adaptasi yakni untuk rumah minimalis. Rumah minimalis biasanya identik dengan ukuran rumah yang kecil dengan luas yang terbatas. Sehingga sebagian dari luas teras sering digunakan untuk garasi mobil.

Tipe desain garasi mobil samping rumah dapat kamu terapkan dengan mudah. Kamu bisa langsung membatasinya dengan gerbang, tanpa harus menggunakan penutup khusus seperti model garasi mobil lainnya. Terlebih, kamu dapat menggunakan baja ringan sebagai atap garasi.

2. Model Garasi Mobil Sederhana

Model garasi mobil ini dapat diterapkan oleh siapa saja, lantaran didesain hanya cukup untuk satu mobil. Selain itu, garasi mobil dengan model sederhana ini menggunakan sebagian kecil teras dan konsepnya terbuka.

Alternatif lain yang dapat kamu terapkan untuk menciptakan garasi sederhana yakni menggunakan bagian depan rumah. Bagian tersebut tentunya menghadap ke jendela dapur atau jendela kamar. Garasi mobil sederhana ini anti ribet karena kamu tidak perlu menggunakan pintu.

3. Model Garasi Mobil Menggunakan Baja Ringan

Kita sudah membahas mengenai dua model garasi di atas. Selanjutnya yang akan dibahas adalah garasi mobil sederhana menggunakan kanopi baja ringan. Selain berfungsi menjadi atap garasi, baja ringan berfungsi sebagai bagian depan rumah atau pagar. Untuk mengganti kusen pintu dan jendela kamu bisa gunakan tiang penyangga, sehingga rumah kamu akan terlihat lebih modern dan asri.

4. Tipe Garasi dari Kayu

Bagi kamu yang menyukai model garasi mobil yang tidak modern, model garasi dari kayu dapat kamu jadikan sebagai pilihan yang sesuai. Selain warna cokelat yang natural, kayu juga memiliki nilai estetika indah untuk desain rumah.

Konsep ini juga tergolong sederhana, kamu bisa membangun garasi mobil menggunakan tiang kayu di samping rumah. Meski terlihat sederhana, penggunaan kayu memberikan nuansa hangat dan nyaman untuk rumah.

5. Model Garasi untuk 2 Mobil

Bagi kamu yang memiliki rumah luas, kamu bisa mendesain garasi mobil sederhana yang cukup ditempati oleh dua mobil. Garasi mobil tersebut tidak boleh dipenuhi dengan berbagai barang agar tidak memakan ruang.

Contohnya kamu cukup membatasi ruangan tersebut dengan dinding pada salah satu sisi samping dan belakang, lalu di bagian pagar di depan. Untuk bagian atapnya, kamu bisa menggunakan baja ringan yang menempel dengan dinding rumah.

6. Model Garasi Mobil dengan Batu Bata Warna Putih

Warna putih bisa memberikan kesan bersih dan rapi untuk hunian minimalis, tak terkecuali dengan garasi mobil sederhana samping rumah. Agar tidak terkesan monoton, kamu dapat mengaplikasikan aksen batu bata putih pada dinding eksterior garasi.

Selain itu, juga bisa memadukannya dengan rolling door warna abu-abu muda untuk memberikan perlindungan ekstra sehingga kendaraan kamu lebih aman. Tidak hanya itu, penggunaan warna-warna netral ini juga akan membuat tampilan garasi mobil terlihat makin estetik.

7. Model Garasi Mobil Sederhana Semi Indoor

Model garasi mobil semi indoor bisa kamu jadikan sebagai referensi untuk menjaga mobil tetap aman dan terlindungi. Selain itu, model ini terkesan unik karena bertemakan semi indoor.

Dengan adanya dinding samping dan atap yang kokoh, model garasi mobil ini dapat menambah estetika hunian kamu. Gunakan juga warna-warna netral, seperti putih dan hijau muda untuk memperkuat kesan minimalis.

Baca juga: Rekomendasi Batu dan Keramik Carport yang Bisa Kamu Gunakan


Tips Membuat Garasi Mobil Sederhana


1. Garasi Mampu Menampung Semua Kendaraan

Sebelum membuat garasi pastikan ukuran mobil, motor, sepeda, atau kendaraan lain yang kamu miliki sesuai dengan garasi. Pertimbangkan pula ukuran dan pastikan cukup ketika pintu dibuka. Karena jika terlalu sempit, kendaraan tidak akan bisa keluar dari garasi rumah.

Kebanyakan mobil memiliki lebar sampai 2,1 meter dengan panjang hingga 5,8 meter (untuk mobil besar) serta tinggi sampai 1,8 meter. Sisakan area kurang lebih 50 cm di sisi kanan dan kiri mobil sebagai ruang untuk keluar masuk mobil. Dengan perhitungan ini, rata-rata ukuran yang dapat kamu perkirakan yakni sekitar 3x6 meter.

2. Hindari Penggunaan Material Lantai yang Licin

Perihal lantai garasi, kamu perlu cermat dalam memilih materialnya. Pilihlah penutup lantai yang tidak licin agar ban mobil tidak mudah selip. Berikut beberapa item yang bisa kamu pakai yakni:

  • Keramik unglazed
  • Plester semen
  • Concrete block atau paving block
  • Batu koral sikat
  • Batu alam

3. Gunakan Material Atap Transparan atau Tertutup

Pilihlah material atap garasi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu. Jika kamu menginginkan area rumah agar lebih terang, kamu bisa memakai atap yang bersifat transparan. Misalnya seperti polikarbonat, fiberglass, atau kaca. Jika kamu ingin mobil terhindar dari panas kamu bisa memakai atap yang tertutup seperti kayu, tensile membrane, dan material tertutup lainnya.

4. Akses yang Mudah

Selain material dan ukuran garasi, jangan lupa untuk merencanakan akses garasi. Pastikan aksesnya mudah untuk kendaraan keluar masuk dan berbelok ke jalanan. Jangan sampai letaknya membuat kamu kerepotan saat harus mengeluarkan kendaraan. Sediakan pula ruang untuk membuka semua pintu mobil, serta membuka dan menutup pintu garasi.

5. Merancang Desain Garasi Impian

Tips yang terakhir untuk membuat garasi mobil sederhana yakni membuat konsep rancangan desain, sesuai dengan yang kamu mau. Banyak referensi model desain garasi mobil minimalis yang bisa diaplikasikan untuk desain rumah minimalis.

Baca juga: Desain Garasi Mobil yang Fungsional dan Estetik


Berapa Kisaran Harga untuk Membangun Garasi Mobil?

Setelah memahami model garasi mobil hingga tips membangun garasi mobil minimalis sederhana, kini kamu perlu melihat dan mempertimbangkan berapa biaya yang harus dikeluarkan. Berikut beberapa hal yang dapat membantu kamu untuk mengkalkulasinya.

1. Bagian Lantai Garasi

Hal pertama yang harus kamu hitung adalah biaya membuat bagian lantai garasi. Biasanya untuk bagian dasar garasi menggunakan plester semen.  Kamu membutuhkan biaya sekitar Rp400.000 per meternya. Sedangkan untuk mengecor, kamu mungkin membutuhkan dana sebesar Rp650.000 per meter persegi.

2. Atap Garasi

Bila kamu hendak membuat garasi mobil minimalis dari bahan baja ringan, maka kamu juga harus memikirkan material atap yang akan digunakan. Kamu bisa memilih material atap seperti kanopi, spandex, hingga dak cor.

Untuk atap kanopi berbahan polikarbonat, harganya dipatok sekitar Rp600.000 per meter. Sedangkan untuk bahan spandex, biaya material yang kamu perlukan yakni sekitar Rp800.000 hingga Rp900.000 per meter. Akan tetapi jika kamu menginginkan bahan yang lebih awet, kamu bisa memilih dak cor solid dengan harga Rp1.000.000 hingga Rp2.000.000 per meter.

Baca juga: Pemanfaatan Granit untuk Garasi Mobil yang Elegan di Indonesia


Kesimpulan

Apakah kamu sudah memiliki bayangan garasi mobil impian? Jangan lupa untuk menentukan model garasi mobil sederhana apa yang hendak kamu pakai. Sebelum membangun garasi, kamu juga bisa mendiskusikannya dengan keluarga. Kemudian melakukan pencocokan dengan tipe desain rumah.

Ingin memperoleh informasi bermanfaat seputar properti lainnya? Klik link ini untuk mengunjungi website kami di mana kamu bisa menemukan berbagai artikel menarik seputar properti. 

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua