Spinner Icon

Ini Dia 8 Inspirasi Desain Kamar Industrial

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 22 Maret 2024
Table of Contents:
  • 8 Inspirasi Desain Kamar Tidur Industrial
  • 1. Tema Gelap dengan Dinding Bata
  • 2. Interior Rak Buku Metal
  • 3. Tema Industrial dengan Nuansa Coklat
  • 4. Tema Industrial Dinding Beton dan Headboard Berlubang
  • 5. Desain Industrial dengan Ornamen Sepeda Menggantung
  • 6. Desain Industrial Tempat Tidur Gantung
  • 7. Desain Industrial Loft Bed
  • 8. Desain Industrial Minimalis
  • Wujudkan Rumah Impianmu Bersama BTN Properti

Memiliki kamar yang sesuai dengan keinginan merupakan hal yang banyak orang inginkan, terlebih kamar merupakan private space bagi pemiliknya, di mana dapat menjadi sebuah ruang istirahat, ruang bekerja, ruang bermain, atau bahkan ruang hobi sekalipun. Sebuah kamar tidur tentu saja perlu memberikan kesan yang nyaman agar dapat menjadi “rumah” bagi pemiliknya.

Kini, terdapat banyak desain kamar tidur yang dapat kamu jadikan konsep kamar tidur ideal yang dapat memberikan kesan hangat. Beberapa jenis desain kamar tidur yang cukup populer adalah kamar tidur dengan tema monokrom, kamar tidur dengan desain minimalis, serta desain kamar tidur industrial, sebenarnya masih terdapat banyak tema desain kamar tidur yang dapat kamu gunakan.

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas lebih lanjut mengenai inspirasi desain kamar industrial yang mungkin cocok untuk kami terapkan di rumah.


Key Takeaways:

  • Terdapat beberapa inspirasi desain kamar tidur yang cukup populer seperti desain monokrom, minimalis, serta tema industrial.
  • Beberapa inspirasi desain kamar tidur industrial yaitu tema gelap dengan dinding bata, interior rak buku metal, tema industrial dengan nuansa coklat, dan lain sebagainya.

 

8 Inspirasi Desain Kamar Tidur Industrial

1. Tema Gelap dengan Dinding Bata

Jika kamu penggemar desain kamar tidur industrial dengan tema gelap, maka kamu dapat mengikuti inspirasi desain kamar industrial yang satu ini. Pada desain ini, kamar kamu akan didominasi oleh warna hitam yang mampu memberikan kesan gelap sekaligus adanya impresi yang modern serta maskulin. Dengan menggunakan desain ini, setiap sudut kamar kamu akan berwarna hitam.

Agar memberikan nuansa industrial yang maksimal, kamu dapat memilih penggunaan susunan batu bata tepat di atas headboard yang memanjang hingga ke sisi plafon. Tak lupa untuk memberikan dekorasi berupa rak dengan material kayu agar memberikan ruang penyimpanan tambahan.

Tidak sedikit orang yang memanfaatkan kamar sebagai ruang membaca ataupun sekadar untuk bersantai, maka dari itu kamu dapat menambahkan furnitur berupa kursi gantung berpalet monokrom tepat di sebelah kasur tidur, yang menjadikannya area bersantai untuk kamu.

2. Interior Rak Buku Metal

Memilih desain industrial artinya kamu memiliki selera desain yang mirip seperti pabrik, yaitu dengan penekanan pada material ekspos, tampilan yang tidak tampak selesai, serta memberikan kesan fungsionalitas yang tinggi. Biasanya desain industrial akan lebih cocok bagi kamu yang suka akan desain atau konsep minimalis, namun tetap memerhatikan fungsionalitasnya.

Apabila pada poin pertama kita sudah membahas mengenai penggunaan bata ekspos, kini pada poin berikutnya kamu dapat menambahkan interior berupa furnitur rak buku metal di kamar kamu. Rak buku dengan material metal akan memberikan kamu kesan minimalis, serta juga mampu memberikan kesan lapang pada ruangan.

Ide penggunaan rak buku metal ini cocok bagi kamu yang memiliki hunian dengan konsep mezzanine, sehingga keberadaan rak buku metal dapat dimanfaatkan sebagai pemisah antara kamar tidur kamu dengan ruangan lainnya. Cukup efektif bukan?

3. Tema Industrial dengan Nuansa Coklat

Kamu tidak memiliki ruang tidur yang cukup besar? Jangan khawatir, karena kamu tetap bisa membuat suasana industrial pada kamar kamu. Memilih warna cat dinding dengan warna coklat terang hingga coklat gelap dapat memberikan tema industrial hadir di kamar kamu.

Agar tema industrial semakin kental, kamu dapat memberikan sentuhan bata merah ekspos pada dinding bagian belakang atau lebih tepatnya pada posisi headboard, ditambah dengan adanya lemari baju berbahan besi dengan konsep terbuka akan memberikan kesan tema industrial yang lebih dinamis.

Jangan lupa untuk tetap memerhatikan sirkulasi udara dengan menambahkan jendela dengan ukuran yang sedang.


4. Tema Industrial Dinding Beton dan Headboard Berlubang

Tidak lengkap apabila belum berbicara salah satu ornamen yang sangat lekat hubungannya dengan kamar bergaya industrial, yaitu dinding beton. Dinding beton sendiri sangat lekat kaitannya jika kita berbicara mengenai tema industrial, karena pada kebanyakan pabrik juga menggunakan desain yang demikian.

Kamu dapat membuat kamar tidur dengan dinding beton serta headboard yang berlubang agar kesan industrial semakin kental, belum lagi warna dasar dinding beton biasanya memiliki warna abu atau warna dasar khas beton.

Dengan komposisi kamar seperti itu, kemungkinan besar ruangan kamu akan cenderung gelap, maka dari itu tambahlah roster berukuran besar agar cahaya matahari dapat masuk serta adanya sirkulasi udara yang baik.

Tambahkan juga lemari pakaian yang tersembunyi agar nuansa lega dan lapang hadir di kamar kamu. Selain itu, penggunaan lantai kayu juga dapat kamu gunakan agar memberikan kesan hangat dan alami.

5. Desain Industrial dengan Ornamen Sepeda Menggantung

Apakah kamu penyuka kamar bergaya industrial sekaligus penyuka barang-barang antik atau vintage? Maka kamu dapat memanfaatkan barang antik yang kamu miliki sebagai hiasan atau ornamen pada kamar tidur kamu.

Berbicara mengenai ornamen hias, tidak hanya selalu barang dengan ukuran kecil hingga sedang, akan tetapi barang yang cukup besar seperti sepeda pun dapat kamu jadikan sebagai ornamen.

Akan tetapi perlu diingat, jika kamu ingin memanfaatkan koleksi barang antik kamu yang berukuran besar, maka ada baiknya kamu memiliki ruang yang cukup besar agar tidak membuat kesan kamar menjadi sempit. Selain itu, kamu juga masih dapat memanfaatkan barang-barang antik yang berukuran kecil untuk dipajang di dinding.

Agar ciri khas desain industrial semakin kental, kamu dapat menambahkan dinding bata ekspos berwarna putih yang dibuat teratur secara menyeluruh, sehingga kamar tidur kamu akan terlihat lebih terang walaupun tempat tidur kamu memiliki palet yang lebih gelap.

6. Desain Industrial Tempat Tidur Gantung

Pada dasarnya, konsep kamar tidur bergaya industrial memiliki selera yang sangat beragam, mulai dari yang berkonsep sederhana hingga yang unik sekalipun, salah satu kamar tidur bergaya industrial yang unik adalah tempat tidur gantung dengan bentangan tali.

Pernahkah kamu membayangkan bahwa kamarmu mempunyai tempat tidur yang menggantung? Dengan mengusung tema industrial, maka kamu dapat menerapkan desain yang cukup unik ini.

Tempat tidur gantung akan ditopang oleh empat buah tali yang menggantung di langit atap kamar kamu, sehingga setiap sudutnya akan tersanggah dengan baik, belum lagi material beton sebagai dinding kamarmu akan menambah kesan industrial.

Selain itu, kamu juga dapat memberikan sentuhan ornamen ciri khas gaya industrial seperti pipa, besi, batu bata ekspos, serta jangan lupa tambahkan jendela agar sirkulasi udara lebih terbuka dan baik untuk kesehatan kamu.

7. Desain Industrial Loft Bed

Tema industrial memiliki banyak inspirasi desain yang nyaman, modern, dan tampak sederhana jika dilihat, sehingga tentunya akan cocok untuk kamu. Salah satu inspirasi desain industrial adalah loft bed, konsep ini lebih kepada memanfaatkan luas ruangan dengan maksimal yaitu dengan menempatkan semacam kasur bertingkat dengan bagian bawah kasur yang dapat dimanfaatkan sebagai area kosong, seperti untuk menaruh lemari pakaian, meja kerja, rak serbaguna, dan lain sebagainya.

Maksimalkan konsep loft bed ini dengan dominasi warna kelabu pada seluruh aspek ruangan. Desain industrial loft bed sendiri merupakan salah satu jenis desain ala industrial karena mengangkat tema kepraktisan serta kelebihannya dalam memanfaatkan ruangan yang tidak cukup luas.

8. Desain Industrial Minimalis