Spinner Icon

Simak Cara Praktis Menata Kamar Tidur Sempit Jadi Space-saving!

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 28 Maret 2023
Table of Contents:

Rumah minimalis kian populer akhir-akhir ini. Mengusung konsep minimalis, kebanyakan ruangan di dalamnya juga cenderung minim. Bingung mengatur ruangan yang terbatas?

Ingin membuat kamar tidur yang lengkap dengan furnitur cantik dan sesuai kebutuhan? Memang menata ruangan atau kamar dengan luas terbatas terkadang terasa sulit. Mulai dari pemilihan furnitur sesuai kebutuhan, tata letak yang tepat, kamu perlu memikirkan semuanya dengan baik.

Namun, semua itu sudah bisa diatasi dengan kemajuan dan perkembangan furnitur di Indonesia. Dengan beragam jenis, warna, dan model furnitur yang ada, kamu bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan dan desain rumahmu.

Selain itu, kamar tidur merupakan ruangan yang sangat bersifat pribadi. Kamu akan menggunakannya setiap hari untuk beristirahat, bekerja atau bahkan merias diri. Oleh karena itu, kamu perlu menyesuaikan dengan gaya dan keinginanmu agar nyaman untuk ditempati. Yuk, simak beberapa strategi menata kamar sempit!


Inspirasi cara menata kamar sempit menjadi space-saving

Kamar tidurmu yang sempit ternyata bisa dimodifikasi sedemikian rupa agar terlihat lebih luas dan lapang. Kamu bisa menggunakan berbagai furnitur yang space-saving dan multifungsi. Beberapa strategi yang harus kamu perhatikan dan lakukan dalam menata kamar tidur sempit, diantaranya:

1. Lemari pakaian dengan sliding door

Tentu di setiap kamar terdapat sebuah lemari yang digunakan untuk menyimpan pakaian. Dalam menata kamar tidur sempit, kamu bisa menggunakan lemari pakaian dengan pintu sliding door. Sebab, jika menggunakan sliding door, kamu tidak perlu menyediakan jarak ruang yang cukup besar agar pintu lemari bisa terbuka.

Untuk mempercantik kamar, kamu juga bisa memilih lemari pakaian dengan sliding door yang dilengkapi dengan cermin pada bagian pintunya. Kamu juga bisa menggunakannya untuk merias diri. Sekarang sudah banyak lemari pakaian berkualitas dengan sliding doors yang bisa ditemukan dan disesuaikan dengan kebutuhanmu. 

Baca juga: Ini Desain Lemari Pakaian untuk Kamar Sempit!

2. Gunakan sprei atau bedcover berwarna netral

Perabotan lainnya seperti sprei juga perlu kamu perhatikan ketika menata kamar tidur sempit. Mulai dari warna sprei, warna sarung bantal, warna sarung guling, hingga bed cover. Agar ruangan terlihat luas, kamu bisa menggunakan warna netral seperti putih. Kamu juga disarankan untuk memilih motif yang polos dan simple. 


3. Pemakaian rak gantung

Cara yang satu ini cocok untuk kamu para pecinta buku. Koleksi bukumu bisa diletakkan di atas rak gantung untuk menghemat ruangan. Tidak hanya itu, rak gantung dapat kamu tata sedemikian rupa untuk mempercantik kamar tidurmu. Konsep penggunaan rak gantung ternyata merupakan salah satu pilihan dalam menciptakan desain kamar tidur minimalis.

4. Menggunakan tempat tidur multifungsi

Tempat tidur multifungsi merupakan tempat tidur yang dilengkapi dengan laci atau sekat di bagian bawahnya. Kamu bisa menggunakannya tidak hanya untuk tidur saja, tetapi juga untuk menyimpan atau menaruh berbagai benda. Dengan begitu, kamu bisa menghemat ruangan serta biaya untuk membeli lemari atau rak baru.

5. Posisikan kasur pada pinggir ruangan

Kamu bisa mendekorasi kamar tidurmu agar terkesan luas dengan memposisikan kasur di pinggir ruangan. Selain itu, dengan dekorasi kamar tidur seperti itu, kamu bisa memiliki space yang lebih luas untuk menaruh furnitur lainnya. Misalnya meja kerja, meja rias, karpet, dan lain-lain.

6. Memakai meja kerja minimalis

Biasanya kamar tidur juga digunakan sebagai ruang kerja atau belajar bagi beberapa orang. Sehingga saat menata kamar tidur sempit, kamu perlu menyisakan sedikit ruang untuk menaruh meja kerja.

Meja kerja minimalis cocok kamu gunakan di dalam kamar sempitmu. Tidak hanya menghemat ruangan, meja kerja tersebut juga memberikan tampilan estetik. Meja kerja minimalis umumnya dilengkapi dengan laci yang bisa kamu gunakan untuk menyimpan berbagai perlengkapan. Mulai dari dokumen, alat tulis, laptop, dan lain-lain. 


7. Pencahayaan yang baik

Ternyata pencahayaan juga memiliki peranan penting dalam menata kamar tidur sempit. Pencahayaan menjadi faktor penting yang bisa menciptakan ilusi ruangan luas pada kamar. Semakin terang atau cukup sebuah cahaya di dalam kamar tidurmu, maka semakin terlihat luas ruanganmu.

Kamu bisa membuat jendela agar pencahayaan dari sinar matahari mudah masuk ke dalam ruanganmu. Alternatif lainnya yaitu gunakan lampu yang dapat menerangkan kamar tidurmu baik di siang hari maupun malam hari. 

8. Penggunaan rak vertikal

Penggunaan rak vertikal merupakan cara terbaik dalam menata kamar tidur sempit karena ia tidak terlalu memakan ruang. Rak vertikal bisa kamu gunakan untuk menyimpan berbagai perabotan. Akan tetapi, tidak boleh sampai terlalu penuh. Dengan begitu, kamar tidurmu akan terlihat semakin luas dan lapang.

9. Memakai ranjang yang rendah

Desain ranjang yang rendah bisa memberikan tampilan kamar yang lebih luas dan lapang. Sehingga kamu bisa menggunakannya untuk menata kamar tidur sempitmu. Kini berbagai jenis ranjang telah hadir baik yang rendah, minimalis, ataupun multifungsi. Jadi kamu tidak perlu repot-repot mencarinya.


10. Wardrobe terbuka

Jika kamu tidak ingin menggunakan lemari, maka wardrobe terbuka bisa menjadi alternatif. Wardrobe terbuka merupakan tipe rak lemari yang tidak memiliki tutup. Kamu bisa menyimpan baju menggunakan rak gantung. Kemudian untuk sepatu dan tas, kamu bisa menggunakan etalase tanpa sekat. Dengan begitu kamar tidurmu akan terasa lebih luas.

11. Buang perabotan atau barang yang tidak diperlukan

Terkadang banyak barang yang sudah tidak diperlukan tetapi masih disimpan. Oleh karena itu, kamu perlu memilihnya dengan baik dan seksama. Buanglah barang-barang yang sudah usang, lama tidak dipakai, dan rusak. Dengan begitu, maka kamar tidurmu akan terlihat lapang. Selain itu, kamarmu juga akan terlihat lebih bersih daripada sebelumnya.

12. Aplikasikan jendela model tirai

Cara lain dalam menata kamar sempit adalah menggunakan jendela model tirai. Jendela model tirai umumnya bisa kamu temukan di perkantoran. Dengan menggunakan jendela model tirai, kamarmu bisa terlihat lebih rapi, profesional, dan luas. Suasana yang diberikan juga akan nyaman bagimu. 

13. Jangan menggantung baju pada bagian belakang pintu

Kebiasaan menggantung baju di belakang pintu merupakan hal yang buruk. Tidak hanya membuat ruanganmu terlihat sempit, tetapi juga menjadi berantakan. Kamu bisa menggunakan tiang gantungan untuk menggantung pakaianmu. Letakkan di bagian sudut ruangan agar kamar terlihat lebih luas dan estetik.

14. Manfaatkan dinding semaksimal mungkin

Selanjutnya, kamu bisa menata kamar tidurmu dengan memulai dari bagian dinding.  Penyusunan wall art atau galeri yang kecil dan simpel dapat kamu lakukan agar ruangan terlihat lebih tinggi dan mengalihkan perhatian para pengunjung dan penghuni dari ukuran kamar tidur yang kecil. Kamu bisa menaruh bingkai foto, gambar-gambar, atau jam dinding unik pada dinding rumahmu. 

Baca juga: Menghemat Tempat, Ini Inspirasi Desain Kamar Tingkat Dewasa


Kesimpulan

Setelah melihat berbagai cara yang kami sediakan, menata kamar tidur sempit tidak sesulit yang dibayangkan, bukan? Beberapa hal penting yang perlu kamu perhatikan yaitu sesuaikan furnitur dengan kebutuhan, tata letak furnitur, dan jenis furnitur yang diperlukan.

Dengan menggunakan furnitur yang tepat, kamu bisa membuat kamar tidurmu yang tadinya sempit menjadi lebih luas dan terkesan lapang. Tidak hanya itu, kamu juga perlu memperhatikan beberapa hal lain, seperti pencahayaan, warna cat dinding yang digunakan, hingga kebiasaan dalam membereskan pakaian. Semua hal tersebut berpengaruh terhadap kesan kamar tidurmu. 

Jika kamu ingin mendekorasi rumah, kamu dapat mengunjungi website kami untuk mengetahui lebih lanjut mengenai info rumah, dekorasi, dan program-program KPR yang kami tawarkan. Klik di sini untuk menjelajahi website kami. 

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua