Spinner Icon

9 Inpirasi Ide Desain Kanopi Kayu untuk Rumahmu

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 24 Maret 2024
Table of Contents:
  • Ide Desain Kanopi Kayu
  • 1. Kanopi kayu ditambah dengan kerangka besi
  • 2. Kanopi kayu ditambah dengan tanaman hijau
  • 3. Kanopi minimalis kisi-kisi kayu
  • 4. Kanopi kayu ditambah paranet
  • 5. Kanopi kayu area taman
  • 6. Kanopi kayu dengan atap transparan
  • 7. Kanopi kayu dan balkon kayu
  • 8. Kanopi dari bambu
  • 9. Kanopi kayu lisplang
  • Kesimpulan

Garasi kerap menjadi ruangan penting bagi sebagian orang yang memiliki banyak kendaraan pribadi. Garasi merupakan elemen bangunan yang dibangun dengan tujuan untuk menjaga keamanan kendaraan saat terparkir. Untuk membangun garasi dengan lebih menarik dan aman, kamu bisa menggunakan kanopi dengan berbagai desain.

Pada artikel kali ini, akan dijabarkan berbagai ide desain kanopi kayu yang dapat menjadi inspirasi untuk rumah kamu. Yuk, simak artikel berikut untuk mengetahui lebih lanjut.


Key Takeaways:

  • Dalam membangun garasi, banyak orang menggunakan kanopi kayu agar rumah tetap terasa sejuk. Selain itu, penggunaan kanopi kayu juga dapat mempercantik rumahmu.
  • Ide desain kanopi kayu antara lain kanopi kayu ditambah dengan kerangka besi, tanaman hijau, kanopi minimalis kisi-kisi kayu, kanopi kayu dengan atap transparan, dan masih banyak lagi.

Ide Desain Kanopi Kayu

Dalam membangun garasi, banyak orang menggunakan kanopi agar rumah tetap terasa sejuk. Selain itu, penggunaan kanopi kayu juga dapat mempercantik rumahmu. Elemen kayu dari kanopi juga dapat menambah kesan sederhana dan natural pada rumahmu. Namun, kanopi kayu membutuhkan perawatan rutin untuk menjaga kualitas penampilan serta kekuatannya.

Berikut ini beberapa ide desain penggunaan kanopi kayu:

1. Kanopi kayu ditambah dengan kerangka besi

Ide desain ini akan membuat tampilan rumahmu menjadi semakin modern dan elegan. Penggunaan kerangka besi juga dapat memperkokoh rangka kanopi kayu pada rumahmu. Untuk membuat garasi semakin bagus, kamu bisa menggabungkan dengan dinding kayu yang senada warnanya.

2. Kanopi kayu ditambah dengan tanaman hijau

Selanjutnya yaitu penggunaan kanopi kayu ditambah dengan tanaman hijau. Ide desain yang satu ini mengusung konsep greenhouse dengan menggunakan tanaman hijau pada bagian atap kanopi. Umumnya tanaman yang digunakan berupa tanaman gantung atau tumbuhan rambat.

Kamu juga bisa menanam sejumlah tanaman di area sekitarnya agar suasana terasa semakin sejuk. Area ini juga bisa dijadikan sebagai tempat bersantai atau menerima tamu.

3. Kanopi minimalis kisi-kisi kayu

Desain yang satu ini merupakan desain dekoratif yang hanya berfungsi sebagai hiasan yang mempercantik rumah. Hal ini dikarenakan kanopi kisi-kisi kayu tidak dapat menahan hujan dan panas matahari.


4. Kanopi kayu ditambah paranet

Kamu bisa menggunakan paranet pada atap kanopi kayu. Dengan menggunakan paranet, area garasi akan terasa lebih teduh dan sejuk. Meskipun begitu, paranet tidak dapat menahan hujan.

5. Kanopi kayu area taman

Bagi yang memiliki area taman, kamu bisa menggunakan kanopi kayu sederhana. Kanopi kayu dapat menjadi tempat bersantai ketika sore hari. Tidak hanya itu, kanopi kayu tersebut juga akan memperindah area taman.

6. Kanopi kayu dengan atap transparan

Ide yang selanjutnya yaitu perpaduan kanopi kayu dengan atap transparan. Desain yang satu ini paling populer digunakan pada rumah yang mengusung konsep minimalis modern. Kamu tinggal memadukan material kayu yang kokoh dengan atap transparan. Dengan begitu, area garasi akan mendapat sinar matahari yang cukup dan terlihat terang serta lebih estetik.

7. Kanopi kayu dan balkon kayu

Desain kanopi kayu dan balkon kayu cocok digunakan bagi kamu yang memiliki rumah bertingkat. Umumnya, atap kanopi pada garasi akan menyatu dengan balkon di lantai atas. Hal ini membuat ukuran balkon semakin luas dan tetap terlihat minimalis. Supaya lebih senada, kamu bisa menggunakan lantai kayu pada area balkon.

8. Kanopi dari bambu

Bambu kerap digunakan sebagai pengganti material kayu dalam pembuatan kanopi. Sama seperti kayu, bambu juga dapat memberikan tampilan garasi yang natural. Kamu bisa memilih bambu sebagai pondasi kanopi maupun atap kanopi itu sendiri.

9. Kanopi kayu lisplang

Kanopi kayu lisplang merupakan konsep yang sering digunakan pada rumah dengan desain tradisional. Penggunaan kayu lisplang dapat membuat garasi rumahmu terlihat unik sekaligus hangat.

Baca juga: Ide Model Kanopi Teras, Ruang Outdoor Jadi Cantik!


Kesimpulan

Demikian informasi seputar ide desain kanopi kayu yang cocok untuk rumahmu. Ingin mengetahui informasi bermanfaat seputar properti lainnya?

Kunjungi website kami dimana kamu dapat menelusuri berbagai informasi penting terkait properti. Mulai dari istilah-istilah properti, tips-tips terkait rumah, hingga program KPR. Klik link ini untuk menemukan artikel lainnya.

Baca juga: 12 Model Kanopi Minimalis Terbaru untuk Rumah Minimalis

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua