Spinner Icon

Ide Model Kanopi Teras, Ruang Outdoor Jadi Cantik!

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 25 Januari 2024
Table of Contents:
  • Apa Itu Kanopi Teras dan Keuntungan Menggunakannya?
  • 14 Ide Model Kanopi Minimalis untuk Teras Rumah Minimalis
  • 1. Kanopi Baja Ringan
  • 2. Kanopi dengan Pilar Baja
  • 3. Kanopi Kayu
  • 4. Kanopi Kayu Berwarna Coklat
  • 5. Kanopi dengan Kain Awning
  • 6. Kanopi Kaca
  • 7. Kanopi Kaca Es dengan Pilar Besi
  • 8. Kanopi Teras Model Melengkung
  • 9. Kanopi Galvalum
  • 10. Kanopi Teras dengan Pilar Menempel di Tembok
  • 11. Kanopi Minimalis dengan Pilar Bentuk V
  • 12. Kanopi Spandek
  • 13. Kanopi dengan Tanaman Rambat
  • 14. Kanopi Minimalis Futuristik
  • Kesimpulan

Teras rumah nyaman untuk dijadikan sebagai tempat untuk bersantai. Salah satu elemen yang membuat teras rumah menjadi lebih nyaman adalah kanopi. Penggunaan kanopi berguna untuk berteduh dikala kemarau yang terik dan hujan yang tidak terduga.

Ada banyak pilihan kanopi teras yang dapat kamu terapkan di rumah, mulai dari kanopi berbahan kaca, kain, hingga kayu. Dengan pilihan posisi kanopi yang menetap, bisa dipindah-pindahkan, serta ada pula yang bisa dikontrol menggunakan kendali jarak jauh.

Pada artikel ini, akan dikupas tuntas segala sesuatu mengenai kanopi teras, hingga berbagai inspirasi model kanopi teras yang cocok untuk rumah minimalis. Yuk, simak artikel berikut.


Key Takeaways:

  • Kanopi teras membuat teras rumah menjadi tempat yang nyaman untuk berteduh dikala kemarau yang terik dan hujan yang tidak terduga.
  • Kanopi hadir dalam berbagai model, mulai dari berbagai pilihan jenis bahan dan desain kanopi yang ada.
  • Selain menambah perlindungan, pemasangan kanopi teras juga dapat menambah kesan mewah dan elegan pada rumah.

Apa Itu Kanopi Teras dan Keuntungan Menggunakannya?

Kanopi merujuk pada atap tambahan di luar rumah, yang biasanya dipasang di teras atau carport. Pada masa kini, kanopi teras sudah umum digunakan sebagai hiasan rumah minimalis. Kanopi hadir dengan berbagai model, mulai dari berbagai pilihan jenis bahan dan desain kanopi yang ada.

Fungsi utama dari kanopi adalah sebagai pelindung bagi penghuni dari cuaca yang tidak menentu. Dengan kanopi, kamu juga dapat melindungi pintu dan interior rumah dari cuaca buruk. Selain tambahan pelindung, pemasangan kanopi teras juga dapat menambah kesan unik dan elegan pada rumah.

Baca juga: Pergola Adalah: Definisi, Fungsi, dan Tips


14 Ide Model Kanopi Minimalis untuk Teras Rumah Minimalis

Berikut adalah beberapa ide model kanopi minimalis yang dapat kamu jadikan inspirasi bagi kanopi rumah minimalis kamu.

1. Kanopi Baja Ringan

Salah satu jenis kanopi teras yang banyak digunakan masyarakat adalah kanopi baja ringan. Material kanopi baja ringan cocok bila dipadukan dengan konsep rumah minimalis modern.

Warna dan desain yang dimiliki kanopi baja ringan cenderung sederhana sehingga dapat dipadukan dengan interior rumah minimalis. Selain itu, harga kanopi material baja ringan juga ramah di kantong.

2. Kanopi dengan Pilar Baja

Jika ingin membuat garasi menjadi lebih teduh, kamu dapat memilih desain kanopi dengan material pilar baja. Desain kanopi teras yang satu ini banyak digunakan oleh masyarakat yang tinggal di daerah perumahan.

Daerah perumahan biasanya minim akan tanaman berukuran besar yang seringkali membuat daerah ini kurang sejuk. Oleh karena itu, banyak masyarakat yang memanfaatkan kanopi teras pilar baja sebagai peneduh.

3. Kanopi Kayu

Di samping baja ringan, kayu juga merupakan salah satu material yang sering digunakan untuk kanopi rumah dan telah menjadi favorit banyak orang karena dapat memberikan kesan hunian menjadi lebih asri dan teduh.

Kanopi teras yang satu ini cocok bagi kamu yang ingin memiliki rumah dengan tampilan alami. Kanopi kayu juga mudah dikombinasikan dengan material lainnya dalam beragam jenis desain rumah.

4. Kanopi Kayu Berwarna Coklat

Desain kanopi yang satu ini dapat menjadi pilihan tepat bagi kamu yang ingin memiliki rumah dengan desain mewah. Kanopi kayu berwarna coklat mempunyai kesan elegan apalagi jika disandingkan dengan interior mewah lainnya. Kamu bisa mempercantik teras dengan memilih desain kanopi kayu berwarna coklat serta menambahkan interior pendukung seperti sofa, meja, lampu gantung, dan lain-lain.

5. Kanopi dengan Kain Awning

Jika kamu memiliki anggaran yang terbatas, kanopi dengan kain awning adalah salah satu jenis model kanopi minimalis yang cocok untukmu. Dengan harga yang terjangkau, kamu bisa memperoleh desain kanopi yang unik dan fungsional.

Kanopi kain awning memiliki berbagai pilihan desain beragam yang dapat kamu sesuaikan dengan estetika rumah minimalis kamu. Di samping itu, pemasangan kanopi ini pun tergolong sangat mudah.

6. Kanopi Kaca

Pembuatan kanopi teras juga dapat melibatkan material kaca. Material kaca saat ini sudah mulai banyak digunakan oleh masyarakat. Tampilan kaca yang transparan dan mewah membuatnya memiliki keunikan tersendiri.

Kanopi teras dengan material kaca memungkinkan cahaya matahari untuk masuk sehingga akan membuat rumah tampak cerah. Namun, kanopi kaca memerlukan perawatan rutin agar kebersihannya tetap terjaga dengan baik.


7. Kanopi Kaca Es dengan Pilar Besi

Biasanya pada rumah-rumah mewah, kamu dapat menemukan desain kanopi dengan material kaca es yang dipadukan dengan pilar besi. Desain kanopi yang satu ini dapat digunakan pada teras, carport, hingga halaman belakang rumah.

Kanopi kaca es dengan pilar besi umumnya menciptakan suasana yang sejuk dan teduh bagi rumah minimalis. Selain itu, tampilan rumah juga lebih elegan dan mewah dengan kaca yang transparan.

8. Kanopi Teras Model Melengkung

Salah satu model kanopi teras yang cukup umum ditemukan di Indonesia adalah model kanopi teras melengkung. Kanopi teras rumah ini dapat ditemukan di berbagai desain rumah minimalis.

Kanopi melengkung memberikan kesan rumah menjadi lebih nyaman dan teduh. Selain itu, model kanopi minimalis ini juga memiliki kelebihan lain, dimana dapat mengalirkan air hujan sehingga air tidak menggenang di atap.

9. Kanopi Galvalum

Kanopi teras yang terbuat dari material galvalum juga memiliki berbagai keunggulan jika dibandingkan dengan material lainnya. Galvalum sendiri dipercaya memiliki ketahanan hingga puluhan tahun, sehingga dapat menjadi material kanopi yang memiliki daya tahan paling kuat dan awet.

Kanopi galvalum cocok digunakan untuk membangun kanopi teras dengan tiang penyangga ataupun tanpa tiang penyangga. Material galvalum akan membuat rumah terlihat lebih rapi dan simpel.


10. Kanopi Teras dengan Pilar Menempel di Tembok

Jika kamu ingin memiliki teras rumah yang sejuk dan sederhana, model kanopi teras dengan pilar menempel di tembok dapat menjadi pilihan yang tepat. Model kanopi teras yang satu ini dapat menghadirkan tampilan kanopi yang modern bila dipadukan dengan rumah minimalis.

Untuk memasang kanopi teras dengan pilar menempel di tembok, rumahmu perlu memiliki dinding pembatas setinggi 1 sampai 2 meter. Kemuidan pilar kanopi dipasang di dinding pembatas rumah.

11. Kanopi Minimalis dengan Pilar Bentuk V

Bagi kamu yang tinggal di perumahan, alternatif model kanopi minimalis lain yang dapat kamu pilih adalah desain kanopi minimalis dengan pilar bentuk V. Desain kanopi minimalis model ini cocok untuk rumah minimalis modern dengan interior hitam putih. Dengan pilar bentuk V, kanopi teras model ini akan menambah estetika pada rumahmu.

12. Kanopi Spandek

Material spandek juga sering digunakan sebagai bahan kanopi minimalis di teras rumah. Keunggulan utama dari material kanopi ini adalah harganya yang ekonomis. Penggunaan kanopi spandek juga dapat membuat rumah menjadi sejuk dan teduh.

Selain itu, tampilannya yang simple juga membuatnya cocok untuk dipadukan dengan rumah minimalis terbaru saat ini. Namun dalam penggunaan kanopi spandek, perlu diperhatikan pemilihan bentuk dan warnanya agar sesuai dengan interior rumah kamu.

13. Kanopi dengan Tanaman Rambat

Kanopi minimalis dengan tanaman rambat di atasnya adalah pilihan yang pas untuk menerapkan konsep tema alami dan asri. Tanaman rambat pada kanopi teras ini akan memberikan kesan sejuk dan hijau bagi rumah minimalis.

Bahan kanopi yang dapat kamu pilih untuk model ini antara lain baja ringan, kayu, atau batu alam. Beberapa jenis tanaman rambat yang dapat menjadi pilihanmu adalah air mata pengantin, alamanda, dan mandevilla.

14. Kanopi Minimalis Futuristik

Inspirasi model kanopi minimalis yang terakhir yaitu futuristik. Model ini cocok untuk kamu yang menyukai konsep modern. Desain kanopi futuristik memiliki estetika yang unik karena tiap desainnya dibuat berbeda dari yang lain. Umumnya disesuaikan dengan kepribadian dan preferensi penghuni dengan memberikan sentuhan modern pada setiap struktur.

Baca juga: 12 Model Kanopi Minimalis Terbaru untuk Rumah Minimalis


Kesimpulan

Demikian informasi seputar inspirasi model kanopi teras yang dapat kamu terapkan untuk rumah minimalis kamu. Gunakan desain kanopi teras yang cocok dengan desain rumah minimalis kamu agar rumah tampak lebih elegan dan menarik.

Tertarik untuk membaca artikel seputar properti lainnya? Kunjungi  link ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai informasi-informasi bermanfaat mengenai properti!

 

 

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua