Spinner Icon

12 Model Kanopi Minimalis Terbaru untuk Rumah Minimalis

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 24 Januari 2024
Table of Contents:
  • Apa itu Kanopi?
  • Inspirasi Model Kanopi Minimalis yang Fungsional untuk Rumah
  • 1. Model Kanopi Berdasarkan Konstruksinya
  • a. Model Kanopi Minimalis Sederhana
  • b. Model Kanopi Gantung
  • c. Model Kanopi Kantilever
  • 2. Model Kanopi Minimalis Berdasarkan Bentuk Atap Kanopi
  • a. Model Kanopi Atap Datar
  • b. Model Kanopi Atap Lengkung
  • c. Model Kanopi Atap Pelana
  • 3. Model Kanopi Berdasarkan Material Struktur Kanopi
  • a. Model Kanopi Kayu
  • b. Model Kanopi Baja Ringan
  • c. Model Kanopi Besi
  • 4. Model Kanopi Berdasarkan Material Penutup Atap Kanopi
  • a. Kanopi Plastik
  • b. Kanopi Kaca
  • c. Kanopi Logam
  • Kesimpulan

Mempunyai rumah yang nyaman tentu menjadi impian. Rasa nyaman dapat diciptakan dari model rumah yang cantik. Saat ini, banyak rumah mengusung model minimalis karena cenderung simpel dan elegan.

Rumah minimalis biasanya menggunakan setiap ruangan yang ada secara maksimal, baik pada bagian luar maupun bagian dalam rumah. Setiap sudut ruangan yang ada di rumah juga digunakan, salah satunya adalah garasi mobil sekaligus halaman depan rumah.

Ruangan semi outdoor seperti halaman rumah atau carport ini tentu memerlukan atap untuk melindungi dari cuaca panas maupun hujan. Biasanya, atap kanopi digunakan sebagai elemen tambahan untuk halaman rumah atau carport.


Sumber: Arsitag

Kanopi juga dapat membuat rumah minimalis tampak lebih menarik. Untuk itu, kini ada berbagai model kanopi yang dapat kamu gunakan untuk mempercantik rumah minimalis. Simak artikel berikut untuk mengetahui berbagai inspirasi model kanopi minimalis yang cocok bagi rumahmu.

Key Takeaways:

  • Kanopi merupakan sebuah atap tambahan yang berfungsi sebagai pelindung terhadap panas matahari dan hujan.
  • Dengan bentuknya yang sederhana, kanopi dapat membuat rumah terlihat lebih menarik dan elegan.
  • Saat ini sudah ada sangat banyak model kanopi yang dapat dipilih pemilik rumah sesuai dengan model rumah.
  • Model kanopi minimalis dapat dikelompokkan berdasarkan konstruksi, bentuk atap, dan material kanopi yang digunakan.

Apa itu Kanopi?

Sebelum memasuki inspirasi berbagai model kanopi minimalis, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan kanopi. Kanopi merupakan sebuah atap tambahan yang berfungsi sebagai pelindung terhadap panas matahari dan hujan.

Kanopi biasanya digunakan di halaman rumah karena dapat membuat rumah terlihat lebih menarik dan modern. Saat ini sudah banyak model kanopi yang dapat kamu pilih sesuai dengan model rumah kamu.

Baca juga: 8 Inspirasi Model Atap Rumah Minimalis yang Elegan


Inspirasi Model Kanopi Minimalis yang Fungsional untuk Rumah

Model kanopi minimalis dapat dikelompokkan berdasarkan konstruksi, bentuk atap, dan material kanopi yang digunakan.  Tertarik untuk memasang kanopi minimalis di rumahmu? Berikut adalah berbagai model kanopi minimalis yang dapat kamu jadikan inspirasi.

1. Model Kanopi Berdasarkan Konstruksinya

Berdasarkan konstruksinya, model kanopi dibagi menjadi 3, yaitu model kanopi minimalis sederhana, kanopi gantung, dan kanopi kantilever.

a. Model Kanopi Minimalis Sederhana

Model kanopi minimalis sederhana adalah model yang paling sering dipasang di rumah-rumah minimalis berukuran kecil hingga sedang. Kanopi minimalis sederhana umumnya digunakan sebagai penutup teras rumah atau carport.

Konstruksi model kanopi minimalis sederhana biasanya berupa penutup atau kanopi yang disangga oleh 2 atau lebih tiang. Salah satu alternatif untuk kanopi ini adalah kanopi sandar. Model kanopi sandar biasanya salah satu ujung kanopi disandarkan pada dinding rumah dan ujung lainnya mendapat tiang penyangga.

b. Model Kanopi Gantung

Jika model kanopi minimalis sederhana biasanya disangga oleh tiang, model kanopi gantung menggunakan kawat penahan atau sejenisnya untuk menyangga tiang sehingga tetap dalam posisinya.

Model atap kanopi gantung ini umum digunakan di teras rumah, teras toko, jendela, atau bahkan carport. Namun penggunaan kanopi gantung juga tergantung pada material penutup atap dan struktur kerangkanya.

c. Model Kanopi Kantilever

Model kanopi minimalis lainnya yang juga menjadi favorit masyarakat adalah model kanopi dengan konstruksi kantilever. Jenis model kanopi ini hanya bertumpu pada satu struktur saja, misalnya pada tembok atau tiang penyangga.

Tampilan akhir dari kanopi kantilever adalah kanopi yang melayang dan unik. Oleh karena itu, penting untuk kamu perhatikan dalam pemasangan model kanopi kantilever lebih baik dilakukan oleh tim yang ahli di bidangnya. Karena pemasangan kanopi ini memerlukan perhitungan yang matang dan fondasi konstruksi yang kokoh.

2. Model Kanopi Minimalis Berdasarkan Bentuk Atap Kanopi

Lalu model kanopi minimalis selanjutnya berdasarkan pada bentuk atap kanopi, terbagi menjadi 3 jenis bentuk atap yaitu, bentuk atap datar (flat roof), atap lengkung, dan atap pelana (gable roof).

a. Model Kanopi Atap Datar

Salah satu model kanopi terbaru adalah model kanopi minimalis yang menggunakan atap berbentuk datar atau flat roof. Model kanopi atap datar ini memiliki tampilan yang paling sederhana dan fungsional. Meskipun terlihat sederhana, kanopi datar tetap menambah keindahan rumah jika kamu memilih bahan, konstruksi, dan desain dengan tepat.

b. Model Kanopi Atap Lengkung

Umumnya, kanopi dengan model atap lengkung memberikan kesan tradisional bagi rumah. Namun kamu tidak perlu khawatir, dengan pemilihan bahan dan desain yang sesuai, kamu dapat membuat model kanopi atap lengkung yang ciamik.

Bahan besi sering digunakan sebagai tiang penyangga model kanopi atap lengkung. Biasanya kanopi model ini menggunakan kombinasi warna merah emas pada besi dan warna kuning emas pada kanopi. Selain itu, kamu dapat menambah kesan mewah pada kanopi dengan menambahkan beberapa aksesoris pelengkap yang sesuai dengan desain rumah.

c. Model Kanopi Atap Pelana

Model kanopi terakhir berdasarkan atap yaitu desain atap pelana, kanopi atap pelana memiliki bentuk seperti segitiga dengan sudut kemiringan yang bervariasi sesuai desain yang kamu inginkan. Bentuk segitiga ini terlihat sangat jelas bila dilihat dari depan. Kelebihan model kanopi yang satu ini adalah memiliki desain yang sederhana dan mudah dirawat.

3. Model Kanopi Berdasarkan Material Struktur Kanopi


Selain dua jenis model kanopi di atas, ada model kanopi berdasarkan material dari struktur kanopi itu sendiri. Biasanya terbagi menjadi dua yaitu berupa bahan organik maupun anorganik. Bahan organik yang dapat digunakan untuk kanopi adalah kayu keras. Sedangkan untuk bahan anorganik bisa berupa beton dan logam, seperti besi, baja ringan, atau aluminium.

a. Model Kanopi Kayu

Kanopi kayu adalah model kanopi yang cocok bagi kamu yang menyukai rumah bernuansa alami. Meskipun bahan kayu terkesan sederhana, kanopi kayu tetap dapat memberikan estetika yang menarik dan kesan yang elegan.

Kamu juga dapat memadukan kanopi kayu dengan baja ringan untuk menambah kesan minimalis yang modern. Di samping itu, kamu dapat menambahkan tanaman rambat di kanopi kayu agar rumah terkesan lebih alami dan asri.

b. Model Kanopi Baja Ringan

Saat ini, banyak rumah minimalis yang memilih untuk memasang kanopi baja ringan di rumahnya, dikarenakan ada banyak kelebihan yang dimiliki oleh kanopi baja ringan. Kanopi baja ringan memiliki harga yang ramah di kantong dengan pilihan desain yang sangat beragam, sehingga bisa kamu sesuaikan dengan model rumah.

c. Model Kanopi Besi

Besi juga dapat menjadi pilihan yang tepat untuk model kanopi minimalis. Material besi akan menghasilkan kanopi yang lebih tahan lama dan kuat.

Selain itu, kanopi dengan bahan besi juga akan membuat rumah terkesan lebih rindang dan sejuk. Untuk tampilan yang lebih elegan, kamu dapat memadukan besi yang modern dengan kayu tradisional pada kanopi.

4. Model Kanopi Berdasarkan Material Penutup Atap Kanopi

Terakhir yaitu model kanopi berdasarkan material penutupnya. Berbagai macam material dapat digunakan sebagai material penutup atap kanopi, antara lain:

a. Kanopi Plastik

Polikarbonat adalah salah satu bahan penutup atap kanopi yang termasuk dalam golongan plastik. Polikarbonat sendiri dikenal sebagai material terbaik untuk model kanopi minimalis terbaru.

Daya tahannya yang sangat kuat dan tingkat kebeningannya setara dengan kaca dapat menjadikan polikarbonat menjadi pilihan terbaik untuk kanopi minimalis. Bahkan, usia pakai kanopi polikarbonat bisa mencapai 25 tahun. Di samping itu, kamu juga dapat memilih berbagai warna, mulai dari yang bening sampai keruh.

b. Kanopi Kaca

Di balik harga kanopi kaca yang cukup mahal, kanopi kaca merupakan pilihan yang paling cocok untuk model rumah modern. Pemasangan kanopi kaca akan membuat rumah terlihat lebih elegan dan mewah.

Bahan kaca yang digunakan untuk kanopi adalah bahan kaca aman (safety glass), seperti kaca tempered dan kaca laminasi. Material kaca ini termasuk model kanopi minimalis terbaru yang memiliki kesan eksklusif.

c. Kanopi Logam

Pembuatan kanopi biasanya dilakukan dengan menggunakan logam yang ringan, seperti galvalum. Galvalum adalah perpaduan antara logam galvanis dan aluminium. Kanopi galvalum memiliki daya tahan yang cukup kuat dan sangat pas jika dibangun pada rumah minimalis.

Sayangnya, kanopi galvalum memiliki kekurangan, yaitu rumah akan terasa lebih berisik saat turun hujan. Untuk itu, jika kamu ingin memilih kanopi galvalum, pastikan kamu sudah memasang peredam suara di dalam rumah agar aktivitas sehari-hari tidak terganggu.

Selain itu, jenis logam ringan lain yang dapat digunakan sebagai bahan kanopi adalah spandek. Spandek merupakan paduan aluminium dan seng yang usia pemakaiannya hingga 20 tahun.

Meskipun harga kanopi spandek termasuk murah, kanopi spandek dapat membuat rumah terasa lebih sejuk. Biasanya, bahan spandek pada kanopi dipadupadankan dengan baja ringan sebagai tiang penyangga.

Baca juga: Pergola Adalah: Definisi, Fungsi, dan Tips


Kesimpulan

Demikian informasi mengenai berbagai inspirasi model kanopi minimalis yang cocok untuk rumah minimalis. Pastikan kamu berkomunikasi dengan baik dengan kontraktor rumah agar dapat memperoleh model desain rumah dan kanopi minimalis yang sesuai dengan yang kamu inginkan.

Temukan informasi bermanfaat seputar properti lainnya di sini. 

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua