Spinner Icon

Plafon Gypsum: Kelebihan dan Kekurangan Plafon Gypsum untuk Rumah

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 13 Februari 2024
Table of Contents:
  • Apa Itu Plafon Gypsum
  • Kelebihan dan Kekurangan Plafon Gypsum
  • Kelebihan Plafon Gypsum
  • 1. Plafon Gypsum Menarik Secara Visual
  • 2. Plafon Gypsum Bersifat Fleksibel
  • 3. Plafon Gypsum Dapat Mendukung Isolasi Termal
  • 4. Plafon Gypsum Dapat Membantu Kedap Suara
  • 5. Plafon Gypsum Memberikan Perlindungan Terhadap Kebakaran
  • 6. Mudah Dipasang
  • 7. Harga Plafon Gypsum Terjangkau
  • Kekurangan Plafon Gypsum
  • 3 Tips Perawatan Plafon Gypsum
  • 1. Bersihkan Drywall & Plafon Gypsum Secara Teratur
  • 2. Hindari Paparan Air
  • 3. Gunakan Lapisan Tahan Air
  • Wujudkan Rumah Impian Bersama BTN Properti

Plafon gypsum sudah tidak diragukan lagi sebagai salah satu pilihan di pasaran saat ini. Pasalnya, rumah modern menjadi tidak lengkap ketika tidak memiliki langit-langit buatan yang membuat nuansa menjadi mewah. Apalagi penggunaan atap rumah yang hanya datar saja merupakan model yang cenderung jadul dan monoton.

Oleh karena itu, pada generasi sekarang banyak yang memanfaatkan plafon gypsum secara kreatif untuk menambah nilai estetika huniannya. Hal ini juga bertujuan untuk menyembunyikan kabel, seperti saluran AC dan kabel listrik, serta memberikan insulasi terhadap panas dan kebisingan.

Dalam artikel ini, kita akan membahas plafon gypsum, serta kelebihan dan kekurangan plafon gypsum.


Key Takeaways:

  • Plafon gypsum atau juga dikenal sebagai eternit atau drywall, adalah papan kalsium sulfat prefabrikasi yang siap dipasang dan digunakan untuk plafon buatan.
  • Kelebihan plafon gypsum diantaranya: menarik secara visual, bersifat fleksibel, mendukung isolasi termal, kedap suara, perlindungan terhadap kebakaran, dan mudah dipasang.
  • Kekurangan plafon gypsum adalah: tidak dapat diperbaiki saat rusak, tidak bagus dalam mengatur kondisi kelembaban (kecuali varian waterproof), dan plafon gypsum biasa rentan dan cepat retak

Apa Itu Plafon Gypsum

Plafon gypsum atau juga dikenal sebagai eternit atau drywall, adalah papan kalsium sulfat prefabrikasi yang siap dipasang dan digunakan untuk plafon buatan. Material ini tersedia dalam berbagai ketebalan dan ukuran, seperti 9, 12, dan 15 mm, serta 4 x 6 kaki, 4 x 8 kaki, dan 4 x 10 kaki.

Saat ini, sebagian besar rumah modern lebih memilih plafon gypsum. Hal ini karena gypsum menawarkan beberapa manfaat dan fleksibel. Banyak juga orang yang menggunakan fiberglass atau wallpaper untuk menutupi  atap agar terlihat lebih estetis.

Baca juga: 8 Inspirasi Model Atap Rumah Minimalis yang Elegan


Kelebihan dan Kekurangan Plafon Gypsum

Kelebihan Plafon Gypsum

1. Plafon Gypsum Menarik Secara Visual

Plafon atau atap yang terbuat dari gypsum sangat menarik dan indah dipandang mata. Hal ini karena gypsum memberikan kesan halus dan elegan.

Desain langit-langit dari gypsum dapat membuat tempat tinggal kamu terlihat tenang atau ramai, sesuai dengan seleramu. Plafon gypsum dapat mengubah finishing polos konvensional menjadi sesuatu yang unik dan menarik perhatian.

Melakukan eksperimen dengan desain plafon kamu sepenuhnya aman, dan hal ini tidak akan mempengaruhi daya tahan atap. Plafon gypsum akan memberikan sentuhan baru dan modern pada ruangan kamu.

2. Plafon Gypsum Bersifat Fleksibel

Pada dasarnya papan gypsum bersifat lunak. Penggunaannya memungkinkan kamu menciptakan langit-langit estetika untuk rumah tanpa khawatir mengeluarkan biaya besar untuk hal yang sama.

3. Plafon Gypsum Dapat Mendukung Isolasi Termal

Musim panas bisa menjadi gangguan ketika suhu melebihi 40 derajat. Terlebih di negara tropis seperti Indonesia, gelombang suhu panas dapat lebih sering terjadi karena durasi musim kemarau yang panjang.

Nah, desain plafon gypsum rumahmu akan sangat cocok untuk menjaga udara dingin di dalam ruangan dan membuat kamu dan keluarga tetap nyaman. Celah udara tersebut akan memberikan sirkulasi udara yang sempurna di dalam ruangan dan mensinergikan efek AC kamu.

4. Plafon Gypsum Dapat Membantu Kedap Suara

Jika rumah kamu lebih dekat dengan jalan utama atau bahkan lingkungan tetangga yang sangat berisik, plafon papan gypsum akan memberi kamu insulasi suara yang baik. Hal ini terjadi karena desain plafon gypsum mempunyai kemampuan menyerap kebisingan yang lebih baik dari lainnya.

Plafon gypsum akan menyediakan peredam bising yang baik dengan biaya yang terjangkau. Jadi, selama kamu menggunakan plafon jenis ini,  percakapan kamu tidak akan terganggu di rumah kamu.

Selain itu, kamu tidak perlu merasa terganggu dengan suara klakson, suara, dan jeritan yang keras. Pilihan ini sempurna bagi orang-orang yang menyukai privasi, kedamaian, dan ketenangan.

5. Plafon Gypsum Memberikan Perlindungan Terhadap Kebakaran

Plafon gypsum terdiri dari beberapa lapisan yang terjalin erat satu sama lain. Hal ini memungkinkan papan untuk menahan api hingga 4 jam.

Bahan ini benar-benar tahan panas dan tidak menangkap panas baik dari panas atmosfer atau kabel listrik di dalam rumah. Bahan inti dicampur dengan kalsium sulfat untuk menghasilkan massa lunak yang tahan terhadap suhu lebih tinggi.

6. Mudah Dipasang

Karena plafon gypsum sudah jadi, tidak memerlukan air dan menghasilkan lebih sedikit debu selama proses pemasangan. Selain itu, dibutuhkan waktu sekitar satu hari untuk mengeras, tidak seperti bahan lain yang membutuhkan waktu hingga 7 hari atau lebih.

7. Harga Plafon Gypsum Terjangkau

Plafon gypsum memiliki harga yang terjangkau dibanding jenis atap pada umumnya. Jadi, jika kamu memilih material ini untuk atap rumahmu, kamu bisa menghemat budget.


Kekurangan Plafon Gypsum

Selain kelebihan, tentu plafon gypsum memiliki beberapa kekurangan. Berikut adalah kekurangan material gypsum sebagai bahan plafon:

  1. Dalam banyak kasus, jika material ini rusak tidak dapat diperbaiki.
  2. Versi default plafon gypsum tidak bagus dalam mengatur kondisi kelembaban. Kecuali dilengkapi dengan lapisan tahan air baru akan mengurangi kerentanan rusak.
  3. Plafon gypsum biasa rentan cepat retak. Jadi, kamu perlu berhati-hati saat memilihnya. Oleh karena itu, disarankan untuk membelinya dari tempat yang memang ahli dalam bidang plafon gypsum.

3 Tips Perawatan Plafon Gypsum


Mau rumah kamu terlihat seperti baru dan terawat? Ada beberapa tips yang bisa kamu coba di rumah untuk menjaga kebersihan drywall & plafon gypsum.

1. Bersihkan Drywall & Plafon Gypsum Secara Teratur

Seiring berjalannya waktu, plafon gypsum di rumah kamu akan tertutup partikel debu. Jangan sampai hal ini terjadi karena lama kelamaan akan menimbulkan noda hitam pada plafon gypsum.

Langkah sederhana yang bisa kamu lakukan setelah memasang plafon gypsum di rumahmu adalah dengan membersihkan plafon gypsum secara rutin minimal dua minggu sekali. Caranya mudah, bersihkan dengan lap kering atau kemoceng yang panjang hingga mencapai plafon. Membersihkan drywall & plafon juga akan membuat sirkulasi udara dalam ruangan rumahmu lebih bersih dan segar.

2. Hindari Paparan Air

Kertas pada permukaan papan gypsum berfungsi sebagai perekat, apabila ada kerusakan pada kertas maka akan memengaruhi kekuatan papan gypsum. Hal ini termasuk ketika terkena air terus menerus akan mengakibatkan berkurangnya kekuatan papan gypsum. Selain itu juga dapat menimbulkan jamur yang nantinya akan membentuk noda hitam kekuningan dan menyebabkan kerusakan pada plafon gypsum & drywall.

Sebagai tindakan pencegahan, lakukan pengecekan secara berkala terhadap kebocoran pada atap rumah kamu agar dapat segera diatasi. Misalnya, periksa dengan menyiram atap rumah dengan air atau gunakan selang taman untuk menyemprotnya untuk mengetahui apakah ada kebocoran. Jika ditemukan kerusakan atau kebocoran, perbaiki atap kamu sebelum memasang plafon gypsum & drywall.

3. Gunakan Lapisan Tahan Air

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, plafon gypsum rentan terhadap air. Sebagai upaya perlindungan agar papan gypsum kamu aman, disarankan untuk menggunakan lapisan pelapis atau cat kedap air pada permukaan papan gypsum, terutama pada area yang rawan terkena air seperti kamar mandi dan dapur.

Baca juga: Atmosfer Alami dengan Kisi-kisi Kayu dalam Desain Ruang


Wujudkan Rumah Impian Bersama BTN Properti

Itu dia kelebihan dan kekurangan plafon gypsum serta tips perawatannya. BTN Properti memberikan banyak informasi terkait artikel yang kamu butuhkan. Tertarik untuk membaca artikel seputar properti lainnya? Kunjungi  link ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai informasi-informasi bermanfaat mengenai properti! 

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua