Spinner Icon

Inspirasi Keramik Halaman Rumah untuk Percantik Rumahmu

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 22 Mei 2023
Table of Contents:

Kecantikan sebuah rumah tidak hanya terlihat dari desain interiornya saja. Akan tetapi desain eksterior juga memegang peranan penting. Setiap ada tamu yang datang, maka pertama kali yang dilihat dan dinilai adalah area eksteriornya.


Untuk mempercantik area eksterior kamu perlu menyesuaikannya dengan desain dan ukuran rumahmu. Area eksterior rumah tersebut meliputi halaman rumah, taman, garasi termasuk furnitur, warna, bahkan keramik halaman rumah. Meski terlihat tidak penting dan sering diabaikan, ternyata motif keramik pada halaman rumah memegang peranan yang penting. Pasalnya, motif keramik bisa menentukan selera tuan rumahnya. Kini, banyak sekali motif dan desain keramik yang hadir untuk berbagai jenis rumah. Mulai dari berpola, polos, bahkan motif campuran dapat kamu temukan dengan mudah di lingkunganmu. 

Pada artikel kali ini, akan dibahas seputar inspirasi keramik yang cocok untuk halaman rumahmu. Yuk, simak artikelnya!

Key takeaways:

  • Ternyata motif keramik pada halaman rumah memegang peranan yang penting. Pasalnya, motif keramik bisa menentukan selera pemilik rumahnya.
  • Kini, banyak sekali motif dan desain keramik yang hadir untuk berbagai jenis rumah, antara lain: pola abstrak, motif kayu, klasik, motif batu alam, pola heksagonal, motif vintage, bebatuan, dan lain-lain.
  • Setiap motif keramik memiliki harga yang berbeda-beda serta jangka waktu pemakaian yang bervariasi. 


Keramik berpola abstrak

Motif keramik abstrak merupakan keramik dengan motif menyerupai pecahan atau goresan yang tidak beraturan. Motif ini kini hadir dalam berbagai warna. Mulai dari abu-abu, cokelat, putih, bahkan rose gold

Masing-masing warna tersebut memiliki berbagai kelebihan dan kekurangan. Keramik abstrak berwarna hitam elegan lebih mudah dibersihkan dibanding keramik lainnya. Keramik ini juga membuat rumahmu tidak terlihat kusam. Jenis keramik ini cocok untuk diaplikasikan pada lantai halaman rumah minimalis. Namun, motif keramik abstrak bisa kamu gunakan pada ruangan lainnya, seperti kamar tidur, ruang keluarga, kamar mandi, dan lain-lain.

Sedangkan motif keramik abstrak berwarna putih keabu-abuan juga cocok digunakan pada rumahmu. Keramik putih tidak hanya memberikan kesan bersih dalam rumahmu, tetapi juga luas dan nyaman terutama pada area halaman. Kamu juga dapat memadukannya dengan berbagai furnitur untuk mempercantik rumah. 

Campuran warna lainnya seperti warna abu-abu dengan coklat atau warna coklat dengan putih mampu menciptakan kesan elegan di dalam rumah. Keramik dengan warna netral ini dapat dengan mudah kamu padukan bersama furnitur berwarna putih gading atau coklat agar terkesan lebih luas. 

Keramik kayu

Keramik yang satu ini mungkin terdengar familiar bagimu. Pasalnya, keramik ini sering digunakan pada halaman rumah minimalis. Sekilas motif keramik kayu ini mirip dengan batu alam, hanya saja memiliki tekstur yang berbeda. Dengan menggunakan keramik bermotif kayu, halaman rumah kamu akan terlihat natural dan hangat. 

Keramik bermotif klasik

Rumah berdesain klasik tentunya tidak akan cocok jika menggunakan keramik modern. Oleh sebab itu, keramik bermotif klasik sering digunakan pada rumah dengan desain klasik yang sederhana. Umumnya, motif keramik ini berwarna kecoklatan atau putih dengan pola-pola geometri yang cukup sederhana. 

Dengan begitu, rumahmu akan terkesan lebih hangat serta lebih menarik untuk dipandang mata. Kamu bisa menambahkan kesan klasik dengan menggunakan cat tembok berwarna senada. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan furnitur tambahan seperti kursi taman, meja nakas, dan lain-lain. 


Keramik batu alam

Biasanya halaman rumah ingin dibuat lebih natural dan menyatu dengan alam. Kamu bisa menggunakan keramik bermotif batu alam untuk menciptakan batu alam. Tidak hanya terkesan natural saja, penggunaan batu alam juga dapat membuat halaman rumahmu terlihat lebih estetik. Ukuran dan warna yang disediakan juga bermacam-macam sehingga kamu mudah menyesuaikannya dengan desain rumahmu. 

Keramik pola mozaik

Motif yang satu ini sering digunakan pada bagian halaman rumah. Pasalnya, motif mozaik mampu menciptakan kesan mewah sekaligus estetik. Tidak hanya itu, keramik mozaik dapat dikombinasikan dengan berbagai pola lainnya seperti pola bunga, pola klasik, dan lain-lain. Kamu juga dapat mengkombinasikan keramik ini dengan keramik polos agar lebih bervariasi. Dengan begitu, halaman rumahmu akan terlihat selaras dan senada dengan interiornya. 

Keramik berpola heksagonal

Kamu dapat menciptakan halaman rumah yang lebih welcome dengan keramik berpola heksagonal atau segi enam berwarna coklat muda. Akan tetapi, warna-warna netral lainnya juga bisa kamu gunakan sesuai dengan desain interior rumahmu. 

Pola heksagonal sendiri terdiri dari berbagai macam. Ada yang besar dan ada yang kecil. Perpaduan warnanya sendiri juga beragam, mulai dari hitam dengan putih, coklat muda dengan kuning, dan lain-lain.

Keramik monokrom

Monokrom kerap dikaitkan dengan warna-warna netral seperti hitam, putih, abu-abu, dan lain-lain. Kamu dapat mengaplikasikan motif keramik ini pada halaman rumah agar terlihat lebih modern dan menarik. Kamu juga bisa memadukan dua warna sekaligus agar tidak terlihat monoton. 


Motif keramik silang

Dengan zaman yang semakin modern, telah muncul sebuah gaya pemasangan keramik yang unik. Kamu dapat membuat halaman rumah terlihat mewah dengan menyusun keramik pada bidang yang beda di sisi sudut. Dengan begitu, halaman rumah kamu akan terlihat lebih menarik dan tidak membosankan. Pemilihan warnanya juga dapat kamu perhatikan untuk hasil yang lebih maksimal. 

Keramik dengan motif bebatuan

Motif selanjutnya yaitu motif keramik yang paling banyak digunakan untuk rumah minimalis. Keramik dengan motif bebatuan umumnya digunakan pada halaman rumah hingga bagian garasi. Tidak hanya terkesan alami, motif ini juga dapat membuat rumah terlihat lebih simpel. 

Campuran pola-pola keramik

Generasi milenial semakin modern hingga menciptakan kehadiran keramik berikut. Keramik dengan pola campuran dibuat dengan memadukan berbagai motif sekaligus seperti motif mozaik, klasik, dan lain-lain pada bagian halaman rumah. Halaman rumah akan terlihat lebih fresh dan unik. Jangan lupa untuk menambahkan tanaman hias agar rumah terlihat lebih asri. Kamu juga dapat berkreasi sesukamu.

Keramik one colour

Tidak hanya motif, pemilihan warna keramik juga penting dalam mempercantik taman. Apabila warna keramik yang digunakan tidak cocok dengan desain maupun dinding rumahmu, hal itu tentu sangat disayangkan. 

Setiap rumah memiliki gaya dan desain yang mencerminkan selera si pemilik. Oleh karena itu, perlu membuatnya semenarik mungkin sesuai dengan seleramu. Bisa  dengan memakai keramik bertema all black agar rumah terlihat lebih simpel dan sejuk. Tambahkan kombinasi bebatuan, rumput sintetis, atau tanaman buatan di sekeliling untuk mempercantik area halaman.

Selain itu, memiliki warna yang gelap membuat motif keramik one colour ini juga cocok digunakan pada ruangan garasi.

Menggunakan warna keramik yang berbeda dengan dinding

Supaya rumah terlihat menarik dan tidak membosankan, kamu dapat memadukannya dengan keramik yang berbeda warna. Misalnya, memadukan dinding teras berwarna biru muda dengan keramik berwarna coklat. Tentu dengan begitu, halaman rumah akan terasa lebih cerah. 

Motif keramik vintage

Mungkin motif keramik yang satu ini terdengar familiar bagi kamu. Pasalnya, motif keramik vintage ini terkenal dari dulu hingga saat ini. Banyak yang menyukainya karena warnanya yang ‘seru’ serta desainnya yang sangat unik. Motif keramik vintage biasanya dipadukan dengan halaman rumah berwarna cerah seperti kuning, biru, atau mungkin merah muda. 


Dengan banyaknya motif keramik yang tersedia, pastikan memilihnya sesuai dengan selera dan desain interior rumahmu. Hal lain yang tidak kalah penting yaitu penyesuaian budget terkait keramik yang digunakan. Setiap motif keramik memiliki harga yang berbeda-beda serta jangka waktu pemakaian yang bervariasi. Oleh karena itu, sesuaikan dengan kemampuanmu. 

Baca juga: Cek Ide Jenis Taman Minimalis Untuk Buat Rumah Asri


Kesimpulan

Demikian informasi terkait inspirasi motif keramik untuk halaman rumah yang dapat kamu terapkan. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat membantu dalam mempercantik halaman rumahmu. Ingatlah untuk menyesuaikan motif keramik yang ingin digunakan dengan desain dan ukuran halaman rumah agar dapat menjadi satu desain yang selaras dan harmonis.

Ingin memperoleh informasi-informasi lainnya seputar rumah atau properti? Kamu bisa mengunjungi website kami, dimana kamu dapat memperoleh informasi mengenai properti, cara membeli rumah, program KPR, dan lainnya.

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua