Spinner Icon

Motif-motif Keramik Kamar Tidur Terkini dan Terpopuler

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 22 Mei 2023
Table of Contents:

Setiap orang tentu menginginkan rumahnya terlihat lebih menarik. Mulai dari halaman rumah, ruang tamu, hingga kamar tidur. Banyak waktu dihabiskan di dalam kamar tidur. Oleh karena itu, kamu perlu memperhatikannya. Mulai dari desain, ukuran, hingga finishing, semua perlu diperhatikan dan dipikirkan dengan baik agar penghuninya merasa nyaman.

Tahukah kamu? Keramik merupakan finishing lantai kamar tidur yang paling populer. Pasalnya, keramik tersedia dalam berbagai jenis, motif, dan warna. Keramik lantai juga memegang peranan penting dalam sebuah desain rumah. Hal itu dikarenakan motif keramik dapat membuat kamarmu terlihat lebih lega, indah, dan nyaman. 

Tidak hanya itu, keramik juga dapat memberikan nilai estetis yang unik dan tentunya tidak kalah menarik dari finishing lantai lainnya. Ingin mewujudkan rumah impian dengan nuansa indah? Yuk, simak motif-motif berikut untuk kamar yang lebih indah dan estetik!

Key Takeaways:

  • Kamar tidur merupakan ruangan utama yang penting dan selalu digunakan setiap hari. 
  • Keramik merupakan finishing lantai paling populer. Pasalnya, keramik tersedia dalam berbagai jenis, motif, dan warna. Keramik lantai juga memegang peranan penting dalam sebuah desain rumah. Hal itu dikarenakan motif keramik pilihan dapat membuat kamarmu terlihat lebih lega, indah, dan nyaman. 
  • Finishing lantai kamar tidur juga perlu kamu perhatikan. Kamu bisa mendesain dan mempercantik kamar tidurmu dengan berbagai motif keramik. 
  • Ada banyak sekali motif keramik lantai yang cocok digunakan untuk kamar tidur, yaitu: motif keramik grayscale, lantai kayu, motif geometri, motif mozaik, monokrom, marble, dekoratif, batu alam, printed, hingga motif 3D.

Keramik lantai grayscale

Sesuai dengan namanya, motif keramik yang satu ini hadir dengan warna abu-abu seperti permukaan beton dan semen. Keramik bermotif grayscale kian populer seiring semakin populernya gaya industrial. 

Keramik grayscale dapat kamu gunakan baik di indoor maupun outdoor. Kamar tidur adalah salah satu ruangan indoor yang dapat kamu aplikasikan dengan keramik lantai grayscale. Jika kamu menginginkan nuansa monokrom, gaya minimalis sekaligus modern, motif keramik grayscale cocok bagi kamarmu. Hindari penggunaan benda dengan warna kontras dalam kamar untuk memaksimalkan motif keramik grayscale.  

Keramik lantai kayu

Penggunaan lantai kayu umumnya digunakan untuk menciptakan nuansa hangat dan alami. Oleh karena itu, banyak orang yang menggunakan lantai kayu pada ruangan rumah yang umum digunakan untuk bersantai seperti ruang tamu dan kamar tidur.

Kamu bisa mengaplikasikan lantai kayu agar kamar tidur terlihat lebih natural. Hanya saja, penggunaan keramik lantai kayu memerlukan perawatan yang cukup sulit dan membutuhkan biaya yang relatif besar. 

Namun, kini keramik lantai bermotif kayu telah hadir sebagai pengganti dari kekurangan lantai kayu. Keramik lantai motif kayu juga telah hadir dengan berbagai pilihan pola serat kayu, seperti pohon pinus, kenari, ek, dan lain-lain. Kamu bisa mengkreasikan keramik lantai motif kayu sesuai dengan desain kamar dan seleramu.


Baca juga: 12 Inspirasi Desain Interior Kamar Tidur Minimalis

Motif keramik lantai geometri

Ingin menambahkan nuansa artistik modern dalam rumahmu? Kamu bisa menggunakan motif keramik geometri. Keramik lantai geometrik cocok dalam berbagai macam desain, mulai dari modern, minimalis, hingga industrial. Sesuai dengan namanya keramik ini hadir dalam berbagai bentuk geometri seperti persegi enam, segi delapan, jajar genjang dan lain-lain. 

Motif keramik lantai mozaik

Motif klasik yang satu ini tidak pernah ketinggalan zaman, hingga saat ini motif keramik lantai mozaik selalu diminati. Bermula hadir dengan motif kotak-kotak kecil dengan paduan warna yang abstrak hingga beraneka ragam motif yang dapat kamu padukan dengan desain pada kamar tidurmu. Motif lantai mozaik juga hadir dalam bentuk gambar, ukuran tiles, dan corak warna yang lebih menantang. Kamu bisa mengaplikasikan keramik mozaik pada ruang mandi di kamar tidurmu. 

Motif keramik lantai monokrom

Kombinasikan warna monokrom untuk memperindah kamarmu. Kamu dapat menggunakan warna-warna solid seperti hitam, putih, atau monokromatik. Berbagai pola juga bisa menjadi inspirasi bagi kamu dalam menatanya, seperti pola chess board, framing menggunakan keramik hitam pada bagian luar dan kemudian isi bagian tengah menggunakan keramik putih. 

Untuk memaksimalkan hasil, kamu harus mengatur pencahayaan di kamarmu dengan baik. Sebab apabila pencahayaan atau lampu yang kamu gunakan tidak cocok, maka kesan monokrom tersebut tidak akan terlihat sebagus yang diinginkan. Tile kecil berwarna hitam juga bisa kamu tambahkan pada setiap titik pertemuan keramik sebagai hiasan.

Motif keramik dengan tampilan marble

Keramik marble kini sedang diminati oleh berbagai kalangan. Pasalnya keramik ini dapat bertahan lama, mudah dibersihkan, serta hemat biaya. Tidak berhenti sampai disitu, keramik marble juga memiliki berbagai motif yang tidak kalah menarik dari jenis keramik lainnya. 

Misalnya, keramik marble bermotif bebatuan sangat cocok jika kamu ingin menciptakan nuansa sejuk di dalam kamar.


Motif keramik dekoratif

Apabila gaya minimalis bukan seleramu, gunakan motif keramik dekoratif. Motif keramik ini hadir dengan berbagai gaya dan pola yang terinspirasi dari seni seluruh penjuru dunia. Misalnya, kamu bisa menggunakan motif India klasik jika ingin memunculkan nuansa klasik di dalam kamar tidur.

Baca juga: Ini Dia 10 Inspirasi Desain Walk In Closet Mini!

Motif keramik 3-D

Motif keramik selanjutnya yaitu keramik 3-D. Keramik jenis ini menjadi cara yang menarik untuk kamu yang ingin membuat kamar terlihat semakin luas. Beragam macam pola dari keramik 3-D dapat menghasilkan ilusi sehingga terlihat lebih luas dan lapang. Tepi dan sudut keramik 3-D dapat menghasilkan pantulan cekung dan cembung yang mana memunculkan ruang ilusi.

Motif keramik batu alam

Ingin kamar terlihat mewah sekaligus natural? Kamu bisa menggunakan keramik batu alam. Jenis batu alam seperti marmer dan granit bisa menciptakan kesan mewah sekaligus natural di dalam kamarmu. Hanya saja untuk melakukan hal itu, kamu butuh menyiapkan biaya yang cukup besar.

Motif keramik printed

Ternyata kemajuan teknologi juga memberikan dampak bagi pembuatan keramik lantai. Kini keramik telah hadir dalam bentuk printed yang memungkinkanmu mengaplikasikan motif apapun yang diinginkan pada permukaan keramik lantai. Sebagai contoh, kamu bisa menambahkan motif kaligrafi atau warna-warni. Kamu juga bisa menatanya dengan gayamu sendiri. Misalnya dengan pola diagonal, atau bergantian setiap sekian jarak.  

Motif keramik dengan sentuhan etnik

Adanya berbagai budaya di dunia juga menginspirasi pembuatan keramik dengan berbagai motif etnik dari berbagai penjuru dunia. Sentuahan etnik akan membuat kamarmu mengandung kesan tradisional. Misalnya motif ukir simetrikal ala Moroko atau motif kawung yang terdapat dalam batik. Untuk mempercantik hasilnya, jangan gunakan terlalu banyak furnitur atau furnitur yang memiliki banyak motif dan warna. Kamu bisa menggunakan furnitur yang lebih sederhana atau bermotif lembut, seperti sofa abu-abu, lemari berwarna kayu, dan masih banyak lagi. 

Motif keramik abstrak

Pola abstrak yang dimaksud yaitu keramik dengan warna-warna solid, penataan yang tidak monoton tetapi teratur, bahkan campuran gradasi warna. Kamu bisa menggunakan motif yang satu ini agar kamarmu terlihat lebih hidup dan berwarna.

Motif keramik abstrak juga populer pada rumah dengan desain interior yang dinamis. Umumnya, warna-warna yang digunakan merupakan warna kontras agar tetap mempertahankan konsep yang dinamis.

Keramik lantai bata

Rumah bergaya rustic sangat cocok dengan keramik lantai bata. Hal ini dikarenakan keramik lantai bata dapat menambah nilai estetis sekaligus natural di dalam kamarmu. Umumnya, keramik lantai bata digunakan dalam ruangan terbuka. Tetapi tidak memungkiri jika keramik lantai bata juga cocok digunakan untuk ruangan tertutup. 

Baca juga: Percantik Kamar Tidur dengan BackKamar Tidur yang Kekinian


Kesimpulan

Kamar tidur merupakan salah satu ruangan dimana kamu banyak menghabiskan waktu di rumah. Oleh karena itu, kamu perlu membuat kamar tidur nyaman ditempati. Finishing lantai kamar tidur juga perlu kamu perhatikan. Kamu bisa mendesain dan mempercantik kamar tidurmu dengan berbagai motif keramik. 

Motif keramik kini sudah hadir dalam berbagai motif dan warna. Mulai dari grayscale, kayu, geometrik, mozaik, monokrom, marble, bata, dan masih banyak lagi. Berbagai motif keramik tersebut juga mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari sehingga kamu bisa segera memilihnya berdasarkan ukuran ruangan, desain kamar, atau bahkan seleramu sendiri. 

Bagaimana tanggapanmu setelah melihat deretan motif keramik di atas? Sangat menarik, bukan? Kamu dapat segera mengaplikasikannya ke dalam kamar tidurmu. 

Ingin memperoleh informasi seputar properti lainnya? Yuk, kunjungi website BTN Properti, dimana kamu dapat menemukan informasi-informasi bermanfaat lainnya seputar properti.


 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua