Spinner Icon

Kitchen Set Letter L - Desain Dapur untuk Rumah Minimalis

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 29 April 2023
Table of Contents:

Sebuah rumah dilengkapi dengan berbagai ruangan yang menunjang kehidupan penghuninya, antara lain ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, dapur, dan lainnya. Setiap ruangan memiliki fungsinya masing-masing yang penting ketersediaannya untuk para penghuni rumah. Salah satu ruang yang penting keberadaannya di rumah adalah dapur. Dapur dapat menjadi tempat di mana penghuni dapat menikmati kegiatan memasak. 

Proses menata dapur sendiri ternyata tidak semudah itu. Ada banyak faktor yang perlu kamu pertimbangkan, antara lain posisi dapur, luas dapur, arah cahaya matahari, dan ventilasi di dapur. Kamu juga harus mempertimbangkan posisi dan ukuran peralatan-peralatan di dapur mulai dari elektronik berukuran besar ataupun kecil, dan masih banyak lagi. Hal lainnya yang tidak kalah penting adalah tata letak atau bentuk desain dari kitchen set. 

Tata letak kitchen set ini dapat mempengaruhi berbagai faktor yang berperan di dapur, terutama ukuran dapur. Hal ini karena semakin kecil ukuran dapur, maka semakin sedikit pula pilihan layout yang dapat disesuaikan. Dengan memilih layout yang tepat dan sesuai dengan ukuran dapur, kamu dapat menciptakan dapur yang efisien dengan ruang gerak yang leluasa, sehingga memasak pun menjadi lebih nyaman. Oleh karena itu, penting bagi kamu yang sedang membangun rumah untuk memikirkan dengan baik bagaimana kamu ingin mengatur tata letak dan desain dapurmu dengan baik. 

Saat ini, ada banyak sekali desain dapur yang dapat diaplikasikan bagi rumah minimalis. Namun, kitchen set letter L merupakan salah satu pilihan paling populer di antara berbagai pilihan yang ada. Pada artikel kali ini, akan dibahas desain dapur Letter L yang aplikasinya kini sangat populer, terutama untuk rumah minimalis. 

Key Takeaways:

  • Kitchen set letter L adalah dapur yang berbentuk seperti huruf ‘L’ yang terdiri dari dua kaki dengan satu kaki yang lebih pendek dan satu kaki yang lebih panjang, yang dibuat dari kabinet dasar yang ditutupi dengan countertop
  • Dapur berbentuk L sangat terkenal akan fleksibilitasnya dan dapat masuk ke berbagai ukuran dapur, mulai dari kecil, sedang, dan besar. Serta cocok untuk dapur tertutup maupun terbuka.
  • Beberapa tips untuk membangun kitchen set letter L yang baik untuk rumahmu adalah dengan mempertimbangkan ukuran dapur, berani bermain dengan warna, merencanakan penyimpanan dengan baik, bermain dengan cahaya, dan membuat ruang makan. 

Apa Itu Kitchen Set Letter L?

Dapur berbentuk L kini semakin populer di kalangan pemilik rumah modern dan minimalis karena banyak alasan, diantaranya adalah sifatnya yang mudah disesuaikan, berkelas, dan nyaman. Dapur berbentuk L memanfaatkan ruang secara efektif, praktis, dan sangat mudah dirawat. Desain dapur ini terkenal ergonomis dan mudah diaplikasikan. 

Sesuai dengan namanya, kitchen set letter L adalah dapur yang berbentuk seperti huruf ‘L’. Bentuk dapur ini terdiri dari dua kaki dengan satu kaki yang lebih pendek dan satu kaki yang lebih panjang, yang dibuat dari kabinet dasar yang ditutupi dengan countertop

Kaki yang lebih panjang dari dapur ini biasanya cocok sebagai tempat untuk kompor dan beberapa ruang untuk memasak. Sedangkan kaki yang lebih pendek umumnya digunakan untuk menampung bak cuci dan satu atau dua alat, termasuk lemari es atau oven. 

Tata letak dapur berbentuk L dapat dengan mulus menggabungkan desain dapur modular yang memberikan ruang penyimpanan yang luas sekaligus memberi ruang yang cukup untuk bergerak di dapur. Dapur berbentuk L sangat terkenal akan fleksibilitasnya dan dapat masuk ke berbagai ukuran dapur, mulai dari kecil, sedang, dan besar. Serta cocok untuk dapur tertutup maupun terbuka.

Desain dapur ini adalah pilihan terbaik untuk apartemen studio, tapi juga merupakan pilihan yang cocok untuk rumah besar. Dapur berbentuk L dapat membantu kamu untuk menghemat perabotan dapur dengan menggunakan kabinet yang ada pada countertop dan dinding. Hal ini juga membantu kamu untuk mengurangi biaya yang diperlukan untuk membeli rak tambahan di dapur.

Baca juga:  Ide Desain Dapur Minimalis untuk Dapur yang Cantik dan Nyaman


Tips Desain Kitchen Set Letter L

Tertarik untuk membangun dapur berbentuk L di rumahmu? Di bawah ini adalah beberapa tips yang dapat kamu ikuti untuk menciptakan desain kitchen set letter L-mu dengan sempurna. 


1. Pertimbangkan Ukuran Dapur

Tips paling pertama dan paling utama dalam membangun kitchen set letter L-mu adalah untuk memperhatikan ukuran dan rencana dapurmu. Pastikan kamu sudah mempertimbangkan apakah dapurmu berukuran kecil, sedang, ataukah besar, apakah tertutup atau terbuka ke arah ruang tamu. 

Meskipun desain dapur modern berbentuk L bersifat fleksibel, kamu perlu mengetahui apakah ide desain yang kamu inginkan sesuai dengan batasan ruang. Sebagai contoh, kamu mungkin dapat menggabungkan meja makan ke dapur jika kamu memiliki banyak ruang untuk dapur. Namun, jika rumahmu memiliki lahan yang terbatas, misalnya di apartemen studio, kamu harus mempertimbangkan pilihan desain dapur berbentuk L yang lebih sederhana dan tidak terlalu memakan ruang. 

2. Bermainlah dengan Warna

Ada banyak pilihan skema warna yang dapat diaplikasikan untuk desain dapur berbentuk L. Oleh karena itu, bermainlah dengan warna sesuai dengan kreasimu sendiri untuk menonjolkan kepribadianmu ke dalam dapur. 

Salah satu ide skema warna yang paling umum adalah menggunakan tiga warna yang berbeda untuk meja, lemari, dan dinding. Dua dari tiga warna yang kamu gunakan bisa diterapkan warna yang kontras. Misalnya, kamu dapat menggunakan warna abu-abu untuk lemari dan rak, putih untuk bagian atas meja, dan merah muda mengkilap untuk dinding di dekat kompor. 

Opsi lain yang dapat kamu pilih adalah dengan menggunakan kombinasi dua warna. Umumnya desain yang satu ini lebih sering digunakan di open-plan kitchen. Salah satu skema warna yang cukup populer adalah kabinet dan lemari berwarna abu-abu tua dan kabinet dinding berwarna putih. Di samping kedua skema warna selanjutnya, dapur berbentuk L modern serba putih adalah salah satu desain kitchen set letter L yang paling terkenal untuk rumah minimalis. 

3. Rencanakan Penyimpanan

Sama seperti skema warna, ada beberapa pilihan desain penyimpanan yang dapat kamu pilih untuk desain dapur berbentuk L. Untuk memperluas ruang penyimpanan, salah satu hal yang dapat kamu lakukan adalah dengan menambah lemari ceiling-to-floor dan kombinasi unit rak terbuka dan tertutup. 

Selain itu, manfaatkan kabinet dan ruang rak di sekitar kompor dan bagian meja lainnya untuk fungsi yang berbeda. Di samping itu, kamu juga dapat menciptakan kesan ruang dapur yang lebih luas dengan mengecat langit-langit hingga lantai dan kabinet dinding dengan warna yang sama dengan warna dinding dominan di dapur. 

4. Bermainlah dengan Cahaya

Pencahayaan yang baik adalah salah satu hal penting yang harus dimiliki oleh sebuah dapur. Kamu dapat mengupayakan ini dengan membuat dapur memiliki paparan yang optimal kepada sumber cahaya alami, misalnya dengan membuat jendela di area dapur. Namun, jika kamu tidak memiliki cahaya alami yang cukup untuk masuk melalui jendela dapurmu, kamu dapat mempertimbangkan penggunaan lampu LED untuk mencerahkan ruangan. 

Tata letak dapur berbentuk L sendiri dirancang untuk memantulkan cahaya. Oleh karena itu, satu set LED minimalis sederhana saja sudah cukup untuk menonjolkan ruang kerja di dapur. Kamu juga dapat menggunakan lampu cut-through di bawah kabinet tinggi untuk menyoroti meja. Di samping itu, kamu juga bisa menggunakan kabinet tinggi terbuka untuk memamerkan porselen atau barang pecah belah. Untuk aplikasi kabinet seperti ini, kamu dapat menyorotnya menggunakan cahaya keemasan yang redam sehingga memberikan dapur kesan yang mewah dan berkelas. Sebagai tambahan, kamu juga bisa menambahkan dua atau tiga lampu gantung di atas island dapur dan ruang makan. 

5. Buat Ruang Makan

Kamu tidak yakin ingin memiliki island di dapur berbentuk L dan berpikir itu mungkin mengganggu kegiatan memasak? Kamu tidak perlu takut karena ruang countertop itu dapat diaplikasikan untuk hal lain, salah satunya yang dapat kamu pertimbangkan adalah membuatnya menjadi ruang makan. Ide ini dapat kamu terapkan jika kamu memiliki dapur yang besar atau lantai dengan open concept

Dengan ruang makan ini, kamu dapat menggunakan countertop sebagai tempat untuk sosialisasi antara teman dan keluarga. Ingatlah untuk menyesuaikan warna ruang makan dan kabinet-kabinet di dapur. Kamu dapat bermain dengan warna yang lebih kontras pada kursi untuk membuat ruang makan lebih menonjol. 

Baca juga: Nyaman di Dapur dengan Desain Kitchen Set Minimalis


Kesimpulan

Itulah desain dapur atau kitchen set dengan bentuk L. Menarik, bukan? Sekarang waktu memasak di dapur dengan nyaman. Kitchen set letter L dapat menjadi pilihan yang cocok bagi kamu yang memiliki dapur yang mungil ataupun besar. Kreasikan dapurmu dengan menambahkan sentuhan aksen, motif, furnitur multifungsi, dan dekorasi-dekorasi agar tampilan dapur menjadi lebih menarik dan efisien. Ingin memperoleh informasi lainnya seputar properti? Telusuri website kami untuk mengetahui lebih lanjut. 

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua