Spinner Icon

Ingin KPR tanpa Uang Muka? Cek Syarat dan Caranya

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 26 Mei 2023
Table of Contents:

Saat ini, banyak orang yang mencari cara untuk mengajukan KPR tanpa uang muka. Hal ini karena memiliki rumah menjadi impian bagi banyak orang. Namun, membeli rumah juga menjadi suatu hal yang mewah. Terlebih karena harga rumah juga semakin melambung tinggi. 

Meskipun begitu, memiliki rumah bukanlah hal yang mustahil. Banyak orang yang mengambil program KPR untuk memiliki rumah impian. Melalui pengajuan KPR, kamu dapat memiliki rumah tanpa harus mengumpulkan uang sebesar harga rumah yang ingin dimiliki. Dengan opsi cicilan dan tenor atau jangka pembayaran tertentu, kamu dapat memiliki rumah impian tanpa perlu menyediakan banyak dana. Tidak hanya itu opsi KPR juga sudah dinilai aman.

Nah saat ini membeli rumah juga menjadi semakin mudah karena beberapa bank memiliki program pengajuan KPR tanpa uang muka. Melalui program tersebut, masyarakat dapat mengajukan KPR tanpa DP sehingga tidak perlu merogoh kocek untuk uang muka.

Nah, artikel ini akan membahas apa aja sih syarat yang perlu dipenuhi untuk mengajukan KPR tanpa uang muka dan cara-cara yang bisa diterapkan untuk mengajukan KPR tanpa DP di bank? Yuk kita bahas!


Apakah KPR tanpa DP atau Uang Muka Diperbolehkan?

Mungkin banyak orang yang masih bingung bahwa apakah mengajukan kredit rumah atau pembelian rumah dengan program KPR tanpa DP diperbolehkan. Mengingat, ada banyak pengembang rumah yang mempromosikan program DP 0% atau kredit rumah tanpa DP.

Awalnya, Bank Indonesia sebagai salah satu lembaga keuangan tertinggi melarang proses mengajukan KPR tanpa DP karena adanya aturan bahwa biaya minimal DP adalah 15% dari harga rumah.

Namun, sejak 1 Agustus 2018, Bank Indonesia akhirnya memberi kelonggaran aturan terkait DP, sehingga seluruh bank di Indonesia dapat secara bebas menentukan minimal besaran nilai kredit untuk pembelian rumah nasabah.


Syarat Mengajukan KPR tanpa DP

Dengan kemudahan yang diberikan, yaitu KPR tanpa DP, tentu saja ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi pada saat pengajuan KPR. Syarat pengajuan KPR tanpa uang muka pada dasarnya sama seperti syarat pengajuan KPR pada umumnya, antara lain:

Fotokopi Kartu Identitas atau KTP

  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  • Rekening tabungan tiga bulan terakhir
  • Slip gaji tiga bulan terakhir
  • Surat keterangan kerja
  • Surat nikah
  • NPWP

Kekurangan dan Kelebihan KPR tanpa DP


Kebijakan pemerintah dan kebijakan bank yang menyediakan opsi KPR tanpa uang muka tentu membuat orang-orang yang mengalami kendala akibat biaya semakin besar menjadi lebih mudah dalam membeli rumah. Meski terlihat mudah, tetapi tentu ada konsekuensi juga. Walaupun menggiurkan, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum mengajukan KPR tanpa DP.

Karena kamu tidak perlu membayar uang muka, maka cicilan bulananmu akan menjadi lebih besar atau jangka waktu yang lebih lama. Selain itu, besarnya jumlah cicilan tiap bulannya juga mengharuskan kamu untuk memiliki penghasilan yang lebih besar juga agar semakin mudah dalam mengajukan KPR tanpa DP. Pertimbangan lain adalah memilih bank yang tepat, karena tidak semua bank memenuhi persyaratan agar dapat melaksanakan program KPR tanpa uang muka dari Bank Indonesia.

Selain itu, kamu harus menghindari adanya kredit macet. Adanya kredit macet bisa menyebabkan pengajuan KPR tanpa uang muka untuk rumahmu akan terhambat atau justru tidak diterima. Oleh karena itu, kamu perlu menyelesaikan cicilan tepat waktu agar tidak ada kredit macet dalam riwayat kreditmu.

Namun, ada beberapa kelebihan yang bisa kamu dapatkan melalui pengajuan kredit rumah tanpa DP. Kelebihan pertama adalah kamu dapat membeli rumah dengan lebih mudah. Tidak hanya itu, kamu bisa mengajukan KPR tanpa DP untuk segala tipe rumah. Mulai dari rumah tapak, ruko, rumah susun, hingga rukan. Namun itu untuk kredit rumah pertama. Sementara kredit rumah selanjutnya dibatasi hanya untuk rumah tipe 21.


Cara-Cara Mengajukan KPR tanpa Uang Muka

Setelah menyiapkan syarat untuk mengajukan KPR tanpa DP, berikut adalah cara-cara yang bisa kamu ikuti untuk pengajuan KPR 0%.

1. Pilih Rumah Impian

Sebelum datang ke bank, sebaiknya kamu tentukan terlebih dahulu apa rumah yang ingin kamu beli. Selain itu, pastikan rumah yang kamu pilih juga menyediakan fitur KPR pada sistem pembayarannya.

2. Kunjungi Bank Penyedia KPR

Setelah memilih rumah, selanjutnya kamu bisa mengunjungi bank yang menyediakan jasa KPR tanpa uang muka. Selain itu, pilihlah program KPR tanpa DP dari bank yang sesuai dengan kemampuan.

Tips lain yang bisa kamu ikuti adalah dengan memilih bank yang memiliki bunga dan cicilan yang lebih rendah. Tidak hanya itu, kamu juga bisa memilih bank dengan jumlah tenor pembayaran yang panjang sehingga memudahkan kamu dalam mencicil.

3. Ikuti Proses Penilaian Bank

Setelah kamu mengajukan KPR tanpa DP ke bank, selanjutnya pihak bank akan melakukan survei kelayakan dan riwayat nasabah. Proses ini dilakukan agar pihak bank dapat memastikan bahwa orang yang mengajukan KPR tanpa uang muka ke bank mampu untuk memenuhi kewajibannya dalam membayar cicilan. Pengecekan meliputi riwayat dari nasabah hingga BI Checking terhadap nasabah.

Baca juga: Cara Cek BI Checking Online yang Praktis dan Mudah

4. Kredit Disetujui

Setelah bank melakukan survei dan penilaian serta menentukan bahwa riwayatmu maupun BI Checking aman, bank akan menyetujui bahwa kamu dapat mengajukan KPR tanpa DP. Selanjutnya, kamu dapat membuat serta mengajukan Surat Perjanjian Kredit (SPK) serta menunggu kredit dari bank cair. Setelah itu, kamu siap untuk membeli rumah tanpa KPR.

Itu tadi langkah-langkah dalam mengajukan KPR tanpa uang muka. Ternyata mudah bukan? Sudah saatnya kamu memiliki rumah impian melalui KPR tanpa DP.


Kesimpulan

Nah, itu dia beberapa syarat dan langkah agar KPR tanpa uang muka diterima. Semoga artikel ini bisa menjawab pertanyaan kamu dan mencegah KPR kamu ditolak karena kurangnya syarat sekaligus memudahkan kamu dalam mengajukan KPR tanpa DP.

Kamu juga bisa bertanya lebih lanjut atau berkonsultasi dengan Bank BTN untuk informasi lebih lengkap terkait pengajuan KPR dengan mengunjungi kantor cabang BTN terdekat dan menghubungi BTN Call 150286 atau 1500 286 atau mengunjungi website kami. Yuk dapatkan rumah impianmu sekarang!

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua