Spinner Icon

Temukan Ide Pagar Beton Minimalis untuk Rumah Impian Kamu

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 14 Juni 2023
Table of Contents:

Hunian ideal adalah hunian yang di dalamnya terdapat sarana dan prasarana dasar yang memadai, lingkungan yang asri (sehat), aman, dan harmonis. Berbicara mengenai komponen rumah ideal, biasanya yang terbesit di pikiran kamu adalah memiliki ruang tamu yang luas, dapur dengan peralatan terkini, memiliki kolam renang, bahkan memiliki outdoor area yang luas. Rumah ideal adalah rumah yang dapat memenuhi kebutuhan penghuninya secara lengkap.

Namun, pernahkah terlintas di pikiran kamu untuk mempercantik pagar rumah? Pagar merupakan salah satu komponen penting dari sebuah rumah. Tanpa pagar, mungkin tingkat privasi rumah kamu akan menurun serta risiko-risiko keamanan juga mungkin akan timbul. Pada artikel ini, akan dibahas mengenai ide atau inspirasi pagar beton minimalis bagi kamu yang sedang atau akan membangun pagar di rumah kamu.

Key Takeaways:

  • Pagar merupakan salah satu komponen sebuah rumah, terdapat beberapa jenis pagar salah satunya adalah pagar beton minimalis.
  • Terdapat beberapa jenis pagar beton minimalis sebagai inspirasi kamu, seperti pagar beton minimalis bergaya industrial, pagar beton minimalis bergaya roster, pagar beton minimalis batu bata, dan lain sebagainya.
  • Supaya pagar beton kamu kuat dan tahan lama, beberapa tips ini dapat kamu terapkan yaitu menggunakan material pasir berkualitas, merencanakan pondasi yang kuat, dan membuat lapisan bawah yang kuat.

5 Inspirasi Pagar Beton Minimalis

1. Pagar Beton Minimalis Bergaya Industrial

Ingin memiliki desain pagar terkini? Bisa mencoba menerapkan desain bergaya industrial. Desain industrial merupakan desain yang memiliki mayoritas warna gelap atau unfurnished, sehingga akan memunculkan kesan klasik tetapi juga elegan. Pagar beton gaya industrial dapat dibuat dengan mengkombinasikan pagar beton unfurnished dan pagar kayu minimalis, sehingga akan tercipta kesan alami sekaligus elegan.


image souce: 22lasers.com

2. Pagar Beton Minimalis dengan Kombinasi Roster

Desain roster dalam pagar beton cukup digemari banyak orang, hal ini dikarenakan desain roster terlihat simpel tetapi juga tidak terlihat monoton. Jika berminat untuk melakukan desain ulang pagar beton, tidak ada salahnya untuk mencoba menerapkan pagar beton minimalis dengan kombinasi desain roster.

Kamu dapat menyesuaikan ketinggian pagar beton tersebut dengan kebutuhan.  Pastikan ketinggian pagar beton minimalis tersebut dapat menjaga privasi rumah.

3. Pagar Beton dengan Lempeng Baja Laser Cutting

Ingin menambah kesan kokoh dari pagar beton? Gunakan lempengan baja laser cutting yang dipasang di tengah pagar beton. Kamu bisa menggunakan warna abu-abu untuk warna pagar beton maupun untuk lempengan baja laser cutting. Sekilas pagar beton dengan lempeng baja laser cutting ini terlihat seperti gaya industrialis yang elegan dan modern.


image source: 22lasers.com

4. Pagar Beton Batu Bata

Batu bata dikenal di dalam dunia konstruksi sebagai salah satu komponen utama dalam pembangunan sebuah rumah. Selain untuk membangun rumah, batu bata juga dapat digunakan untuk membangun pagar rumah.

Kombinasikan batu bata dan pagar beton dengan komposisi batu bata ditempatkan di tengah-tengah bingkai pagar beton. Warna batu bata yang khas kemerah-merahan akan menambah kesan natural bagi rumah. Kamu juga bisa menambahkan aksesoris seperti lampu hias agar lebih estetik.

5. Pagar Beton Batu Alam dan Kayu


image source: 22lasers.com

Jika sebelumnya kita sudah membahas kombinasi pagar beton dan batu bata, kini kamu juga dapat mengkombinasikan material beton, batu alam, dan juga kayu secara bersamaan. Model ini cocok bagi pecinta desain natural. Pertama buat pagar beton dengan tinggi yang menyesuaikan dengan kebutuhan, lalu untuk bagian tengahnya dapat diisi dengan pola beton tuang, plat kayu, dan batu alam. 

Baca juga: Ingin Membangun Pagar Rumah? Ini 10 Inspirasi Pagar Besi Minimalis


4 Tips Meningkatkan Kekuatan Pagar Beton

Memiliki pagar yang sesuai dengan desain rumah merupakan idaman banyak orang. Akan tetapi, selain kamu harus cermat dalam memilih desain yang sesuai, perhatikan juga tips untuk meningkatkan kekuatan pagar beton supaya tahan lama. Berikut ini akan dibahas 4 tips untuk meningkatkan kekuatan pagar beton.

1. Pastikan Kamu Memilih Jenis Pasir yang Berkualitas

Komponen pasir merupakan komponen utama dalam pembuatan pagar beton. Pasir merupakan material utama dengan tingkat persentase penggunaan mencapai 60-70%. Sehingga kualitasnya pun menentukan kualitas beton. Namun, tidak semua jenis pasir cocok untuk dijadikan bahan utama pembuatan beton. Jenis pasir yang cocok adalah pasir yang tidak memiliki kadar organik tinggi, agar pagar beton tidak mudah keropos. 

Secara umum, terdapat beberapa kualifikasi yang dapat menentukan bahwa pasir tersebut cocok untuk pagar beton.

Pasir beton harus bersih, dalam kata lain tinggi endapan pasir yang kelihatan harus kurang dari 70%.

Kadar lumpur kurang atau sama dengan 5% berat.

Angka kehalusan butir terletak pada angka 2,2 - 3,2, fraksi yang lewat sebesar 0,3 mm dengan berat minimal 15%.

Pasir tidak boleh mengandung bahan organik yang dapat menurunkan mutu beton.

Untuk memastikan bahwa pagar beton memiliki tingkat keawetan yang tinggi, reaksi pasir terhadap alkali harus negatif.

2. Merencanakan Pondasi yang Kuat

Membanguan sebuah pagar terutama pagar beton tentu sangat bergantung pada ketahanan pondasi. Hal ini dikarenakan bobot dari pagar beton itu sendiri lebih berat jika dibandingkan dengan pagar besi.

Secara umum terdapat dua jenis metode pembuatan pondasi, yaitu pondasi tapak dan pondasi lajur. Pondasi tapak cocok apabila membangun pagar beton di kontur tanah yang cenderung datar, keras, dan padat, serta biaya pembuatannya juga relatif lebih terjangkau.

Namun, apabila tanah di lingkungan kamu berada dekat saluran air, tanah rawa, kontur tidak datar, maka kamu perlu menggunakan pondasi lajur. Akan tetapi biaya yang perlu dikeluarkan cukup besar.

3. Memperkuat Lapisan Bawah

Selain menentukan metode pembuatan pondasi yang tepat, kamu juga disarankan untuk memperkuat lapisan bawah agar ketika pagar beton dipasang tidak mudah roboh atau miring. Salah satu caranya dengan menggunakan beton buis agar tidak mudah terkikis air dan membuat lapisan bawah menjadi lebih kokoh.

4. Membuat Saluran Drainase

Salah satu penyebab pagar beton kerap miring atau bahkan roboh adalah pergerakan air di dalam tanah serta komposisinya yang berlebih. Sehingga tanah menjadi gembur dan menyebabkan pagar beton terutama bagian tiang menjadi bergeser.

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu dapat membangun saluran air atau drainase di sepanjang pagar beton untuk memindahkan komposisi air di dalam tanah ke dalam saluran air tersebut.


Kelebihan dan Kekurangan Pagar Beton

Pagar beton tentunya memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Berikut ini merupakan beberapa kelebihan dan kekurangan menggunakan pagar beton.

1. Kelebihan

Tahan lama. Pembuatan pagar beton bagi hunian akan memberikan kesan yang elegan. Pagar beton juga terkenal sifatnya yang tahan lama dan tidak perlu khawatir pagar berkarat atau lapuk.

Memberikan kesan industrial. Bagi kamu penyuka desain industrial, maka memilih pagar beton dapat menjadi pilihan tepat. Desain industrial biasanya mengusung warna gelap atau unfurnished yang sesuai dengan warna dasar pagar beton itu sendiri.

Perawatan yang lebih hemat. Jika menggunakan pagar besi ada kemungkinan berkarat dan patah, sehingga kamu perlu melakukan pengelasan. Pada pagar beton, biaya perawatan akan lebih hemat, kamu hanya perlu melakukan pengecatan ulang sebagai upaya perawatan pagar beton.

2. Kekurangan

Harga yang relatif lebih mahal. Membangun sebuah pagar beton tidak dapat dipungkiri memerlukan biaya lebih, karena material utama yang digunakan adalah pasir yang kita ketahui bersama memiliki harga yang tidak murah. Selain itu, membuat pondasi yang kuat juga memerlukan biaya lebih.


Baca juga: Yuk, Kenali Desain Pagar Bambu Minimalis yang Populer!

Kesimpulan

Demikianlah beberapa inspirasi pagar beton minimalis beserta dengan tips merawat, kelebihan dan kekurangan yang perlu kamu ketahui, Pada dasarnya, memiliki hunian yang nyaman adalah impian banyak orang. Karena hunian merupakan tempat di mana kita akan beristirahat dari kesibukan sehari-hari. Maka dari itu, tidak ada salahnya bagi kamu apabila ingin berkreasi dalam mewujudkan hunian yang aman dan nyaman.

Ingin mewujudkan hunian impian kamu? Rencanakan dan ajukan KPR kamu ke Bank BTN untuk mewujudkan hunian impian kamu. Klik di sini untuk informasi lebih lanjut.

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua