Spinner Icon

Kumpulan Inspirasi Rak Buku Dinding Kekinian dan Estetik

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 9 Juni 2023
Table of Contents:

Buat kamu yang senang membaca dan mengoleksi buku, bisa jadi koleksi bukumu terus bertambah. Akan menyenangkan jika melihat buku-buku favoritmu terpajang rapi. Merupakan kesenangan tersendiri juga apabila ruangan berisi deretan buku favoritmu tersusun rapi layaknya seperti perpustakaan. Tidak hanya itu, buku yang tersusun rapi bisa memperindah suatu ruangan.

Oleh sebab itu, kamu memerlukan tempat untuk menyimpannya. Salah satu alternatif yang paling sering digunakan yaitu rak buku dinding. Rak buku dinding sendiri tidak hanya berfungsi sebagai tempat penyimpanan buku, tetapi juga dapat dijadikan elemen tambahan agar rumahmu semakin terlihat estetis. Namun, penataan rak buku dinding juga perlu diperhatikan agar tidak membuat rumahmu sempit, berantakan bahkan membosankan. 

Bingung ingin meletakkan rak buku dinding seperti apa? Tenang saja, artikel ini akan membantumu. Artikel berikut akan membahas seputar inspirasi rak buku dinding, mulai dari jenis raknya hingga penempatan dan modelnya. Jadi tunggu apalagi? Mari simak artikel berikut!

Key Takeaways:

  • Rak buku dinding tidak hanya berfungsi sebagai tempat penyimpanan buku, tetapi juga dapat dijadikan elemen tambahan agar rumahmu semakin terlihat estetis.
  • Namun, penataan rak buku dinding juga perlu diperhatikan agar tidak membuat rumahmu sempit, berantakan bahkan membosankan. Penataan dan penempatan rak buku dinding yang tepat dapat membuat keinginan membacamu meningkat.
  • Beberapa desain rak buku dinding yaitu rak ambalan, built-in bookshelf, rak buku berupa sekat ruangan, rak buku berbentuk tangga, dan rak buku minimalis.

Pilihan Desain Rak Buku Dinding

1. Built-In Bookshelf

Rak buku built-in dibuat dan dirancang secara kustom. Pada umumnya rak buku sebagai bagian dari dinding dan disesuaikan dengan ketinggian plafon suatu ruangan. Apabila kamu memiliki koleksi buku yang berjumlah banyak, maka rak ini sangat cocok bagimu. Hanya saja untuk menciptakan rak ini, membutuhkan proses yang cukup sulit. 

2. Rak Ambalan

Rak ambalan merupakan rak buku dinding yang paling sederhana dan praktis untuk kamu gunakan. Rak ambalan juga dapat kamu temukan di lingkungan sekitarmu. Bahkan, kamu juga bisa membuatnya sendiri. Pasalnya, rak ambalan hanya terbuat dari sebuah papan kayu dengan penyangga yang nantinya akan diinstal pada dinding rumahmu. Penggunaan rak ambalan juga dapat disesuaikan dengan ukuran ruanganmu serta berapa banyak buku yang dimiliki. 

Jika kamu ingin membuatnya sendiri, perlu diingat untuk membuat bahwa ketebalan kayu serta penyangga harus kokoh agar dapat menyangga buku-buku yang terletak di atasnya. Kamu juga bisa menambahkan pembatas atau bookend pada bagian pinggir untuk menahan agar buku dapat berdiri tegak dan tidak jatuh.


3. Sekat ruangan berupa rak buku

Kamu juga bisa menjadikan rak buku untuk memisahkan ruangan di rumahmu. Umumnya rak buku sekat ruangan memiliki ukuran yang cukup besar, seta memiliki kompartemen yang cukup banyak dan beragam jenisnya. Kamu bisa menaruh pajangan atau dekorasi lainnya untuk menambah estetika ruangan.

4. Rak laci lengkap sederhana

Rak buku kini juga hadir dengan laci sederhana di bagian bawahnya. Kamu bisa menyimpan berbagai barang pada laci tersebut. Selain menghemat ruangan, rak buku ini juga dapat membuat ruangan terlihat lebih menarik. Terdapat berbagai warna rak, mulai dari yang cerah hingga monokrom sekalipun. Oleh karena itu, kamu bisa menyesuaikannya dengan desain rumahmu. 

5. Rak buku window seating

Rak yang satu ini akan cocok bagi kamu para pecinta buku. Dengan menghadirkan spot khusus untuk kamu menikmati membaca buku. Umumnya rak buku window seating diletakkan pada area samping jendela atau sudut menarik dalam suatu rumah. 

Rak buku dinding dirancang menyesuaikan window seating dengan sistem custom built-in. Dengan begitu, kamu bisa menggunakan area duduk yang dikelilingi langsung dengan tatanan buku milikmu. Rumah akan terasa lebih hidup dan estetik dengan hadirnya rak buku dinding dengan window seating ini. 

6. Rak buku melayang

Dengan bentuk yang terlihat seperti buku seakan sedang melayang, rak ini populer bagi pemilik rumah minimalis. Pasalnya dengan rak buku ini, ruangan akan terlihat lebih sederhana tetapi juga unik. Penahan rak buku ini tetap kokoh walaupun memiliki ukuran yang kecil.

7. Rak buku berbentuk tangga

Rak buku minimalis yang satu ini memiliki bentuk yang unik menyerupai tangga. Akan tetapi, rak ini tidak bisa dijadikan sebagai tangga sesungguhnya. Rak ini cocok dijadikan rak buku ataupun rak pajangan dalam ruangan. Tidak hanya terlihat menarik, ruanganmu juga akan terlihat lebih estetik jika menggunakan rak ini.

8. Rak buku dinding minimalis

Rak buku minimalis dapat digunakan dalam berbagai desain rumah. Mulai dari desain rumah minimalis, modern, maupun industrial. Beragam rak buku dinding minimalis juga hadir dengan sistem knock down. Sistem knock down memberikan kebebasan bagi pembelinya untuk merakit rak buku dindingnya sendiri sesuai dengan keinginannya sehingga praktis dan mudah dipindahkan. Tidak hanya itu, rak buku ini juga hadir dengan desain ukuran yang bervariasi, yang bisa kamu sesuaikan dengan seleramu. 


Baca juga: Kupas Tuntas Rak Dinding Kayu, Cocok untuk Hunian Minimalis


Demikian beberapa desain rak buku dinding yang dapat kamu pertimbangkan. Dengan beberapa pilihan desain yang tersedia, jangan lupa untuk menyesuaikan rak buku dinding dengan area rumah. Berikut beberapa tips terkait rak buku yang bisa kamu terapkan: 


Cara Untuk Memaksimalkan Ruang Rak Buku

Untuk memaksimalkan ruang rak buku, kamu bisa menggunakan berbagai area dalam rumahmu. Kamu bisa gunakan sebagai ruang penyimpanan ekstra untuk buku-buku kesukaanmu, seperti ruang bawah tangga. Bahkan beberapa furnitur telah menyediakan ruang untuk penyimpanan, seperti rak di bawah bangku, rak di bawah kasur, dan masih banyak lagi.


Bagaimana Cara Agar Rak Buku Terlihat Menarik?

Hal yang paling utama dalam menciptakan rak buku adalah mengukur ruang kosong yang tersedia. Jangan menyimpan buku terlalu penuh di dalam raknya. Selain itu, kamu juga bisa menyimpan buku dengan berbagai cara. Misalnya, buku tidak harus selalu disimpan secara horizontal. Kamu bisa menggunakan perpaduan secara horizontal dan vertikal. Perpaduan keduanya bisa membuat ruangan beserta rak buku lebih menarik dan bergaya. 

Kamu juga dapat menyimpan buku berdasarkan ketinggian. Penataan buku seperti itu dapat menambah estetika ruangan. Tidak hanya itu, kamu juga dapat menyimpan buku sesuai dengan ukurannya, seperti buku besar dan kecil. Penataan berdasarkan warna juga bisa kamu lakukan agar terlihat lebih menarik dan teratur. 

Baca juga: Percantik Kamarmu dengan Ragam Kreasi Rak Dinding Kamar


Kesimpulan

Itulah desain rak buku dinding. Menarik, bukan? Kreasikan rak buku dinding dengan menambahkan sentuhan aksen, motif, dan dekorasi agar tampilan rak buku dindingmu menjadi lebih menarik. Rak buku dinding juga dapat menjadi pilihan bagi kamu yang memiliki rumah minimalis dan senang mengoleksi buku. 

Kunjungi website BTN Properti untuk inspirasi rumah lainnya dan berbagai program KPR. Klik link ini!

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua