Spinner Icon

Kupas Tuntas Rak Dinding Kayu, Cocok untuk Hunian Minimalis

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 11 Juni 2023
Table of Contents:

Rak dinding kayu merupakan salah satu furnitur yang diminati oleh banyak orang karena desainnya yang cocok digunakan bagi rumah klasik hingga modern. Rak dinding memiliki banyak fungsi, serta dapat kamu kreasikan sesuai kebutuhan. Rak dinding kayu hadir dengan berbagai motif dan tekstur. 

Pada artikel kali ini, akan dibahas lebih dalam mengenai fungsi rak dinding kayu, cara memilih, merawat, serta contoh rak dinding kayu yang bisa kamu gunakan. Mari simak lebih lanjut pembahasan berikut. 


Key Takeaways:

  • Rak dinding kayu memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan di ruangan dan mempercantik dekorasi interior rumah.
  • Cara memilih rak dinding kayu adalah sesuaikan ukuran rak kayu dengan barang yang akan disimpan, periksa kemudahan penyusunan rak, dan perhatikan kemudahan dalam merakitnya.
  • Cara merawat rak dinding kayu adalah letakkan di tempat kering, bersihkan dengan cairan pembersih material kayu, dan lapisi dengan pengkilap furnitur.
  • Contoh rak dinding kayu yang bisa digunakan adalah rak geometris, rak chevron, dan rak ambalan.

Fungsi Rak Dinding Kayu

Saat ini penggunaan kayu pada furnitur rumah sudah umum ditemukan pada rumah dengan gaya interior minimalis scandinavian maupun japandi. Menggunakan furnitur berbahan dasar kayu juga menambah suasana natural dalam ruangan. Untuk itu beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan apabila menggunakan rak dinding berbahan kayu adalah:

1. Penyimpanan Ekstra di Ruangan

Fungsi utama dari sebuah rak tentu saja sebagai tempat penyimpanan, jika dibutuhkan dengan kapasitas ekstra tanpa memakan banyak ruang. Kamu bisa menyusun rak sesuai keinginan, kemudian meletakkan berbagai benda pada rak sehingga tersusun rapi bahkan bisa dijadikan sebagai dekorasi ruangan. Mengingat benda di rumah akan bertambah seiring waktu, sehingga kehadiran rak dapat membantu menunjang efisiensi rumah.

2. Solusi Hemat Ruang bagi Rumah Kecil

Memiliki ruang kecil membuat kita memikirkan beragam upaya agar hadirnya furnitur tidak menambah kesan sempit pada ruangan. Kamu bisa menggunakan berbagai jenis rak dengan ukuran yang disesuaikan. Hadirnya rak fungsional juga bisa menghemat ruang sehingga terlihat lebih luas. Seperti misalnya menggunakan rak vertikal, rak ambalan, maupun rak tanam pada dinding dapat membuat kamu bisa menghemat banyak area lantai. 

Baca juga: Ini Dia Inspirasi Gaya Rumah Mungil Namun Tetap Nyaman

3. Dekorasi Percantik Interior

Beberapa inspirasi rak bisa kamu gunakan dalam ruangan diantaranya adalah rak geometri heksagonal, lingkaran, rak pola seperti chevron, hingga modifikasi rak dengan lampu LED. Desain rak yang semakin inovatif dapat menambah nilai bagi interior ruangan bahkan menjadi focal point. Untuk itu rak bisa juga menjadi dekorasi ruangan yang fungsional. 


Cara Memilih Rak Dinding Kayu 

Rak berbahan kayu banyak digunakan karena memberi kesan natural. Ada berbagai jenis kayu dan desain yang bisa digunakan untuk membuat rak sehingga menambah kesan estetik pada ruangan rumahmu. Mari simak tahapan dan apa saja yang perlu kamu perhatikan dalam membuat rak dinding kayu.

1. Sesuaikan ukuran rak kayu dengan barang yang akan disimpan

Dalam membeli atau merancang rak kayu, tentu kamu sudah memiliki tujuan akan menyimpan barang apa saja pada rak tersebut. Untuk itu penting bagi kamu memastikan ukuran rak kayu yang sesuai agar barang dapat tersimpan dengan baik dalam rak tersebut. Ada beberapa poin yang bisa kamu perhatikan, yaitu:

  • Rak buku: Pilih rak yang sedikit lebih tinggi dari ukuran buku terbesar yang kamu miliki
  • Rak pajangan: Pilih ukuran rak yang cukup tinggi karena ukuran pajangan yang sangat beragam
  • Rak tanaman: Apabila tanaman yang digunakan terus tumbuh, kamu bisa menyesuaikan ukuran maksimal yang kamu mau dari tumbuhan 
  • Rak koleksi: Rak ini banyak digunakan oleh kolektor. Kamu bisa menyesuaikan jenis koleksi yang disimpan, usahakan menggunakan rak yang tidak terlalu besar agar koleksi tidak mudah tergeser, jangan juga terlalu sempit untuk menghindari koleksi saling tergores

2. Periksa kemudahan penyusunan komposisi rak apabila lebih dari satu

Menggunakan rak tak hanya bisa menyimpan banyak benda, tetapi juga memperindah ruangan. Jika ingin menggabungkan beberapa rak, pilihlah desain yang serasi dan rapi sehingga tidak saling mengganggu. Ada rak yang memang dibuat dengan fungsi penggabungan sejak awal. Saat kamu memilih rak jenis demikian, rak akan mudah disambungkan dengan rak lainnya.

Supaya terlihat lebih indah, kamu bisa mengecat tiap rak dengan warna berbeda. Kamu juga bisa mengatur posisi rak dengan kombinasi tinggi dan rendah sesuai dengan selera. Sebagai informasi, ada beberapa desain rak yang bisa digabung pada bagian atasnya, tidak hanya di bagian samping. Pilihlah rak yang paling sesuai dengan ruangan kamu!

3. Perhatikan kemudahan dalam merakitnya

Setiap tipe rak memiliki cara rakit yang berbeda. Apabila kamu membeli rak secara online, umumnya kamu akan perlu merakit sendiri karena bagian-bagian rak yang dibuat terpisah dalam kemasan. Namun, tentu ada saat dimana rak tidak mudah dirakit.

Dalam merakit ikuti juga petunjuk dari buku panduan. Sediakan obeng atau palu, perhatikan juga jumlah sekrup dan paku yang didapat. Apabila kamu membeli secara online kamu bisa melihat review pembeli lainnya.

Baca juga: Percantik Kamarmu dengan Ragam Kreasi Rak Dinding Kamar


Tips Merawat Rak Dinding Kayu


Setelah menemukan rak kayu yang cocok, saatnya mempelajari bagaimana merawat rak kayu tersebut. Beberapa jenis kayu tentu memiliki jenis penanganan dan perawatan berbeda, namun secara umum kamu dapat melakukan perawatan berikut agar rak dinding kamu bertahan lama.

1. Letakkan di tempat kering dengan suhu cukup

Saat mulai mendesain interior ruangan, tentu kamu akan menentukan peletakan rak dinding kayu. Tahap ini menjadi penting, karena sebaiknya rak dinding kayu diletakkan pada tempat kering dengan suhu yang tepat. Suhu terlalu panas dapat membuat kayu mengering dan menyusut sehingga menimbulkan retakan pada lapisan kayu, sedangkan udara lembab bisa memicu tumbuhnya jamur atau rayap. Untuk itu hindari meletakkan di luar ruangan yang rentan terpapar hujan. 

2. Bersihkan dengan cairan pembersih material kayu

Hindari membersihkan furnitur kayu menggunakan cairan kimia karena sifatnya yang keras justru merusak permukaan kayu. Sekarang sudah banyak jenis cairan pembersih material kayu yang dapat kamu beli dengan mudah. Bersihkan furnitur kayu secara berkala atau segera saat terkena tetesan air. Lap menggunakan kain dengan serat halus, serta dapat menyerap air dengan mudah sehingga menghilangkan cairan dan noda dengan baik. Kemudian biarkan beberapa saat sebelum menyusun barang kembali ke rak kayu.

3. Lapisi dengan pengkilap furnitur

Material kayu tentu akan berubah tampilan seiring waktu. Kamu bisa menjaga tampilan rak kayu tetap mengkilap dengan memberikan kelembaban yang tepat, seperti menggunakan cairan pengkilap furnitur. Cairan pelapis furnitur tersedia dalam berbagai bentuk, seperti minyak atau lotion. Kamu juga bisa melakukan pengecatan ulang rak untuk menjaga tampilan rak.


Inspirasi Rak Dinding Kayu

Berikut beberapa inspirasi desain rak dinding kayu yang bisa kamu gunakan, sekaligus menghemat area rumah, cocok bagi rumah minimalis.

1. Rak Geometri

Rak ini bisa kamu kombinasikan dari berbagai bentuk seperti lingkaran, segi 6, segi 8, hinggal lingkaran. Kombinasi rak ini akan menambah nilai keindahan dalam ruangan.

2. Rak Chevron

Rak chevron dengan pola dasar segitiga akan memberikan kesan menarik dan mempercantik dinding dengan bentuknya yang unik. Rak ini dapat kamu gunakan untuk meletakkan barang kecil maupun antik.

3. Rak Ambalan

Dengan bentuknya yang melayang seolah tanpa bracket, rak ambalan akan memberi kesan minimalis pada ruangan. Rak ini biasa disebut dengan floating shelf atau shelves. 

Baca juga: Kumpulan Inspirasi Rak Buku Dinding Kekinian dan Estetik


Kesimpulan

Demikian inspirasi rak dinding kayu yang bisa kamu gunakan untuk menyimpan berbagai benda dan menghias ruangan. Perhatikan untuk memilih rak yang sesuai dengan desain interior rumah dan kebutuhanmu. Ingin memperoleh informasi seputar properti lainnya? Dapatkan informasi bermanfaat seputar properti lainnya melalui website BTN Properti

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua