Spinner Icon

Inspirasi Ruang Kerja Minimalis di Kamar yang Nyaman untuk Bekerja

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 4 Desember 2023
Table of Contents:
  • Ruang Kerja Minimalis di Kamar
  • Ide Desain Ruang Kerja Minimalis di Kamar
  • 1. Desain Warna Putih
  • 2. Menambahkan Rak Multifungsi
  • 3. Floating Desk
  • 4. Menggunakan Single Table
  • 5. Manfaatkan Meja Sebelah Kasur
  • 6. Memasang Tirai
  • 6. Desain Ruang Kerja Natural
  • 7. Pemilihan Warna yang Hangat
  • Tips Membuat Ruang Kerja Minimalis Agar Nyaman
  • 1. Perhatikan Pencahayaan
  • 2. Utamakan Kenyamanan
  • 3. Suasana yang Tenang
  • 4. Rak Penyimpanan Multifungsi
  • 5. Dinding yang Memiliki Dekorasi
  • Kesimpulan


Ruang kerja adalah salah satu aspek penting agar penghuni rumah merasa nyaman saat bekerja di rumah. Ruang kerja minimalis di kamar belakangan ini kembali dicari oleh banyak orang. Lantaran, konsep minimalis berhasil menerapkan suasana nyaman untuk bekerja.

Selain itu, bekerja juga menjadi salah satu hal produktif yang sudah seharusnya dijaga kreativitasnya. Jika kamu ingin memiliki ruang kerja minimalis di kamar, kamu perlu melihat beberapa aspek.

Salah satunya yakni desain kamar, furnitur yang digunakan, hingga ide atau inspirasi membuat kamar minimalis menjadi tempat nyaman untuk bekerja. Pada artikel ini, kami akan mengulas mengenai ruang kerja minimalis di kamar.


Key Takeaways:

  • Ruang kerja adalah salah satu hal yang harus dijaga kenyamanannya. Tidak harus di kantor, ruang kerja minimalis bisa kamu ciptakan di dalam kamar.
  • Selain itu, ruang kerja juga perlu diperhatikan desainnya agar tidak monoton dan semakin membuat kamu produktif.
  • Beberapa inspirasi desain untuk ruang kerja minimalis di kamar adalah desain nature, art, hingga modern minimalis.

Ruang Kerja Minimalis di Kamar

Mendengar kata ruang kerja, pasti yang terbesit di dalam pikiran kamu adalah kenyamanan. Tak hanya itu, ruang kerja dengan desain yang tepat tentunya akan semakin menambah mood serta produktivitas kerja. Seringkali banyak orang menganggap bahwa ruang kerja minimalis hanya bisa diciptakan di kantor. Padahal nyatanya ruang kerja dapat diciptakan di mana saja, salah satunya kamar.

Umumnya, ruang kerja dipahami sebagai ruang yang dilengkapi dengan beberapa benda seperti meja, kursi, komputer, laptop, dan barang lainnya yang mendukung pekerjaan tersebut. Berbeda dengan ruang kerja minimalis.

Ruang kerja minimalis menerapkan desain yang simpel dan terkesan tidak banyak memakan tempat. Sehingga kamu tidak perlu khawatir jika memiliki ruangan yang sempit. Jika kamu tipe orang yang gemar bekerja di dalam kamar, berikut beberapa inspirasi desain ruang kerja minimalis di kamar yang dapat kamu adaptasi.


Ide Desain Ruang Kerja Minimalis di Kamar


Bagi kamu yang memiliki ruang kamar yang sempit, mungkin ide ini bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat. Berikut beberapa desain ruang kerja minimalis di kamar.

1. Desain Warna Putih

Putih menjadi warna universal yang netral serta sering digunakan oleh siapa saja. Mulai dari warna cat dinding kamar mandi hingga dapur. Kamu juga bisa menerapkan warna putih untuk mendesain ruang kerja minimalis di kamar.

Warna putih juga termasuk sebagai warna andalan, dan terkesan memiliki warna yang bersih serta elegan. Kamu bisa mendekorasinya dengan menambahkan figura atau tanaman hias. Letakkan pula rak meja sederhana.

2. Menambahkan Rak Multifungsi

Rak multifungsi juga mampu mempercantik ruangan kerja minimalis di kamar. Kamu bisa memilih rak multifungsi berwarna cokelat. Kemudian, taruhlah beberapa benda penting di sana. Misalnya seperti buku, alat tulis, notes kecil, atau speaker untuk memutar musik.

3. Floating Desk

Jika kamu melihat bahwa kamar kamu sudah tertata rapi, kamu bisa menambahkan floating desk sebagai meja kerja minimalis dan estetik. Caranya yakni cukup membeli floating desk berwarna putih. Mengapa harus warna putih? Karena warna tersebut cocok untuk diaplikasikan pada ruangan apa saja.

Selanjutnya, hiasi dinding di depan floating desk dengan beberapa gambar atau poster kecil. Sehingga meja kerja kamu tidak terkesan monoton, tambahkan pula lampu belajar dan laptop di atas meja kerja. Jangan lupa untuk menggunakan kursi yang nyaman.

4. Menggunakan Single Table

Bagi kamu yang memiliki kamar sempit, desain yang satu ini cocok untuk diterapkan. Terkadang, kamar sempit juga dipengaruhi oleh banyaknya barang di kamar. Oleh karena itu, penerapan single table ini tidak akan membuat kamar terlihat penuh.

Single table yang dimaksud adalah meja yang cukup untuk meletakkan laptop dan lampu tambahan saja. Sehingga tidak akan mengganggu kamu dengan adanya banyak barang di meja.

5. Manfaatkan Meja Sebelah Kasur

Setiap orang pasti mempunyai meja di sebelah kasur. Entah itu untuk menaruh handphone atau yang lainnya. Kamu bisa memanfaatkan meja di sebelah kasur untuk bekerja. Tidak perlu meja yang besar, asalkan cukup untuk meletakkan laptop dan lampu tambahan.

6. Memasang Tirai

Salah satu gangguan saat bekerja di kamar adalah kasur. Mungkin kamu juga pernah mengalami hal ini. Maka dari itu, salah satu cara yang dapat digunakan agar tidak gampang terdistraksi adalah memasang pembatas alias tirai.

Tirai yang dipakai juga tidak boleh sembarang warna, kamu perlu mencocokan dengan desain kamar minimalis. Usahakan tirai tersebut menutupi are kasur, supaya tidak mudah terlihat.

6. Desain Ruang Kerja Natural

Kesan natural dapat kamu ciptakan pada ruang kerja. Cara gampangnya adalah dengan menambahkan beberapa tanaman hias di dalam pot. Selain itu, gunakan juga furnitur berwarna cokelat untuk menambah kesan natural.

Konsep ini tidak akan terkesan membosankan meski minimalis. Selain itu, ruangan juga akan terlihat lebih segar dan nyaman. Gunakan warna-warna netral agar semakin memperindah tampilan ruang kerja.

7. Pemilihan Warna yang Hangat

Pemilihan warna dalam menciptakan ruang kerja juga berpengaruh. Kamu bisa memilih beberapa warna yang hangat untuk desain ruang kerja. Warna tersebut di antaranya adalah oranye, biru, cokelat, hijau, hingga putih.

Warna tersebut mampu membuat kamu lebih produktif dan aktif. Selain itu juga membuat pikiran lebih fresh dan menciptakan ketenangan. Kekuatan warna-warna itu mampu menciptakan keharmonisan di dalam kamar kamu.

Baca juga: Desain Meja Kerja Minimalis yang Inspiratif


Tips Membuat Ruang Kerja Minimalis Agar Nyaman


1. Perhatikan Pencahayaan

Cahaya merupakan salah satu unsur penting dalam desain ruang kerja minimalis. Pilihlah area yang mendapatkan pencahayaan baik, untuk dijadikan ruang kerja minimalis di kamar. Idealnya, kamar memiliki jendela luar untuk memperoleh pencahayaan alami yang berlimpah.

Pilih area dekat jendela sebagai ruang kerja minimalis. Namun apabila kamar kamu tidak memiliki jendela, pilihlah area yang mendapatkan cahaya lampu yang memadai. Kemudian, tambahkan lampu sekunder berupa task lamp di meja kerja, untuk memaksimalkan penerangan.

2. Utamakan Kenyamanan

Saat menentukan furnitur untuk ruang kerja, pastikan kamu memilih sesuai dengan kebutuhan dan preferensi ketika bekerja. Pilihlah kursi kerja yang memiliki bantalan empuk dan ukuran yang sesuai dengan tinggi badan. Hal ini akan menjaga kenyamanan ketika harus duduk bekerja dalam waktu yang lama.

Namun jika kamu lebih menyukai duduk di lantai, tidak ada salahnya memilih desain ruang kerja minimalis di kamar dengan kursi lantai atau kursi rendah. Jangan lupa sesuaikan desain meja kerja dengan kursi pilihan serta ukuran keseluruhan ruang kerja minimalis.

3. Suasana yang Tenang

Konsentrasi adalah salah satu hal yang diperlukan ketika bekerja. Untuk mendapatkannya, kamu perlu menciptakan suasana ruang kerja yang jauh dari kebisingan pun dibutuhkan. Oleh karena itu, untuk ruang kerja minimalis di kamar, pilihlah area yang menyudut dan tidak berbagi dinding dengan ruangan lain. Bila perlu kamu bisa memasang peredam suara, karena dapat membantu kebisingan lebih teredam. Selain itu juga suasana ruang kerja semakin tenang.

4. Rak Penyimpanan Multifungsi

Penggunaaan furnitur multifungsi akan membantu kamu menghemat ruang, karena tidak perlu meletakkan banyak furnitur berbeda untuk mengakomodasi kegiatan di kamar dan ruang kerja. Untuk ruang kerja minimalis di kamar, kamu bisa meletakkan sebuah rak multifungsi untuk menyimpan buku, dokumen, alat tulis, dan barang keperluan kerja lainnya.

Pilihlah rak model terbuka dan tertutup, sehingga penggunaannya bisa lebih fleksibel untuk menyimpan berbagai jenis benda di dalamnya. Rak buku tersebut bisa dimanfaatkan sebagai partisi pemisah antara ruang kerja dengan kamar tidur.

5. Dinding yang Memiliki Dekorasi

Sentuhan terakhir yang dapat diterapkan adalah dekorasi. Perhatikan jenis dekorasi yang akan ditambahkan. Kamu bisa meletakkan bingkai foto maupun pajangan-pajangan kecil di meja kerja.

Namun, untuk dekorasi yang berukuran besar perlu memiliki proporsi terhadap ukuran ruang secara keseluruhan. Jangan sampai dekorasi tersebut merusak desain ruang kerja minimalis kamu. Apalagi hingga membuat kamar terlihat sesak.

Cara mudahnya adalah dengan melapisi bagian dinding ruang kerja minimalis, menggunakan chalkboard. Kemudian, hiasi dengan gambar-gambar menarik lalu tempelkan beberapa dekorasi untuk membangkitkan mood.

Baca juga: 12 Inspirasi Desain Interior Kamar Tidur Minimalis


Kesimpulan

Setiap orang menginginkan ruang kerja yang nyaman, baik di rumah atau pun di kamar. Maka dari itu, kamu tidak bisa sembarang melakukan desain ruang kerja minimalis. Ada beberapa hal yang harus dipahami.

Kunjungi website kami untuk mendapat informasi seputar desain interior rumah hingga seputar properti.


 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua