Spinner Icon

Simak 7 Trik Desain Interior Ruang TV Impian!

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 8 Agustus 2023
Table of Contents:
  • 7 Inspirasi Desain Interior untuk Ruang TV
  • 1. Ruang TV Desain Minimalis
  • 2. Ruang TV Memanjang dengan Taman Kering
  • 3. Ruang TV dengan Sofa Lesehan
  • 4. Ruang TV Terbuka untuk Rumah Minimalis
  • 5. Ruang TV dengan Paduan Sofa Berbentuk L
  • 6. Ruang TV Bersamaan dengan Ruang Tamu
  • 7. Ruang TV di Pojok Ruangan
  • 4 Ide Dekorasi untuk Ruang TV Minimalis
  • 1. Tambahkan Pengharum Ruangan
  • 2. Indirect Lighting pada Bingkai TV
  • 3. Tambahkan Dekorasi di Sudut Ruangan
  • 4. Tambahkan Pohon Estetik dan Rak Gantung
  • Kesimpulan

Bagi masyarakat perkotaan rumah sudah dianggap sebagai tempat di mana beristirahat dari aktivitas sehari-hari. Hal ini menyebabkan tidak sedikit orang yang terlihat sangat totalitas dalam membangun rumah impian, termasuk di dalamnya dilengkapi dengan ruangan-ruangan yang dapat membuat nyaman setiap penghuninya.

Desain dan ambience dapat memberikan kesan nyaman pada hunian. Untuk dapat menciptakan kenyamanan, terdapat banyak cara yaitu diantaranya dengan memberikan dekorasi pada masing-masing ruangan, seperti ruang keluarga, dapur, ruang makan, hingga ruang TV

Dalam artikel ini, akan dibahas lebih lanjut mengenai desain interior yang dapat kamu gunakan untuk ruang TV. Ruang TV merupakan salah satu ruangan yang cukup penting di dalam sebuah rumah, karena biasanya ruang TV menjadi tempat berkumpulnya anggota keluarga. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk menciptakan ruang TV dengan senyaman mungkin, bukan?

Berikut ini merupakan tips desain interior untuk ruang TV impian kamu.

Key Takeaways:

  • Memiliki ruang TV ideal merupakan impian banyak orang, terlebih ruang TV sering dijadikan salah satu ruang berkumpul bagi keluarga.
  • Terdapat beberapa inspirasi ruang TV, seperti desain minimalis, dengan taman terbuka, menggunakan sofa lesehan, dan lain sebagainya.
  • Adanya dekorasi-dekorasi tambahan juga akan membuat ruang TV semakin nyaman untuk dihuni.

 

7 Inspirasi Desain Interior untuk Ruang TV

1. Ruang TV Desain Minimalis

Apakah kamu memiliki sebuah keluarga kecil atau merupakan pasangan yang baru menikah? Jika demikian, salah satu desain ruang TV yang cocok untuk kamu dan keluarga adalah ruang TV dengan desain minimalis. Ruang TV dengan desain minimalis memiliki arti bahwa kamu akan memiliki sedikit furnitur.

Untuk dapat memiliki ruang TV minimalis, kamu dapat menempatkan sofa panjang, meja kecil di tengah ruangan, dan tentunya televisi yang dapat kamu letakkan di meja atau digantung di tembok. Supaya lebih menarik, kamu bisa tempatkan ruang TV berdampingan dengan ruang terbuka hijau, selain itu udara dapat dengan mudah keluar dan masuk membuat ruangan terasa lebih segar.

2. Ruang TV Memanjang dengan Taman Kering

Memiliki ruang TV yang dipadukan dengan alam, kenapa tidak? Apabila rumah kamu memiliki area open space di ruang tamu atau ruang tengah, maka hal tersebut dapat menjadi opsi untuk menempatkan ruang TV di dekat ruang terbuka tersebut. Ruang terbuka di sini memiliki arti terdapat sebuah taman berukuran kecil yang beratapkan fiber atau tanpa fiber, sehingga sinar matahari dapat masuk dengan maksimal.

Kamu bisa memasang kaca lipat yang menjadi pembatas antara ruang TV dan ruang terbuka. Apabila ingin terlihat lebih minimalis, jangan menggunakan meja kecil di tengah ruang TV, kamu dapat menggantinya dengan karpet. Cukup menyegarkan bukan memiliki ruang TV yang tepat bersebelahan dengan ruang terbuka?

3. Ruang TV dengan Sofa Lesehan

Sebuah ruang TV memang biasanya identik dengan susunan barang-barang seperti sofa, meja tengah, dan meja TV. Namun, bagi beberapa orang susunan barang seperti itu justru malah dirasa akan mempersempit ruang gerak ketika berada di ruang TV. Sehingga, lebih memilih untuk mengadopsi gaya minimalis untuk ruang TV.

Agar ruang TV memiliki space yang lebih lega, kamu dapat menyusun desain ruang TV tanpa sofa dan juga meja tengah. Kamu dapat menggunakan desain ruang TV lesehan yang tidak memiliki sofa dan meja, hanya memiliki meja TV dan TV itu sendiri. Sebagai gantinya, kamu dapat menggunakan bean bag atau karpet, karena mayoritas waktu kamu di ruang TV akan dihabiskan dengan lesehan.

4. Ruang TV Terbuka untuk Rumah Minimalis

Rumah minimalis identik dengan tidak memiliki banyak ruangan dan juga tidak memiliki banyak furnitur agar rumah tidak menjadi penuh sesak. Bagi kamu yang memiliki rumah minimalis, biasanya hanya terdapat satu ruang tengah yang dapat difungsikan sebagai ruang tamu sekaligus sebagai ruang TV.

Tidak perlu khawatir, bahwa ruang tengah yang terdapat di dalam sebuah rumah minimalis dapat berfungsi sebagai ruang TV dan juga ruang tamu, yang kamu perlukan hanyalah sofa panjang sebagai pembatas antara ruang tamu dan juga ruang TV. Sehingga, posisi TV berada di belakang sofa panjang tersebut, tak lupa untuk menambahkan karpet di bagian ruang TV agar lebih nyaman.

5. Ruang TV dengan Paduan Sofa Berbentuk L

Kamu memiliki ruang yang cukup lega di bagian ruang TV? Maka kamu dapat menggunakan sofa berbentuk L, sofa ini sangat cocok bagi kamu yang enggan untuk lesehan di bawah.

Sofa berbentuk L sendiri pada dasarnya seperti sofa pada umumnya, akan tetapi pada bagian ujung sofa terdapat ruang untuk kaki sehingga kamu dapat memposisikan tubuh seperti posisi tidur atau lesehan. 

6. Ruang TV Bersamaan dengan Ruang Tamu

Jika sebelumnya kita sudah membahas ruang tamu dan ruang TV yang dipisahkan dengan sofa panjang, kini kamu juga dapat menggabungkan keduanya. Posisi TV akan langsung berhadapan dengan sofa panjang dan beralaskan karpet. Jika kamu memilih opsi ini, maka kamu harus bersiap-siap jika family time akan terganggu ketika ada tamu yang sedang berkunjung.

7. Ruang TV di Pojok Ruangan

Seperti halnya pada ruang TV terbuka untuk rumah minimalis sebelumnya, kali ini kita masih akan membahas mengenai ide ruang TV untuk rumah minimalis, yaitu dengan menempatkan ruang TV di pojok ruangan, terdengar asing bukan?  Siapa bilang pojok ruangan tidak dapat dijadikan sesuatu yang berguna? Di sini kamu dapat memanfaatkannya sebagai ruang TV.

Akan tetapi memang tidak ada banyak ruang tersisa untuk kamu dan keluarga. Biasanya ruang TV yang terletak di pojok ruangan akan dikelilingi oleh kabinet penyimpanan rumah. Kemudian hindari pemakaian sofa karena akan memakan banyak ruang. Alih-alih menggunakan sofa, kamu dapat menggantinya dengan karpet atau bean bag sebagai alas untuk menonton TV bersama keluarga.

Baca juga: 15 Inspirasi Ruang Tamu Minimalis yang Nyaman

 

4 Ide Dekorasi untuk Ruang TV Minimalis

1. Tambahkan Pengharum Ruangan

Untuk dapat membuat sebuah ruang TV menjadi lebih nyaman, maka salah satu opsi yang dapat kamu terapkan adalah dengan menambahkan pengharum ruangan. Terdapat beberapa jenis pengharum ruangan yang dapat kamu gunakan antara lain diffuser, automatic spray perfume, manual perfume, dan lain sebagainya.

Sebelum memutuskan untuk membeli sebuah pengharum ruangan, mohon pastikan bahwa jenis pengharum ruangan tersebut tidak memiliki bahan berbahaya dan aman bagi kesehatan kamu. Adapun beberapa jenis aroma parfum yang memberikan efek segar seperti aroma blueberry, rose, tea, dan patchouli.

2. Indirect Lighting pada Bingkai TV

Apakah kamu ingin membuat ruang TV menjadi semakin elegan? Jika ya, maka kamu dapat menambahkan lampu pada bingkai TV. Namun, opsi ini lebih cocok untuk jenis TV yang menggantung di tembok. Lampu dapat dipasangkan bingkai beserta dengan indirect lighting tersebut. Ruang TV kamu akan praktis terlihat lebih mewan dan elegan.

3. Tambahkan Dekorasi di Sudut Ruangan

Ruang TV biasanya hanya berisikan dengan sofa, meja kecil, dan tentu TV itu sendiri, akan tetapi terkadang adanya kita merasa bosan akan suasana ruang TV yang terlalu monoton. Jika kamu bosan dengan situasi tersebut, kamu dapat menambahkan beberapa dekorasi di sudut ruangan apabila masih memiliki lahan yang cukup.

Kamu dapat menambahkan beberapa barang yang bersifat estetik serta fungsional, misalnya saja seperti side table, tanaman hias di dalam pot. Kamu juga dapat menambahkan barang-barang yang bersifat lebih personal seperti barang-barang hobi berupa gitar, akuarium, action figure, dan lain sebagainya.

4. Tambahkan Pohon Estetik dan Rak Gantung

Sebuah ruang TV idealnya memang bersifat space saving serta multifungsi. Kamu dapat menambahkan ranting yang diletakkan di dalam vas bunga oriental untuk memberikan kesan yang adem bagi penghuninya. Atau kamu juga dapat menambahkan rak gantung agar barang-barang tidak akan memenuhi area TV. Cukup simpel bukan?

Baca juga: Inspirasi Desain Ruang Tamu Warna Hijau Sederhana yang Cantik


Kesimpulan

Setelah membahas inspirasi desain interior untuk ruang TV di atas, jika ingin memperoleh artikel seputar properti lainnya, kamu bisa langsung mengunjungi website BTN Properti. Kamu akan menemukan berbagai artikel bermanfaat seputar properti, mulai dari inspirasi desain interior dan eksterior rumah, informasi seputar material rumah, serta informasi seputar program KPR Bank BTN

 

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua