Spinner Icon

4 Konsep Desain Rumah Putih Klasik, Patut Dicoba!

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 4 April 2024
Table of Contents:

Desain rumah klasik menjadi salah satu alternatif desain yang tidak lekang oleh zaman. Rumah desain klasik dapat meberikan kesan mewah dan elegan. Oleh karenanya, desain rumah klasik menjadi alternatif desain yang banyak diminati bukan hanya di Indonesia, tetapi di seluruh belahan dunia.

Salah satu karakter dari desain rumah klasik adalah penggunaan warna yang netral dan cerah seperti cat berwarna putih. Dengan menggunakan cat dominasi warna putih pada rumah klasik, kamu dapat membuat fasad rumah kamu terlihat luas dan bersih.

Terdapat beberapa konsep desain rumah klasik yang dapat kamu jadikan inspirasi. Yuk simak artikel di bawah ini untuk menemukan desain rumah putih klasik yang cocok dengan kamu.


Key takeaways:

  • Rumah putih klasik adalah konsep bangunan klasik menggunakan pemilihan warna cat yang didominasi dengan warna putih.
  • Konsep klasik ini memiliki kesan mewah, elegan, luas, bersih dan tidak lekang oleh zaman.
  • Terdapat beberapa alternatif desain rumah klasik yang sangat cocok dipadupadankan dengan penggunaan cat berwarna putih, yaitu rumah klasik gaya Victoria, Amerika, Mediterania, dan Modern.
  • Masing-masing gaya memiliki ciri khas dan keunikan masing-masing yang dapat mengintrepertasikan suasana yang ingin kamu bangun di dalam rumah.
  • Pembangunan rumah klasik terbilang mahal karena pemilihan bahan, ornamen, dan aksesoris yang cukup mahal.
  • Kamu dapat memilih alternatif membeli rumah klasik yang sudah jadi untuk menghemat budget.

Apa Itu Desain Rumah Putih Klasik?

Sebelum membahas mengenai alternatif desain rumah putih klasik, kamu perlu tahu dulu apa itu desain rumah klasik. Desain rumah klasik adalah desain bangunan yang kebanyakan mengacu pada rumah-rumah dengan arsitektur Roma serta Yunani kuno.

Desain rumah klasik sangat kental dengan detail yang rumit dan tak biasa pada atap, jendela, pintu utama, serta fasad. Pada rumah dengan desain klasik ini biasanya juga menggunakan detail klasik pada bingkai jendela. Bingkai jendela dihiasi dengan detail molding, panel-panel cekung pada langit-langit atau coffered plafond, serta kolom berjalur.


Keuntungan Penggunaan Cat Warna Putih untuk Rumah

Kenapa disarankan untuk menggunakan warna putih pada rumah kamu? Hal ini dikarenakan banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan memilih warna putih sebagai warna cat hunian, yaitu

  1. Rumah jadi terlihat lebih luas, cerah, bersih dan adem. Warna putih cocok digunakan untuk rumah yang bersekat seperti rumah klasik Amerika agar terasa lebih luas
  2. Dinding dengan cat warna putih diibaratkan sebagai kanvas polos yang cocok dipadupadankan dengan berbagai jenis ornamen, aksesoris, atau hiasan untuk menambah kesan hidup di rumah kamu.
  3. Warna cat putih menghadirkan suasana tenang dan rileks, dapat membantu kamu beristirahat di rumah dengan lebih nyaman.
  4. Cat warna putih tidak lekang oleh zaman sehingga kita tidak perlu khawatir rumah akan terlihat jadul dan ketinggalan zaman.
  5. Cat warna putih cocok untuk berbagai macam konsep desain bangunan maupun berbagai jenis konsep desain interior.

4 Alternatif Konsep Desain Rumah Putih Klasik

Berikut adalah beberapa inspirasi yang bisa kamu ikuti untuk membuat rumah kamu menjadi rumah klasik yang nyaman dan hangat.

1. Desain Rumah Klasik Gaya Victoria

Inspirasi pertama adalah rumah klasik gaya Victoria. Gaya arsitektur Victoria ini muncul pada tahun 1830 akibat pengaruh dari perkembangan teknologi dan bertepatan dengan masa kepemimpinan Ratu Victoria. Gaya arsitektur Victoria ini juga menjadi gaya arsitektur yang populer dari abad ke-19 sampai ke-20.

Gaya Victoria ini memadukan unsur besi dan baja sebagai komponen yang terbilang baru untuk dimasukan ke dalam konstruksi bangunan. Ciri khas rumah klasik gaya Victoria adalah menggabungkan antara gaya desain kontemporer-modern dan desain tradisional. Hal ini membuat rumah bergaya Victorian selalu cocok digunakan sebagai konsep desain untuk segala zaman.

Walaupun pada era Victoria umumnya warna rumah yang banyak diterapkan adalah warna-warna merah maroon, lavender, cokelat, ungu, merah anggur, gold, hijau tua, dan mahogany brown, tetapi warna putih juga sangat cocok digunakan untuk menambah kesan minimalis dari gaya Victoria ini.

Rumah bergaya Victoria ini memiliki kesan klasik dan mewah sangat kental. Untuk itu, kamu perlu memadupadankan konsep rumah klasik bergaya Victoria dengan pilihan furnitur yang pas. Furnitur yang digunakan juga biasanya memiliki ukiran atau ornamen mendetail ala zaman kerajaan Inggis pada abad pertengahan.

Hal lain yang tak kalah penting saat mendesain rumah bergaya Victoria adalah mengaplikasikan furnitur yang berukuran besar, termasuk dengan lampu hias. Padukan ornamen dengan pola yang kuat seperti lampu chandelier atau gorden besar dengan warna dasar emas untuk mempertegas kesan arsitektur Victoria pada interior rumah.

2. Desain Rumah Klasik Gaya Amerika


Rumah klasik gaya Amerika adalah salah satu inspirasi yang dapat kamu gunakan. Sebagai trendsetter, Amerika membawa budaya masuk ke negara lain salah satunya melalui film. Kita tentunya tidak asing lagi dengan rumah-rumah klasik Amerika yang biasanya ditampilkan di film-film.

Rumah bergaya Amerika ini lahir pada awal abad ke-20 untuk menyempurnakan rumah gaya federal dan Victoria. Arsitektur dan desainer lokal berusaha untuk memperbarui gaya kuno dan menampilkan sisi modern dari desain mereka.

Untuk menimbulkan kesan yang lebih modern, rumah gaya klasik Amerika ini menggunakan elemen garis vertikal yang tegas, dengan dekorasi lintang minimalis. Gaya klasik Amerika sendiri sangat khas baik dari bentuk, warna, dan ukuran. Dengan begitu, rumah kamu serasa jadi rumah yang sangat proporsional dan menawan. 

Gaya rumah Amerika klasik yang masih terbilang baru dan sering mengalami perubahan. Seiring berjalannya waktu kita dapat merasakan beberapa perubahan pada tren fasad rumah gaya klasik Amerika. Misalnya ada warna fasadnya yang dahulu menggunakan warna turquoise dan biru, sekarang sudah beralih ke warna-warna minimalis seperti warna putih.

Tidak dapat disangkal kalau fasad dari desain rumah gaya klasik Amerika dengan warna cat putih tetap menarik, unik, dan penuh pesona.

Baca juga: Rumah Gaya Amerika Klasik: Tren Terkini yang Bisa Kamu Pakai

3. Desain Rumah Klasik Gaya Mediterania

Kamu juga dapat memilih gaya Mediterania sebagai salah satu gaya untuk membuat rumah klasik. Gaya Mediterania awalnya dibawa oleh tentara Spanyol pada abad ke-19 dan bekembang di bagian selatan Amerika.

Gaya Mediterania ini muncul akibat penyesuaian kondisi bangunan dengan kondisi iklim di daerah asalnya. Untuk menyiasati panas di siang hari dan dingin di malam hari, rumah gaya Mediterania ini dibuat dengan dinding yang tebal dan kaca yang kecil.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat rumah bergaya mediterania ini adalah bahan dengan sifat alami dari alam, misalnya batu alam dan tanah liat. Gaya arsitektur Mediterania di Indonesia sendiri banyak terpengaruh oleh peradaban Islam yang terlihat dari bentuk lengkung pada pintu masuk, jendela, dan serambi sebagai elemen khas dari gaya arsitektur Mediterania sendiri.

Ciri lain dari rumah bergaya Mediterania adalah menggunakan warna-warna pastel. Salah satu warna yang cocok di padukan dengan gaya Mediterania adalah warna putih. Oleh karenanya, kamu tidak perlu ragu menggunakan gaya Mediterania untuk konsep rumah klasik kamu nantinya.

Baca juga: Inspirasi Rumah Bergaya Mediterania yang Klasik

4. Desain Rumah Klasik Modern

Alternatif desain klasik yang cocok dipadupadankan dengan penggunaan cat putih adalah rumah klasik modern. Rumah klasik modern sendiri adalah gaya bangunan yang menggabungkan konsep klasik dan modern dalam satu kesinambungan.

Desain rumah klasik modern ini menggabungkan nuansa klasik dengan sentuhan modern yang tidak pernah ketinggalan zaman. Dengan sentuhan modern pada bangunan yang klasik akan menciptakan kesan yang unik.

Biasanya, rumah klasik terkenal dengan desain yang rumit dan memiliki banyak ornamen. Sementara desain modern adalah desain yang sederhana dan menggunakan elemen geometris tanpa hiasan atau ornamen yang berlebihan. Dengan menggabungkan keduanya, kamu bisa mendapatkan hunian dengan ornamen klasik yang disematkan sentuhan modern sehingga tetap terkesan sederhana.

Kamu dapat menambahkan kesan elegan dengan penambahan dekorasi dan interior yang modern dan sederhana pada bangunan klasik. Kamu juga dapat memilih penggunaan warna cat yang dapat mendukung kedua konsep klasik modern.

Tentunya warna putih adalah warna yang cocok untuk kedua konsep baik klasik maupun modern. Dengan penggunaan cat warna putih, kesan hangat dan megah dari konsep klasik tetap terlihat dan kesan sederhana dari konsep modern juga dapat tercipta secara bersamaan.

Itu adalah 4 alternatif rumah klasik dengan dominasi cat warna putih yang dapat kamu jadikan referensi untuk membangun rumah idaman kamu. Setelah membaca artikel di atas, sudah tahu alternatif mana yang cocok dengan yang kamu inginkan? Sudah tanya jasa arsitek dan harganya tidak on budget?

Hal itu mungkin dikarenakan oleh pemilihan bahan bangunan untuk membuat rumah klasik terlalu banyak menggunakan bahan alam atau bahan lainnya yang cenderung mahal. Belum lagi desain interior yang perlu banyak ornamen dan aksesoris pendukung rumah klasik lainnya.

Baca juga: Klasik dan Elegan, Ini Dia 6 Inspirasi Rumah Vintage Minimalis


Bangun Rumah No Ribet

Kamu dapat membangun rumah klasik yang kamu inginkan menggunakan fitur Jasa Profesional di BTN Properti. BTN Properti memiliki fitur jasa profesional yang dapat membantu kamu membangun rumah impian kamu. Jadi tunggu apa lagi? Segera kunjungi BTN Properti!

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua