Spinner Icon

Klasik dan Elegan, Ini Dia 6 Inspirasi Rumah Vintage Minimalis

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 15 Maret 2024
Table of Contents:
  • Inspirasi desain rumah vintage
  • 1. Rumah vintage shabby chic
  • 2. Tampilan area sudut ruangan yang vintage
  • 3. Ruang kerja bergaya vintage
  • 4. Ruang tamu vintage dilengkapi dengan lemari
  • 5. Rumah vintage modern
  • 6. Rumah vintage bergaya mid-century
  • Kesimpulan

Siapa bilang rumah minimalis tidak dapat didesain bergaya vintage? Banyak sekali orang merasa dengan ruang yang terbatas membuat rumah minimalis semakin sulit untuk didesain. Padahal, kamu bisa merubah tampilan rumah minimalis supaya terlihat lebih lapang, modern, dan bahkan artistik dengan desain yang sedang populer saat ini yaitu rumah vintage.

Kamu bisa menciptakan rumah vintage minimalis hanya dengan mengubah beberapa elemen seperti warna dinding, lantai, dekorasi ruangan, furnitur, dan sebagainya. Rumah bergaya vintage dianggap menarik karena memiliki kesan unik. Oleh sebab itu, banyak sekali masyarakat modern seperti generasi milenial dan anak muda zaman sekarang menyukai rumah vintage.

Sedang mencari inspirasi desain rumah vintage? Mari simak artikel berikut ini.


Key Takeaways:

  • Kamu bisa menciptakan rumah vintage minimalis hanya dengan mengubah beberapa elemen seperti warna dinding, lantai, dekorasi ruangan, furnitur, dan sebagainya.
  • Beberapa inspirasi desain rumah vintage khusus untukmu antara lain rumah vintage shabby chic, tampilan area sudut ruangan yang vintage, ruang kerja bergaya vintage, ruang tamu vintage dilengkapi dengan lemari, rumah vintage bergaya mid-century, rumah vintage modern, dan lain-lain.

Inspirasi desain rumah vintage

Berbagai gaya rumah vintage bisa kamu ciptakan dengan mudah. Berikut ini ide desain rumah vintage untukmu:

1. Rumah vintage shabby chic


Gaya shabby chic terkenal dengan desain yang romantis dan feminin. Kamu bisa mengkombinasikan desain interior shabby chic dengan gaya vintage. Desain ini juga cocok untuk rumah minimalis karena proses pengaplikasiannya tidak membutuhkan ruangan yang besar. Kamu bisa menggunakan dekorasi yang lembut, pernak-pernik sederhana, dan warna-warna pastel untuk menciptakan gaya shabby chic.

Untuk tetap menambahkan kesan vintage, kamu bisa menggunakan lantai kayu dan furnitur dengan tampilan jadul. Lampu gantung dan gorden dengan motif sederhana juga bisa kamu jadikan pelengkap supaya rumah terlihat ceria.

2. Tampilan area sudut ruangan yang vintage

Area sudut ruangan seringkali tidak diperhatikan oleh pemilik rumah minimalis. Pasalnya, jika area sudut didesain dengan baik, maka rumahmu tidak akan terlihat sempit.

Kamu bisa menggunakan furnitur dan dekorasi yang artistik. Misanya, menggunakan sofa kulit berwarna hijau muda yang diletakkan miring serta dilengkapi dengan kaki kursi metalik. Sebagai pelengkap, dekorasi pernak-pernik metalik dengan warna memudar sangat cocok untuk memberikan kesan artistik.

3. Ruang kerja bergaya vintage


Desain berikutnya sangat cocok bagi kamu yang suka kerja dari rumah (WFH). Dengan desain bergaya vintage yang elegan, kamu akan semakin nyaman dan semangat untuk bekerja di rumah. Kamu bisa menggunakan kayu terpilih yang bisa menghadirkan kesan jadul dan memiliki karakter tersendiri.

Supaya terlihat mewah dan artistik, kamu bisa menggunakan perabot dengan material beludru yang ekslusif. Dekorasi lainnya seperti lampu, elemen kayu, pola lantai juga dapat melengkapi ruang kerja.

4. Ruang tamu vintage dilengkapi dengan lemari

Pada rumah minimalis, lemari merupakan salah satu perabotan fungsional yang tidak hanya bisa digunakan untuk menyimpan barang, melainkan juga dekorasi tambahan di ruang tamu.

Begitupun dengan rumah vintage, lemari berfungsi sebagai focal point yang memberikan kesan vintage dalam suatu ruangan, terutama pada rumah minimalis yang serba putih atau warna monokrom. Lemari atau furnitur besar artistik lainnya bisa menjadi hal utama yang menarik perhatian para tamu saat masuk ke ruangan.

5. Rumah vintage modern

Rumah vintage tidak selalu tentang dekorasi kuno atau antik saja. Kamu juga bisa menggunakan furnitur atau dekorasi lainnya yang terlihat modern dan memiliki sentuhan vintage klasik dan unik.

Misalnya, kamu bisa menggunakan furnitur rotan dan bantal dengan motif klasik untuk menciptakan kesan vintage sekaligus modern.

6. Rumah vintage bergaya mid-century


Desain selanjutnya yaitu rumah vintage dengan tampilan mid-century. Style yang satu ini telah lahir sejak tahun 1960-an. Dengan menggunakan perpaduan antara furnitur jadul dan pemakaian tekstil yang luxury serta berwarna lembut dapat membuat rumah terlihat unik.

Kamu juga bisa menggunakan lantai berwarna earth-tone supaya rumah terlihat lembut, hangat, dan nyaman. Misalnya, menggunakan warna putih dan coklat gelap yang netral di ruang tamu. Dengan begitu, suasana di ruang tamu akan terlihat klasik dan nyaman.

Baca juga: Tema dan Ide Dekorasi Klasik untuk Ruang Tamu Elegan


Kesimpulan

Itu dia daftar inspirasi desain rumah vintage minimalis khusus untukmu. Desain rumah vintage tidak selalu tentang barang atau furnitur jadul saja. Kamu bisa merubah elemen lainnya untuk menciptakan gaya vintage seperti lantai keramik, warna dinding, dekorasi, dan tata letak furnitur. Jangan lupa untuk memastikan bahwa perpaduan antara warna dan elemen yang digunakan tidak saling bertabrakan supaya rumahmu tampil sederhana sekaligus menarik.

Ingin membaca artikel serupa? Kamu bisa mengunjungi link berikut ini.

Baca juga: Inspirasi Desain Kamar Vintage, Klasik, dan Mewah di Indonesia

 

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua