Spinner Icon

7 Inspirasi dan Tips untuk Rumah Vintage Impianmu

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 30 Maret 2024
Table of Contents:
  • Deretan inspirasi desain rumah vintage
  • 1. Ruang makan dengan gaya mid-century modern
  • 2. Kamar mandi dengan gaya vintage
  • 3. Kamar tidur bergaya vintage modern
  • 4. Rumah vintage bergaya feminin
  • 5. Dapur vintage lengkap dengan kabinet dan bar
  • 6. Desain ruang tamu vintage bergaya industrial
  • 7. Desain rumah vintage minimalis
  • Tips menciptakan rumah vintage
  • 1. Furnitur jadul atau alami
  • 2. Keramik lantai berpola
  • 3. Keramik dinding floral prints
  • 4. Dinding berwarna pastel
  • Kesimpulan

Desain rumah vintage adalah gaya desain interior yang memiliki tampilan unik dengan menonjolkan kesan klasik dan artistiknya. Banyak orang yang menyukai desain ini karena interior vintage selalu memiliki kesan baru bagi setiap orang sehingga mereka tidak pernah bosan melihatnya.

Desain rumah vintage juga memiliki nilai estetika yang tinggi karena sering dihiasi dengan barang-barang antik. Dengan penuh nuansa klasik, rumah vintage akan terasa lebih hangat, nyaman, dan membuatmu semakin betah di rumah.

Pada artikel kali ini, akan dibahas beberapa inspirasi desain rumah vintage serta tips khusus untukmu. Mari simak artikel berikut ini!


Key Takeaways:

  • Desain rumah vintage adalah gaya desain interior yang tampil unik dengan menonjolkan kesan klasik dan artistiknya. Banyak orang yang menyukai desain ini karena interior vintage selalu memiliki kesan baru bagi setiap orang. Sehingga mereka tidak pernah bosan melihatnya.
  • Deretan inspirasi desain rumah vintage yaitu ruang makan dengan gaya mid-century modern, kamar mandi dengan gaya vintage, kamar tidur bergaya vintage modern, rumah vintage bergaya feminin, dan lain-lain.

Deretan inspirasi desain rumah vintage

Seiring berkembangnya zaman, desain vintage juga berbaur dengan konsep modern. Berikut ini beberapa inspirasi khusus untukmu:

1. Ruang makan dengan gaya mid-century modern


Desain pertama yaitu desain mid-century. Dengan mengusung konsep vintage ala retro, desain ini diciptakan sekitar tahun 1960-an. Kamu dapat menerapkannya di rumahmu dengan menggunakan furnitur yang terlihat usang dan penggunaan bahan tekstil berwarna lembut seperti putih, krem, dan abu-abu. Untuk menambah kesan vintage yang lembut, kamu bisa menambahkan lampu gantung pada ruang makan dengan desain yang unik.

2. Kamar mandi dengan gaya vintage


Gaya vintage bisa kamu terapkan di kamar mandi dengan menggunakan bak mandi jadul dan bergaya klasik. Tambahkan beberapa furnitur kecil seperti mini sofa, pot, dan cermin. Dengan begitu, kamar mandi akan menjadi area pribadi yang nyaman bagimu untuk bersantai sekaligus bersih-bersih.

3. Kamar tidur bergaya vintage modern


Tempat tidur merupakan ruangan yang memegang peranan penting. Sebab, setiap orang akan mengisi ulang kembali energinya dengan tidur di kamar. Oleh sebab itu, kamu perlu memerhatikan desain kamar tidur dengan baik dan teliti.

Sebagai inspirasi, kamu bisa menggunakan desain vintage modern di kamar tidurmu. Penggunaan dinding berwarna abu-abu dan beberapa dekorasi berwarna terang akan membuatmu tidak merasa bosan di dalam kamar. Menambahkan lampu gantung sederhana sebagai penerang kamar akan membuat kamu merasa lebih nyaman saat beristirahat.

4. Rumah vintage bergaya feminin


Sebagian orang merasa konsep vintage dan feminin tidak mungkin bisa digabung. Tentu, hal tersebut keliru. Pasalnya, kini kamu bisa menggabungkan gaya vintage dengan konsep shabby chic sehingga rumahmu tetap terlihat unik sekaligus feminin.

Bagi kamu para wanita, desain ini sangat cocok untuk diaplikasikan di ruang dapur. Dengan ruang minimalis, kamu bisa menggunakan warna-warna shabby chic pada dinding seperti warna pastel yang diberi tambahan dekorasi dan pernak-pernik. Dengan kombinasi ini, rumahmu akan terlihat lebih ceria dan terang.

5. Dapur vintage lengkap dengan kabinet dan bar


Bagi kamu penggemar old vintage, kamu mungkin menyukai desain ini. Pasalnya dengan menambahkan bar pada kabinet dapur akan membuat suasana dapur menjadi lebih elegan. Bar sendiri dapat memfasilitasi kegiatan makan dan bersantai serta berfungsi sebagai dekorasi yang mendukung gaya hidup old fashion. Untuk melengkapinya, kamu bisa tambahkan rak gantung untuk menampilkan jajaran koleksi gelas cantik.

6. Desain ruang tamu vintage bergaya industrial


Gaya industrial juga banyak disukai oleh kalangan milenial karena mengusung kesan maskulin. Desain interior rumah yang satu ini bisa kamu terapkan pada hunian dengan menggunakan dinding berwarna monokrom sederhana seperti hitam, putih, atau abu-abu.

Keramik bermotif kotak-kotak sederhana juga bisa digunakan untuk mendukung gaya industrial.

Kamu bisa menambahkan furnitur vintage dengan warna-warna cerah untuk memadukannya dengan gaya industrial. Kamu juga dapat menggunakan beberapa elemen kayu yang terlihat kasar agar menambah kesan vintage pada ruang tamu.

7. Desain rumah vintage minimalis


Desain satu ini cocok bagi kamu yang memiliki rumah minimalis tetapi bingung ingin didesain seperti apa. Kamu bisa menggunakan warna-warna natural seperti putih, cokelat, atau krem pada interior rumah baik itu dinding, furnitur, atau bahkan gorden.

Jangan lupa untuk memilih furnitur dengan gaya retro dan klasik supaya konsep vintage tetap terasa. Sebagai dekorasi tambahan, kamu bisa menggunakan pot bunga, karpet corak sederhana, dan hiasan dinding.

Baca juga: Tema dan Ide Dekorasi Klasik untuk Ruang Tamu Elegan


Tips menciptakan rumah vintage

Terdapat beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat ingin menciptakan rumah vintage. Berikut adalah beberapa tips untuk menciptakannya:

1. Furnitur jadul atau alami

Furnitur memegang peranan penting pada desain interior vintage. Hal ini dikarenakan desain vintage secara umum dikenal dengan kesan unik dan artistiknya.  Oleh karena itu, kamu perlu menggunakan furnitur yang antik, terlihat jadul, atau bahkan alami.

Banyak rumah bergaya vintage menggunakan furnitur yang terbuat dari rotan atau kayu yang membuat rumah terlihat semakin mewah tetapi artistik. Furnitur yang terlihat jadul bisa kamu dapatkan dengan membeli barang bekas yang masih bagus kualitasnya.

2. Keramik lantai berpola

Pemilihan keramik lantai juga penting pada rumah vintage. Biasanya, rumah vintage ala retro akan menggunakan keramik dengan pola-pola geometris atau bunga-bunga klasik. Tidak hanya itu, kamu bisa mengkombinasikan elemen dekorasi yang antik untuk menciptakan keharmonisan dan kesan elegan.

3. Keramik dinding floral prints

Selanjutnya, kamu bisa menggunakan keramik dinding floral prints untuk menciptakan suasana vintage modern. Gunakan keramik dengan bunga yang indah dan romantis seperti bunga peony atau rose. Dengan kombinasi yang tepat, kamu akan merasa semakin betah berada di dalam ruangan yang terlihat cerah dan fresh tersebut.

4. Dinding berwarna pastel

Rumah bergaya vintage dan modern sering didominasi dengan dinding berwarna pastel seperti merah muda, lavender, mint, cream, dan lainnya. Hal ini akan membuat rumahmu terlihat lembut dan manis. Selain warna pastel, kamu juga bisa menggunakan warna sederhana seperti hitam, putih, dan abu-abu.

Baca juga: Inspirasi Desain Kamar Vintage, Klasik, dan Mewah di Indonesia


Kesimpulan

Itu dia deretan inspirasi rumah vintage khusus untukmu. Jangan lupa untuk memerhatikan detail kecil seperti dekorasi, furnitur, dan lainnya saat mendesain rumah vintage. Sebab, rumah vintage tidak hanya mengusung gaya klasik dan sederhana, tetapi juga artistik dan unik. Ingin lihat artikel serupa? Klik link berikut ini untuk mengetahui lebih lanjut.

 

 

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua