Spinner Icon

16 Inspirasi Desain Taman Kolam Ikan dan Gazebo Khusus Untukmu

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 28 Mei 2024
Table of Contents:
  • Deretan Inspirasi Desain Taman Kolam Ikan dan Gazebo
  • 1. Kolam ikan minimalis yang dikombinasikan dengan kaca
  • 2. Kolam ikan berlekuk
  • 3. Kolam ikan minimalis dengan air terjun mini
  • 4. Kolam ikan minimalis perpaduan dua gaya
  • 5. Kolam ikan mini bikin hemat tempat
  • 6. Gazebo modern sekaligus minimalis
  • 7. Gazebo dengan taman bunga
  • 8. Gazebo dengan kolam ikan
  • 9. Kolam ikan minimalis lingkaran dan klasik
  • 10. Gazebo dengan atap futuristik
  • 11. Kolam ikan koi minimalis
  • 12. Taman dari dek kayu di atas kolam ikan
  • 13. Taman minimalis dengan jalan setapak
  • 14. Taman dilengkapi dengan hammock
  • 15. Kolam ikan minimalis memanjang
  • 16. Taman rumah dengan desain oriental
  • Kesimpulan

Dalam membangun sebuah rumah, kamu tidak hanya fokus pada interior saja. Area eksterior juga perlu kamu desain supaya konsep keseluruhan rumah yang menawan dapat tercapai.

Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mempercantik area eksterior, seperti membangun taman kolam ikan dan gazebo. Desain eksterior yang dilengkapi dengan taman, kolam ikan, dan gazebo juga akan membuat suasana area rumah menjadi asri dan nyaman.

Artikel berikut akan membahas tentang kumpulan inspirasi desain kolam ikan, taman, dan gazebo khusus untukmu. Yuk, simak artikel berikut untuk mengetahui lebih lanjut!


Key Takeaways:

  • Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mempercantik area eksterior, seperti membangun taman kolam ikan dan gazebo.
  • Desain eksterior yang dilengkapi dengan taman, kolam ikan, dan gazebo juga akan membuat suasana area rumah menjadi asri dan nyaman.
  • Gazebo dengan atap futuristik bisa menjadi alternatif jika bosan dengan atap yang datar. Atap futuristik umumnya memiliki permukaan yang tertekuk sehingga terkesan artistik dan modern.

Deretan Inspirasi Desain Taman, Kolam Ikan, dan Gazebo

Kamu bisa menambahkan area taman pada desain eksterior agar rumah terasa semakin asri. Selain itu, kolam ikan dan gazebo juga kerap dijadikan pilihan lain dalam mempercantik area sekitar rumah.

1. Kolam ikan minimalis yang dikombinasikan dengan kaca

Meskipun desain ini minimalis, tetapi ia memiliki keunikannya sendiri. Perpaduan antara konkret dan kaca membuat kolam ikan minimalis terlihat modern. Bahkan, banyak orang membuat kolam ini di tengah-tengah taman indoor.

Tidak hanya modern, kolam ini juga menambahkan kesan tradisional di rumahmu. Tambahkan dekorasi berupa lampu di area kolam ikan supaya dapat menikmati pemandangan ikan saat malam.

2. Kolam ikan berlekuk

Ingin kolam ikan dengan bentuk yang berbeda? Kamu bisa menggunakan desain ini. Kolam dengan bentuk dan lekukan khusus yang indah ini bisa kamu bangun melalui jasa pembuat kolam ikan. Tentunya, semua proses akan lebih mudah dan terjamin. Kamu bisa menyesuaikan besarnya ruangan dengan besar kolam ikan yang diinginkan dan mengatur budget.

3. Kolam ikan minimalis dengan air terjun mini

Desain kolam ikan yang satu ini disukai oleh banyak orang karena terlihat mewah dan indah. Umumnya, desain kolam ikan dengan air terjun mini digunakan pada rumah ketinggian berlapis baik indoor maupun outdoor. Kamu bisa membuat air terjun dengan sebuah bak kecil di atas, sehingga pancuran air yang jatuh akan memperindah tampilan kolam utama bagian bawah.

4. Kolam ikan minimalis perpaduan dua gaya

Selanjutnya yaitu model kolam ikan raised. Jenis desain ini sangat cocok untuk digunakan dalam berbagai bentuk rumah. Hal ini dikarenakan, kolam ikan ini dapat membuat rumah terlihat modern dan mewah.

Dengan permukaan lantai yang naik dan tersambung dengan kolam ikan sekitarnya merupakan desain yang sedang populer di kalangan milenial. Dalam membangun desain tersebut, tidak dapat dilakukan oleh sembarang orang karena membutuhkan teknik khusus.

5. Kolam ikan mini bikin hemat tempat

Memiliki ruangan yang pas-pasan? Desain kolam ikan mini cocok untukmu. Dengan sisa ruang, kamu bisa menghadirkan kolam ikan minimalis dan indah di taman belakang rumah.

Cukup dengan menyekat ruang seadanya menggunakan keramik dinding dan pembatas kaca, kamu bisa membangun kolam minimalis berukuran tidak lebih dari satu meter ini. Meskipun mini, desain kolam ikan ini bisa menjadi dekorasi rumah supaya terasa sejuk dan tampil hidup.

Baca juga: Manfaat Aquarium Depan Rumah dan Inspirasi Desainnya

6. Gazebo modern sekaligus minimalis

Banyak model rumah zaman sekarang mengusung konsep modern. Oleh sebab itu, kamu juga bisa membuat dekorasi serupa yang sejalan dengan konsep modern. Salah satunya yaitu desain taman belakang rumah dengan gazebo modern dan minimalis.

Desain gazebo yang satu ini menampilkan kesan anggun, kontemporer, elegan tetapi sederhana, dan modern. Uniknya, bahan utama yang digunakan dalam membuat gazebo modern yaitu logam atau beton. Sehingga gazebo akan terlihat kokoh dan bersih

Dengan struktur logam, gazebo akan terlihat lebih minimalis dan ringan. Berbeda dengan struktur beton, gazebo akan terlihat lebih solid dan stabil.

Pada pembuatan gazebo juga digunakan garis-garis lurus yang tajam dan berbentuk geometris sederhana untuk memperlihatkan ketegasan dan kesederhanaan.

Ciri khas gazebo modern yaitu atap dengan sudut yang tajam atau atap datar. Atap dengan sudut yang tajam sering menjadi elemen arsitektur agar terlihat menarik dan unik. Sementara, atap datar digunakan untuk menambahkan kesan minimalis dan kontemporer.

7. Gazebo dengan taman bunga

Selanjutnya yaitu gazebo dengan taman bunga. Desain gazebo ini berbeda dengan desain sebelumnya, gazebo ini menggunakan kesan floral supaya suasana eksterior rumah terlihat indah dan menawan.

Pusat perhatian akan tertuju pada gazebo yang memberikan suasana kehangatan sekaligus keanggunan. Kamu bisa memadukan berbagai warna bunga, tanaman rambat, dan semak-semak berbunga dengan gazebo untuk menambah kesan alam.

Bahkan, kamu bisa menggunakan bunga dengan tema tertentu seperti taman bunga tropis, tanaman eksotis, atau taman bunga klasik seperti mawar, melati, atau tulip.

Dekoratif lainnya yang bisa kamu tambahkan yaitu jalan setapak sebagai penghubung gazebo dengan taman bunga. Kamu bisa menggunakan material batu alam atau batu bata supaya terlihat estetik dan menarik.

Baca juga: Berbagai Macam Tanaman Hias Outdoor untuk Percantik Halaman

8. Gazebo dengan kolam ikan

Selain taman bunga, kamu juga bisa memadukan kolam ikan dengan gazebo. Eksterior rumah dengan perpaduan gazebo dan kolam ikan dapat membuat suasana terasa tenang dan damai.

Kamu bisa menggabungkan gazebo dengan kolam atau membangun gazebo di dekat tepi kolam ikan. Saat sore hari, kamu bisa bersantai di gazebo sambil menikmati pemandangan ikan yang cantik.


9. Kolam ikan minimalis lingkaran dan klasik

Kamu bisa mempercantik area luar rumah dengan kolam ikan berbentuk bulat. Kolam minimalis ini cocok untuk dekorasi di taman rumahmu. Kamu juga bisa menambahkan bebatuan atau tanaman rambat di sekeliling kolam ikan agar terlihat alami.

10. Gazebo dengan atap futuristik

Gazebo dengan atap futuristik bisa menjadi alternatifmu jika bosan dengan atap yang datar. Atap futuristik umumnya memiliki permukaan yang tertekuk sehingga terkesan artistik dan modern.

Kamu bisa menghilangkan bagian lantai gazebo sehingga terlihat seperti pergola. Sehingga kamu bisa merasakan sensasi menginjak rumput secara langsung.

11. Kolam ikan koi minimalis

Sudah menjadi hal biasa bahwa ikan koi merupakan jenis ikan yang paling sering dipelihara untuk dekorasi rumah. Pasalnya, kehadiran ikan koi bisa memberikan ketenangan dan kemewahan.

Kamu bisa membangun kolam ikan di bawah tangga dengan aksen kayu yang identik untuk memberi kesan natural. Tetapi, dalam memelihara ikan koi, kamu perlu memerhatikan proses pengacian dinding. Pastikan dinding dan lantai kolam sudah halus supaya ikan koi tidak terluka. Hal ini bisa terjadi karena ikan koi suka menggosokkan tubuhnya ke dinding kolam.

12. Taman dari dek kayu di atas kolam ikan

Siapa bilang kamu tidak bisa membangun tempat bersantai di atas kolam ikan? Desain yang satu ini memadukan dua hal yang biasanya dibangun terpisah yaitu taman atau tempat bersantai dengan kolam ikan.

Kamu bisa membangun taman di atas kolam ikan menggunakan dek kayu. Dengan begitu, kamu bisa membangun kolam yang lebih besar untuk diisi dengan berbagai jenis ikan. Tambahkan dek kayu untuk jalur jalan dan sofa empuk untuk kamu bersantai.

13. Taman minimalis dengan jalan setapak

Desain ini menjadi salah satu desain populer di kalangan pemilik rumah minimalis. Pasalnya, untuk membangun taman minimalis dengan jalan setapak, kamu tidak perlu biaya yang besar. Kamu cukup memadukan rumput dan jalan setapak dari bebatuan alam mulai dari pintu pagar hingga ke area teras.

14. Taman dilengkapi dengan hammock

Hammock juga bisa kamu tambahkan di area taman. Kamu bisa bersantai menikmati udara sejuk sambil berayun di hammock. Desain ini memungkinkan kamu untuk memiliki tempat beristirahat sekaligus pemandangan taman yang cantik di area terbatas. Tidak hanya menambah keestetikan rumah, tetapi juga membuat rumah terlihat modern dan berbeda dari yang lain.

15. Kolam ikan minimalis memanjang

Terakhir, desain kolam ikan minimalis memanjang. Desain yang satu ini cocok bagi kamu yang tidak memiliki halaman luas. Terlebih lagi, kolam memanjang bisa membuat ikan lebih leluasa dalam berenang.

Dengan area terbatas, kamu juga bisa membuat kolam ikan yang disesuaikan panjangnya dengan halaman rumah. Kamu juga bisa menambahkan beberapa tanaman di sampingnya sehingga area teras rumah akan terlihat mewah dan hidup.

16. Taman rumah dengan desain oriental

Desain oriental identik dengan unsur air. Hal ini disebabkan banyak masyarakat Asia menganggap bahwa air bisa mengalirkan energi chi positif. Maka dari itu, kamu bisa membuat taman dilengkapi dengan kolam atau danau buatan.

Baca juga: Design Taman untuk Gaya Hidup Modern: Tren Terbaru


Kesimpulan

Itu dia inspirasi desain kolam ikan, taman, hingga gazebo yang bisa kamu tiru. Tetapi dalam menghias area eksterior, selain memilih desain kamu juga perlu menyesuaikannya dengan struktur bangunan rumah.

Baca artikel terkait properti lainnya melalui website kami, dimana kamu dapat menemukan berbagai artikel bermanfaat seputar properti. Mulai dari tips seputar hunian, persiapan membeli rumah, hingga program KPR.

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua