Spinner Icon

15 Tanaman Hias yang Cocok dengan Feng Shui Rumah Kamu

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 23 September 2023
Table of Contents:

Feng shui, yang secara harfiah berarti "angin dan air," adalah sebuah sistem filsafat Tiongkok kuno yang mengatur hubungan antara manusia dan lingkungannya. Salah satu aspek penting dalam feng shui adalah menciptakan keseimbangan dan keharmonisan di dalam rumah atau ruangan.

Tanaman hias telah lama dikenal sebagai salah satu cara untuk memperindah ruangan dan memberikan kesan alami pada lingkungan sekitar. Selain itu, dalam praktik feng shui, tanaman hias juga dianggap sebagai salah satu cara untuk menarik energi positif ke dalam rumah atau ruangan.

Dalam artikel ini, akan dibahas beberapa informasi tanaman hias yang dipercaya membawa energi positif dan keseimbangan ke dalam lingkungan rumah.

Key Takeaway

  • Penggunaan tanaman hias yang tepat dapat membantu menciptakan keharmonisan dan meningkatkan energi positif di dalam lingkungan rumah.
  • Penting untuk diingat bahwa pemilihan dan penempatan tanaman hias harus disesuaikan dengan tata letak dan karakteristik ruangan.
  • Dengan memadukan prinsip feng shui dan jenis tanaman hias yang tepat, kamu dapat menciptakan lingkungan yang harmonis, menyegarkan, dan membawa keberuntungan dalam kehidupan sehari-hari.

15 Rekomendasi Tanaman Hias 

Money Tree (Crassula ovata)

Money tree juga dikenal sebagai tanaman giok (jade plant). Dalam feng shui, jade plant dianggap sebagai simbol kekayaan dan kemakmuran yang dapat membantu menarik energi positif ke dalam rumah.

Tanaman hias ini memiliki daun bundar dan lebar, serta batang yang tebal dan kuat. Money tree dapat ditempatkan di sudut ruangan atau di meja kerja. Menempatkan money tree di bagian depan rumah atau area keuangan di dalam rumah dipercaya dapat mendatangkan keberuntungan finansial.

Lucky Bamboo (Dracaena sanderiana)

Lucky bamboo adalah jenis tanaman hias daun yang sering dikaitkan dengan keberuntungan dan kebahagiaan. Dalam feng shui, tanaman hias ini mewakili Fu (kebahagiaan), Lu (kekayaan) dan Soh (umur panjang). Karena itu, tanaman hias ini dianggap sebagai simbol keberuntungan dan kemakmuran yang dapat membantu menarik energi positif ke dalam rumah.

Tanaman hias ini memiliki batang yang ramping dan daun yang kecil, serta dapat ditempatkan dalam air atau di dalam pot. Bambu runcing sering ditempatkan di sudut ruangan.

Menurut ilmu feng shui, jumlah batang bambu memiliki arti yang berbeda. Misalnya, tiga batang melambangkan kebahagiaan, lima batang melambangkan kekayaan, sementara tujuh batang melambangkan keberuntungan.

Kaktus


Kaktus adalah jenis tanaman hias yang sering dikaitkan dengan perlindungan dan kekuatan. Dalam feng shui, kaktus dianggap sebagai simbol perlindungan dan kekuatan yang dapat membantu melindungi rumah dari energi negatif.

Kaktus juga dianggap sebagai tanaman yang mampu menyerap radiasi elektromagnetik dari peralatan elektronik di sekitarnya. Tanaman ini memiliki bentuk yang unik dan menarik, serta dapat ditempatkan di dalam pot atau di taman. Namun, perlu diingat bahwa kaktus tidak disarankan untuk ditempatkan di kamar tidur atau ruangan yang sering digunakan untuk beraktivitas.

Baca juga: 7 Tanaman Hias Gantung Untuk Rumah yang Lebih Hijau

Janda Bolong (Monstera)

Janda bolong atau yang juga dikenal sebagai tanaman daun telinga gajah, adalah jenis tanaman hias daun yang populer karena daunnya yang besar dan unik. Tanaman hias ini dapat tumbuh dengan baik di indoor maupun outdoor dan memberikan nuansa tropis yang menenangkan. Janda bolong sangat ideal untuk ruangan dengan cahaya redup karena memiliki qi yang luas yang memancarkan energi pertumbuhan di manapun ia ditempatkan.

Peaceful Lily (Spathiphyllum)


Peaceful lily adalah jenis tanaman hias bunga yang sering dikaitkan dengan kedamaian, keindahan, dan kemurnian. Dalam feng shui, peaceful lily dianggap sebagai simbol kedamaian dan kemurnian yang dapat membantu menarik energi positif ke dalam rumah, serta menyaring energi negatif dari luar rumah.

Tanaman ini memiliki bunga yang cantik dan harum, serta dapat ditempatkan di dalam pot atau di taman. Peaceful lily disarankan untuk ditempatkan di ruangan yang sering digunakan untuk bersantai atau meditasi.

Krisan (Chrysanthemum)

Bunga krisan adalah jenis tanaman hias bunga yang sering dikaitkan dengan kebahagiaan dan kesuksesan. Dalam feng shui, bunga krisan dianggap sebagai simbol kebahagiaan dan kesuksesan yang dapat membantu menarik energi positif ke dalam rumah.

Tanaman ini memiliki bunga yang besar dan berbagai warna, serta dapat ditempatkan di dalam pot atau di taman. Disarankan untuk menempatkan tanaman ini di ruangan yang sering digunakan untuk berkumpul dengan keluarga atau teman.

Mawar (Rosa)


Mawar adalah jenis tanaman hias bunga yang sering dikaitkan dengan cinta dan kasih sayang. Dalam feng shui, bunga mawar dianggap sebagai simbol cinta dan kasih sayang yang dapat membantu menarik energi positif ke dalam rumah.

Tanaman hias ini memiliki bunga yang indah dan harum, serta dapat ditempatkan di dalam pot atau di taman. Bunga mawar disarankan untuk ditempatkan di ruangan yang sering digunakan untuk bersantai atau berkumpul dengan pasangan.

Lavender (Lavandula officinalis)

Lavender adalah jenis tanaman hias bunga yang dikaitkan dengan relaksasi, ketenangan, dan keharmonisan. Dalam feng shui, lavender dapat membantu mengurangi stres dan menciptakan suasana yang tenang.

Tempatkan lavender di ruang tidur atau ruang meditasi untuk menciptakan atmosfer yang santai dan menenangkan. Bunga-bunga lavender yang indah juga dapat memberikan sentuhan visual yang menenangkan.

Lidah Buaya (Aloe vera)

Lidah buaya adalah jenis tanaman hias daun yang memiliki sifat penyembuhan dan perlindungan. Dalam tradisi feng shui, lidah buaya digunakan untuk menyerap energi negatif dan melindungi rumah dari gangguan.

Tempatkan lidah buaya di area yang membutuhkan penyembuhan atau perlindungan, seperti ruang tidur atau ruang keluarga. Kamu juga dapat menempatkan tanaman hias ini di dekat pintu masuk untuk melindungi rumah dari energi negatif yang mungkin masuk.

Teratai (Nymphaea lotus)


Teratai adalah jenis tanaman hias bunga yang indah dan populer di Asia. Dalam praktik feng shui, Teratai melambangkan keberuntungan, kemakmuran, dan kesuksesan. Tanaman hias ini juga diyakini dapat membantu meningkatkan kualitas hidup dan memperkuat hubungan.

Teratai adalah jenis tanaman bunga yang tumbuh di kolam atau perairan yang tenang. Warna-warna cerah dan bunga yang indah dari teratai melambangkan pemurnian. Karena itu, teratai seringkali ditempatkan di kolam atau wadah dengan air yang tenang di halaman atau taman untuk menciptakan energi yang harmonis.

Air yang mengalir melalui bunga teratai melambangkan aliran energi positif yang terus-menerus. Teratai juga dapat ditempatkan di dalam rumah, menggunakan wadah yang diisi dengan air, untuk menciptakan suasana yang menenangkan dan spiritual.

Baca juga: Merawat Tanaman Hias Air: Panduan Lengkap

Pohon Lemon (Citrus limon)

Pohon lemon pada umumnya ditanam sebagai tanaman komersial yang hanya diambil buahnya. Namun, lemon juga dapat ditanam sebagai tanaman hias. Dalam tradisi feng shui, pohon lemon adalah jenis tanaman hias yang dikaitkan dengan kesegaran, keceriaan, dan keberuntungan. Buah lemon yang menguning menciptakan energi yang menyegarkan dan membersihkan.

Tempatkan pohon lemon di area yang membutuhkan penyegaran, seperti ruang tamu, dapur, atau taman. Keberadaan tanaman hias ini akan memberikan sentuhan alami dan energi yang menyegarkan.

Anggrek (Orchidaceae)


Anggrek adalah jenis tanaman hias bunga yang sering dikaitkan dengan keindahan dan keanggunan. Dalam feng shui, bunga anggrek dianggap sebagai simbol keindahan dan keanggunan yang dapat membantu menarik energi positif ke dalam rumah. 

Tanaman ini memiliki bunga yang unik dan berbagai warna, serta dapat ditempatkan di dalam pot atau di taman. Bunga anggrek disarankan untuk ditempatkan di ruangan yang sering digunakan untuk bersantai atau meditasi.

Anggrek juga dikaitkan dengan energi yang meningkatkan kesuburan dan hubungan harmonis antara pasangan. Memajang bunga anggrek di ruangan tidur atau ruang keluarga dapat menciptakan atmosfer yang menenangkan dan romantik.

Rubber Plant (Ficus elastica)

Rubber plant adalah jenis tanaman hias daun yang sering dikaitkan dengan kekuatan dan kestabilan. Dalam feng shui, tanaman karet dianggap sebagai simbol kekuatan dan kestabilan yang dapat membantu menarik energi positif ke dalam rumah. Tanaman hias ini memiliki daun yang besar dan lebar. Rubber plant dapat ditempatkan di berbagai area di rumah atau ruangan sesuai dengan kebutuhan energi yang diinginkan.

Bunga Matahari (Helianthus)