Spinner Icon

Panduan 4 Warna Cat Kamar Tidur yang Menenangkan

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 17 Januari 2024
Table of Contents:

Warna dapat menjadi alat komunikasi untuk menggambarkan situasi atau perasaan seseorang. Begitu juga dengan warna cat yang dipilih seseorang untuk mewarnai dinding rumah mereka.

Warna dinding rumah dapat memengaruhi bagaimana suasana yang ada di dalam ruangan tersebut. Seperti yang kita ketahui kamar tidur difungsikan sebagai tempat kita beristirahat, sehingga warna cat pilihanmu perlu mendukung kualitas tidur atau dapat menenangkan hati dan pikiranmu.

Untuk lebih memahami warna cat apa saja yang cocok untuk menciptakan kamar tidur yang menenangkan, Yuk simak artikel di bawah ini!


Key takeaways:

  • Warna cat dinding dapat memengaruhi situasi, mood, dan perasaan orang yang berada di dalam ruangan tersebut.
  • Untuk warna cat kamar tidur, pilihlah warna cat kamar tidur yang menenangkan.
  • Dengan warna cat kamar tidur yang menenangkan, kamu dapat tidur lebih rileks dan berkualitas.
  • Warna cat kamar tidur yang menenangkan adalah warna biru, kuning, hijau, dan putih.
  • Sementara, warna ungu, coklat, dan abu-abu sebaiknya tidak digunakan untuk warna cat kamar tidur karena akan memperburuk kualitas tidur kamu.


Warna Cat Kamar Tidur Bisa Memengaruhi Kualitas Tidur

Warna sering digunakan sebagai suatu ungkapan hati atau perasaan, begitu juga dengan warna cat dinding. Warna cat dinding dapat memengaruhi fisiologis orang yang berada di ruangan tersebut. Salah satu ruangan yang sering kita tempati yaitu kamar tidur.

Karena itulah kamu perlu memerhatikan penggunaan warna cat kamar tidur. Dengan pemilihan warna-warna yang menenangkan untuk kamar tidur dapat membangun mood serta membantu tidur kamu jadi lebih baik.

Faktanya, menurut penelitian yang dilakukan oleh Travelodge, warna cat kamar tidur dapat memengaruhi kualitas tidur seseorang. Dalam studinya, Travelodge meneliti 2.000 rumah di Inggris untuk menyelidiki bagaimana warna dapat memengaruhi kualitas tidur.

Nah, apa saja warna cat kamar tidur yang dapat membantu memperbaiki kualitas tidur kita? Berikut adalah beberapa warna cat kamar tidur yang menenangkan.

1. Warna Biru Peringkat Satu Warna Cat Kamar Tidur yang Menenangkan


Warna biru adalah pilihan warna cat kamar tidur menenangkan. Ada penelitian menyebutkan bahwa warna biru adalah warna yang cocok untuk diaplikasikan di kamar tidur karena dapat meningkatkan kualitas tidur.

Seseorang yang tidur di kamar dengan cat berwarna biru, dapat tidur 7 jam 25 menit per malamnya. Chris Idzikowski, Ahli Tidur dari Edinburgh Sleep Centre mengatakan bahwa ada reseptor khusus yang disebut sel ganglion di bagian retina mata kita yang paling sensitif terhadap warna biru. Sehingga jika kamu menggunakan warna biru sebagai warna kamar tidur, mata kamu akan menjadi lebih rileks dan tubuh menjadi lebih tenang. 

Baca juga: Tips Dekorasi Kamar Tidur Warna Biru agar Lebih Aesthetic

2. Warna Kuning Hangat Meningkatkan Kualitas Tidur


Setelah warna biru, kuning adalah warna kedua sebagai warna kamar tidur yang menenangkan. Dengan menggunakan warna kuning untuk mewarnai dinding kamar tidur, kamu akan mendapatkan rata-rata waktu tidur selama 7 jam 40 menit per malamnya. Warna kuning juga dipercaya dapat merangsang sistem saraf yang membantu tubuh menjadi rileks serta menciptakan suasana hangat dan nyaman di dalam kamar. 

3. Warna Hijau yang Menenangkan


Di urutan ketiga untuk warna cat kamar tidur yang menenangkan adalah warna hijau. Dengan menggunakan warna cat hijau untuk kamar tidur kamu, kualitas tidur akan meningkat.

Warna hijau terkenal sebagai warna yang identik dengan lingkungan yang menenangkan, membantu relaksasi serta mengurangi stres. Selain itu, orang yang tidur dalam kamar yang berwarna cat kamar hijau, dapat mencapai waktu tidur rata-rata 7 jam 36 menit. 

4. Warna Putih yang Bersih dan Murni


Yang terakhir yaitu seperti yang kamu ketahui, warna putih adalah warna yang netral dan umum digunakan. Warna putih adalah warna yang mempunyai aspek keseimbangan positif dan negatif. Selain itu, warna putih juga dapat diartikan sebagai kebersihan, kesegaran, dan kesederhanaan.

Warna putih adalah salah satu alternatif yang bisa kamu pilih sebagai warna cat kamar tidur yang menenangkan. Warna putih juga cocok untuk dipadupadankan dengan berbagai dekorasi. Dalam dunia arsitektur dan desain interior, warna putih terkenal dapat membuat ruangan menjadi tampak lebih luas dan minimalis.

Baca juga: 10 Tips Merawat Wallpaper Kamar Tidur Agar Lebih Awet


Warna Cat Kamar Tidur yang Perlu Dihindari

Setelah mengetahui empat warna cat yang menenangkan di atas, perlu diketahui juga ada beberapa warna cat yang tidak direkomendasikan sebagai warna cat kamar tidur yang menenangkan.

Warna yang perlu kamu hindari adalah warna ungu, coklat, dan abu-abu. Hal ini telah dibuktikan melalui penelitian yang dilakukan oleh Travelodge bahwa warna ini membuat seseorang tidak dapat tidur dengan kualitas yang baik.

Walaupun warna-warna tersebut adalah warna yang sedang populer dan dapat menciptakan kesan estetik. Sebaiknya warna-warna ini dihindari saat memilih warna cat kamar tidur yang menenangkan.

Baca juga: 12 Inspirasi Desain Interior Kamar Tidur Minimalis


BTN Properti sebagai Solusi Ide Dekorasi

Setelah mengetahui warna-warna apa yang dapat membuat kamar menjadi lebih tenang, kamu dapat memilih rumah berdasarkan pertimbangan warna cat tersebut.  Ingin membaca artikel bermanfaat lainnya? Baca artikel menarik lainnya melalui website kami. Di website kami, kamu dapat menemukan berbagai artikel bermanfaat terkait properti, mulai dari tips terkait properti, ide desain rumah ataupun ruangan di rumah, program KPR, dan lain-lain.

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua