Spinner Icon

Wajib Tahu! Eksplorasi Warna Cat yang Bagus untuk Rumah

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 3 Juli 2024
Table of Contents:
  • Rekomendasi warna cat yang bagus untuk rumah
  • 1. Warna putih
  • 2. Warna abu-abu
  • 3. Warna abu kilap
  • 4. Warna oranye
  • 5. Warna kuning
  • 6. Warna Viva Magenta
  • 7. Warna off-white
  • 8. Warna tosca
  • 9. Warna navy blue
  • 10. Warna biru muda
  • 11. Warna peach
  • 12. Warna lavender
  • 13. Warna cat rona ringan merah muda
  • 14. Warna cream
  • 15. Warna hijau mint
  • 16. Warna light coffee
  • 17. Warna olive
  • 18. Warna monokrom
  • Panduan dalam memilih warna cat rumah yang benar
  • 1. Menggunakan skema warna
  • 2. Menyesuaikan terhadap suasana dan desain yang diinginkan
  • 3. Menggunakan warna estetik
  • 4. Menyatukan warna dengan color wheel
  • 5. Selaraskan dengan lingkungan sekitar
  • Kesimpulan

Ingin menyegarkan suasana di rumahmu? Tapi, bingung mau mulai darimana? Kamu bisa coba mengubah warna catnya dan lihat perubahannya.

Mengganti warna cat rumah dapat mengubah suasana dan tampilan rumah. Kamu dapat memilih warna-warna cat untuk menciptakan tampilan yang menarik dan elegan, meskipun pada ruangan berukuran kecil.

Bahkan, warna cat juga dapat menjadi faktor pembentuk mood di dalam suatu ruangan. Cara pandang seseorang atau first impression pengunjung dalam melihat bentuk, ukuran, keharmonisan rumah dengan lingkungan, hingga sifat penghuni juga dapat direfleksikan melalui cat rumah.

Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk memilih warna cat rumah yang bagus dan tepat sesuai desain rumahmu. Pasalnya, masing-masing desain rumah memiliki karakteristik tertentu dan tidak bisa dipadukan dengan sembarang warna.


Misalnya, rumah desain minimalis cenderung menggunakan warna-warna netral seperti putih atau cream. Namun, jika desain minimalis menggunakan warna merah terang, maka rumah akan terlihat sempit dan terlalu mencolok.

Warna cat rumah juga terdiri dari beragam jenis, ada warna hangat, warna cerah, warna pastel, hingga warna-warna netral. Penggunaan jenis warna tidak hanya bergantung pada desain rumah, tetapi juga fungsi ruangan tersebut. Sebagai contoh, warna-warna hangat cocok untuk kamu aplikasikan di kamar tidur.

Pada artikel berikut akan kami rangkumkan 18 rekomendasi warna cat hingga tips dalam memilih warna cat. Ingin tahu lebih lanjut terkait warna cat yang bagus untuk rumah? Mari simak artikel berikut ini.

Key Takeaways:

  • Warna yang satu ini paling populer untuk digunakan pada cat rumah karena sifatnya yang netral dan sederhana. Bahkan, warna putih identik sekali sebagai warna cat rumah minimalis
  • Warna peach merupakan campuran dari warna oranye dan pink. Warna yang satu ini bisa kamu gunakan untuk menciptakan kesan sederhana dan elegan.
  • Skema warna juga dapat menjadi solusi jika kamu bingung saat memilih warna rumah. Kamu bisa menggunakan skema warna untuk menciptakan keunikan dan suasana yang berbeda di tiap ruangan pada rumah.

Rekomendasi warna cat yang bagus untuk rumah

Masing-masing warna cat rumah dapat memberikan kesan unik tersendiri. Oleh karena itu, kamu harus memilihnya dengan hati-hati agar dapat sesuai dengan desain rumahmu. Berikut ini telah kami ulas 18 rekomendasi warna cat rumah yang elegan:

1. Warna putih


Warna yang satu ini paling populer untuk digunakan pada cat rumah karena sifatnya yang netral dan sederhana. Bahkan, warna putih identik sekali sebagai warna cat rumah minimalis. Hal ini dikarenakan warna putih tidak hanya memberikan kesan bersih dan netral, tetapi juga sentuhan elegan pada rumah.

Rumah dengan cat warna putih umumnya memiliki pencahayaan maksimal karena warna putih lebih unggul dalam memantulkan cahaya. Ditambah lagi, penggunaan warna putih dapat membuat rumah terlihat luas.

Warna putih juga mudah dipadukan dengan warna lainnya seperti hitam, abu-abu, maupun cokelat. Hampir seluruh desain cocok menggunakan warna putih seperti desain minimalis, modern, hingga klasik.

2. Warna abu-abu

Banyak orang mengira bahwa warna abu-abu hanya cocok jika diterapkan pada fasad atau bagian eksterior rumah saja. Padahal, kamu bisa menggunakan warna abu untuk menciptakan kesan futuristik dan modern. Tambahkan berbagai elemen dekorasi atau hiasan sehingga ruang tamu terlihat cerah.

3. Warna abu kilap

Rekomendasi selanjutnya yang cukup unik yaitu warna abu kilap. Secara sederhana, warna ini berasal dari warna abu sederhana yang kemudian dilengkapi dengan finishing glossy sehingga tampil mengilap. Penggunaan warna abu kilap tidak hanya memberikan kesan elegan pada rumah, tetapi juga unik.

Kamu juga dapat memaksimalkan efek kilapnya dengan menambahkan lampu pijar, sehingga interaksi cahaya dapat menciptakan bayangan yang menarik di dinding.

Keistimewaan warna cat rumah yang satu ini adalah mampu menciptakan fluktuasi suasana di dalam ruangan sepanjang hari serta mengikuti perubahan intensitas dan sumber cahaya yang dipantulkan.

4. Warna oranye


Meskipun terlihat agak eksentrik, warna oranye dikenal dapat memicu kreativitas dan meningkatkan mood penghuni. Warna ini seringkali dihindari karena dianggap mencolok. Akan tetapi, warna oranye ternyata juga dapat memberikan kesan yang ceria dan penuh energi dalam rumah.

Suasana hangat juga bisa kamu ciptakan menggunakan warna oranye. Usahakan untuk memadukan warna oranye dengan desain ruangan sederhana dan tambahkan dekorasi sederhana seperti tanaman hias, lukisan, dan sebagainya.

5. Warna kuning

Selain warna oranye, warna kuning juga memiliki karakter yang ceria dan optimis. Tidak hanya menciptakan suasana hangat dalam rumah, kecerahan warna kuning juga bisa membantu memaksimalkan pencahayaan dalam rumah.

Pasalnya, ia dapat memantulkan cahaya matahari dan memberikan ilusi ruang yang lebih luas dalam rumah. Dengan menambahkan berbagai furnitur dan aksesoris, rumah dengan cat warna kuning akan terlihat lebih mewah.

6. Warna Viva Magenta

Pernah menjadi Color of The Year 2023, membuat warna yang satu ini tidak kalah menarik daripada warna lainnya. Warna viva magenta menampilkan keberanian melalui ekspresi warna dan menambah kehangatan pada ruangan. Ruangan akan tampil unik dan menyoroti kepribadiannya yang kuat. Gunakan elemen dekoratif untuk meningkatkan atmosfer ruangan secara keseluruhan (Wulan Nurjannah, 2024).

7. Warna off-white


Inspirasi warna selanjutnya yaitu warna off-white. Warna ini memiliki tampilan yang berbeda dengan warna putih murni, melainkan lebih mirip dengan abu-abu netral yang menenangkan bagi mata. Warna ini dapat menciptakan kesan yang sederhana sekaligus elegan.

Pencahayaan dalam ruangan juga dapat maksimal dengan penggunaan warna off-white. Kamu juga bisa menambahkan beberapa elemen desain interior lainnya untuk menambah daya tarik estetika rumah. Misalnya furnitur bergaya Japandi atau gorden berwarna netral.

8. Warna tosca

Warna yang satu ini terkenal akan efeknya yang kontras. Warna tosca cocok untuk kamu aplikasikan di kamar. Kamu bisa menggabungkan warna tosca dengan furnitur berwarna putih sehingga kamar tidurmu terlihat menarik dan menyegarkan.

Selain kamar tidur, kamu juga bisa menggunakan warna tosca pada ruang tamu. Ruang tamu berwarna tosca dapat memberikan kesan tenang dan hangat.

9. Warna navy blue

Warna biru laut atau sering dikenal dengan istilah navy blue semakin populer untuk dijadikan dekorasi ruangan belakangan ini. Keistimewaan warna ini yaitu mampu membuat suatu ruangan terlihat elegan, kalem, tetapi tegas.

Oleh sebab itu, navy blue lebih cocok untuk digunakan pada ruangan yang luas dan terbuka. Kehadiran warna ini dapat menciptakan atmosfer yang menenangkan, menyatu, serta menambah dimensi pada ruangan yang besar.

Pemilihan furnitur dan dekorasi yang tepat juga bisa memperkuat kesan elegan warna navy blue. Misalnya, penggunaan lukisan sederhana yang berukuran cukup besar atau pemakaian jendela besar untuk memaksimalkan pencahayaan. Dengan begitu, ruangan akan terasa semakin nyaman untuk ditinggali.

10. Warna biru muda


Warna biru muda dapat menjadi opsi bagi kamu yang memiliki desain tropis. Hal ini dikarenakan warna ini dapat memberikan kesan yang santai dan menyenangkan.

Tidak hanya itu, warna biru laut juga dapat memberikan suasana alami pada setiap sudut ruangan. Umumnya penggunaan warna biru langit sering digunakan pada ruang keluarga.

11. Warna peach

Warna peach merupakan campuran dari warna oranye dan pink. Warna yang satu ini bisa kamu gunakan untuk menciptakan kesan sederhana dan elegan. Ditambah lagi, warna peach bisa membuat ruangan terlihat lebih luas dan hangat.

Tambahkan aksesoris rumah yang artistik seperti rak ambalan berbahan kayu, tanaman hias, atau elemen dekoratif supaya rumah terlihat lebih artistik dan minimalis.

12. Warna lavender

Lavender merupakan warna dengan nuansa ungu dan memiliki sentuhan biru di dalamnya. Warna lavender memang jarang digunakan oleh sebagian orang karena dianggap sulit dipadukan dengan warna lainnya. Padahal warna lavender bisa menampilkan kesan feminin yang menyegarkan dan cocok untuk rumah bergaya shabby chic, victorian, atay provence.

Kehadiran warna lavender pada dekorasi rumah dapat memberikan sentuhan yang memikat dan menawan, serta menciptakan suasana elegan dalam rumah. Kombinasikan dengan furnitur dan elemen dekoratif yang sesuai untuk meningkatkan keanggunan dan daya tarik visualnya.

13. Warna cat rona ringan merah muda

Warna cat rumah bergaya netral dengan nuansa merah muda yang ringan juga dapat menjadi inspirasi menarik untukmu. Rumah akan terlihat lembut, hangat, dan sederhana.

Kamu bisa mengkombinasikan warna ini dengan furnitur abu-abu atau hitam seperti sofa minimalis. Rumah akan terlihat keren dengan adanya perpaduan antara keduanya (Kania Dekoruma, 2024).

14. Warna cream


Sebagai variasi dari warna putih dengan sentuhan kuning, warna cream dapat menciptakan estetika, kehangatan, dan keanggunan pada rumah. Rumah akan terasa intim dan nyaman untuk dihuni bersama keluarga.

Terdapat beberapa desain yang cocok dengan warna cream, seperti gaya desain minimalis, modern, atau klasik. Ditambah lagi, warna cream tidak hanya menciptakan kehangatan, tetapi juga kesan elegan.

15. Warna hijau mint

Inspirasi berikutnya yang bisa kamu jadikan untuk cat rumah yaitu warna hijau mint. Warna mint mirip dengan warna hijau pada umumnya, hanya saja ia terlihat lebih lembut. Rumah dengan cat warna mint akan terasa hangat dan mengundang. Kamu juga bisa memadukannya dengan meja dan kursi berwarna biru lembut.

16. Warna light coffee

Warna yang satu ini termasuk ke dalam kelompok earth tone yang dikenal dapat memberikan kesan lembut dan menenangkan pada rumah. Warna light coffee memiliki nuansa seperti cokelat muda yang menyenangkan. Kamu bisa menggunakan warna light coffee untuk menciptakan kesan elegan pada rumah.

17. Warna olive


Warna yang satu ini merupakan warna hijau yang bersahaja dengan sedikit sentuhan warna kecokelatan sehingga mirip seperti buah zaitun. Warna olive bisa menjadi inspirasi warna untuk menciptakan atmosfer yang elegan di rumah.

Kamu bisa memaksimalkan dengan penggunaan furnitur bermaterial kayu atau pemanfaatan dekorasi alami seperti tanaman hias untuk diletakkan di berbagai sudut ruangan. Tujuannya yaitu menambah kesan alami pada rumah.

18. Warna monokrom

Seringkali menjadi alternatif para pemilik rumah dengan desain minimalis, modern, dan klasik, membuat warna monokrom semakin populer di dunia properti. Bahkan, warna monokrom telah menjadi simbol warna cat rumah minimalis dan modern.

Dengan penggunaan warna monokrom, kamu bisa membuat rumah tampil modern sekaligus sederhana. Ditambah lagi, penggunaan warna monokrom akan membuat ruangan terlihat rapi dan luas. Beberapa warna monokrom yang bisa kamu gunakan yaitu hitam, putih, dan abu-abu.

Baca juga: Rekomendasi Warna Cat Rumah Bagian Dalam untuk Percantik Rumah


Panduan dalam memilih warna cat rumah yang benar