Spinner Icon

Rekomendasi Warna Cat Rumah Bagian Dalam untuk Percantik Rumah

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 28 April 2023
Table of Contents:

Ada banyak elemen yang berperan dalam tampilan suatu rumah. Salah satu elemen yang paling penting dalam tampilan rumah adalah warna cat rumah. Warna cat rumah dapat menentukan kesan yang diberikan oleh sebuah ruangan. Di samping itu, warna cat rumah juga dapat mempengaruhi mood penghuni. 

Penting bagi kamu untuk memperhatikan warna cat yang dipilih untuk bagian dalam rumah karena warna yang kamu pilih akan berpengaruh dalam mewujudkan konsep rumah yang diinginkan dengan baik agar dapat mencerminkan karakter penghuni. Kombinasi warna adalah salah satu hal yang paling penting untuk menentukan warna cat rumah. Warna-warna cat yang berbeda dapat dikombinasikan agar dapat membuat rumah tampak lebih cantik. Oleh karena itu, kamu perlu memilih warna yang tepat untuk rumahmu agar dapat memiliki tampilan hunian yang memuaskan. 

Simak artikel berikut untuk memperoleh rekomendasi warna-warna cat terbaik untuk bagian dalam rumah minimalismu!

Key Takeaways:

  • Salah satu elemen yang paling penting dalam tampilan rumah adalah warna cat rumah. Warna cat rumah dapat menentukan kesan yang diberikan oleh sebuah ruangan.
  • Beberapa rekomendasi warna cat yang bisa kamu aplikasikan untuk bagian dalam rumah minimalis, antara lain warna putih, biru, kuning, hijau, hitam, abu, dan merah.
  • Pemilihan warna cat bagian dalam rumah sangat mempengaruhi konsep rumah yang ingin diwujudkan agar dapat mencerminkan karakter penghuni. 

Rekomendasi Warna Cat Rumah Bagian Dalam 

Ingin membuat rumah minimalismu tampak lebih cantik? Berikut adalah beberapa rekomendasi warna cat terbaik untuk bagian dalam rumah minimalis

1. Warna Putih

Pilihan cat warna yang satu ini sudah sangat dikenal sebagai pilihan warna yang paling digemari oleh para penggemar rumah minimalis. Warna putih adalah warna dengan kesan yang bersih dan cerah yang sangat cocok untuk rumah minimalis yang didesain untuk terlihat elegan. Sebagai salah satu warna netral, warna putih cocok dikombinasikan dengan warna lain. Kelebihan lain dari warna putih adalah adanya kesan ruangan yang terlihat lebih rapi dan lebih luas. 

Namun, di balik kecantikannya, rumah berwarna putih akan membutuhkan perawatan ekstra karena rona terangnya yang mudah kotor. Sebagai tips, kamu bisa menambahkan lapisan cat lain pada bagian bawah cat putih. Hal ini dapat mencegah adanya tembok bawah yang kotor. 

2. Warna Biru

Warna biru dikenal dengan nuansa tenang yang dapat dibawanya. Kelebihannya ini menjadikan warna biru sebagai salah satu pilihan warna cat bagian dalam rumah yang sangat banyak penggemarnya. Bahkan menurut Feng Shui, warna biru sebagai bagian dari elemen air dipercaya dapat meningkatkan kedamaian hati. Hal ini membuat warna biru menjadi pilihan yang paling tepat bagi kamu yang menyukai nuansa santai. 

Warna cat rumah biru sangat identik dengan alam, misalnya laut, langit, pantai, dan masih banyak lagi. Nuansa yang dibawakan warna biru memberikan kesan rumah yang lebih segar dan sejuk. Warna ini sangat cocok untuk kamu aplikasikan di ruang keluarga dan kamar tidur karena warna yang sejuk ini dapat membuat mood penghuni lebih nyaman. 


Jika kamu tidak ingin warna cat terlihat monoton, kamu dapat mengkombinasikan warna cat biru dengan warna lain ataupun dekorasi yang sesuai. Warna cat biru untuk rumah dengan tema modern minimalis dapat dikombinasikan dengan warna kuning pastel, merah, dan turquoise dengan aksen trim warna putih. Dinding dengan trim kuning pastel yang lembut dapat membuat rumah dengan dinding berwarna biru menjadi lebih hangat. Kamu juga dapat melengkapi ruangan dengan interior dan daun pintu yang berwarna merah cayenne

3. Warna Kuning

Jika kita membayangkan rumah berwarna kuning, tentu kita mengira bahwa rumah akan terlihat mencolok. Rumah warna kuning cenderung dihindari karena kesannya yang silau dan kurang menarik. Namun, tahukah kamu? Warna kuning sendiri sudah menjadi tren warna yang populer di tahun 2021. 

Warna kuning yang cerah dapat membawa kesan yang ceria dan tenang bagi penghuni. Warna cat rumah kuning juga dapat meningkatkan konsentrasi dalam belajar maupun bekerja bagi sebagian orang. Hal ini membuat warna cat ini sangat cocok untuk diaplikasikan di ruang makan dan ruang kerja. Selain itu, bila terkena cahaya, rumah dengan cat warna kuning akan terlihat lebih luas dan cerah. 

Warna cat kuning dapat dikombinasikan dengan dekorasi dan furnitur dengan warna senada, misalnya warna cokelat tua ataupun dekorasi berbagai tumbuhan hijau. Selain itu, warna merah hati juga dapat dikombinasikan dengan warna cat rumah kuning untuk tampilan rumah yang lebih ceria. 

4. Warna Hijau

Ingin ruangan terlihat segar dan asri? Warna cat hijau yang identik dengan dedaunan akan menciptakan kesan hunian yang segar. Kelebihan ini membuat warna hijau sangat cocok untuk diaplikasikan pada ruangan yang digunakan untuk tempat berkumpul di rumah, misalnya ruang keluarga ataupun ruang makan. 

Dengan pola yang lebih kuat, warna hijau yang terkesan tenang dapat memberikan tampilan lebih berani. Sebagai tambahan, cat warna hijau dapat memberikan kesan rumah yang lebih luas. Warna cat rumah hijau yang asri dapat membuat suasana di rumah lebih hidup. 

Kamu dapat mengkombinasikan cat warna hijau dengan hiasan dinding yang berwarna terang, misalnya krem, cokelat muda, ataupun orange muda. Selain itu, kamu dapat memilih warna cat hijau pastel yang lebih tenang dan homey. Ingin warna hijau yang lebih cerah? Kamu dapat memilih warna cat rumah hijau lemon yang dapat menambah kesan cerah pada rumah. Warna cerah seperti hijau lemon dipercaya dapat meningkatkan produktivitas penghuni karena membuat rumah terkesan lebih hidup. 

Baca juga: Ciptakan Kenyaman Hunian dengan Warna Earth Tone

5. Warna Hitam

Warna bagian dalam rumah tidak harus cerah agar terlihat cantik. Warna gelap seperti hitam juga dapat membuat rumah terlihat elegan dan modern. Warna hitam sendiri adalah salah satu pilihan warna yang sangat populer sebagai warna cat bagian dalam rumah di samping warna putih. 

Warna hitam dapat membuat rumah terlihat mewah karena kesannya yang mahal dan elegan. Untuk membuat ruangan berwarna hitam terlihat lebih luas, kamu dapat menggunakan penerangan yang cukup atau memperbanyak akses pencahayaan, misalnya dengan ventilasi seperti jendela. Kamu juga dapat mengkombinasikan warna hitam dengan warna-warna lain untuk meningkatkan kesan elegan pada ruangan. Salah satu kombinasi yang paling populer adalah warna hitam dan putih. Kamu juga dapat mempercantik ruangan dengan dekorasi yang tepat, misalnya dekorasi berwarna putih atau emas. 

6. Warna Abu


Pada masa kini, warna-warna monokrom sangatlah populer sebagai pilihan warna cat bagian dalam rumah. Salah satu warna monokrom yang cukup populer adalah abu-abu. Warna abu-abu sendiri dapat memberikan kesan hunian yang cerah, minimalis, dan elegan. 

Di samping itu, warna ini juga memiliki sifat netral yang mudah dipadukan dengan berbagai ragam corak lainnya. Untuk membuat hunian terkesan lebih hidup, kamu dapat memadukan warna cat abu-abu ke bagian dalam rumah dengan warna lain, seperti putih atau hitam. 

Tidak ingin rumah terlihat muram? Kamu dapat mengkombinasikan warna abu-abu dengan warna merah. Kombinasi dua warna ini akan membuat hunian terlihat elegan sekaligus cerah. Namun, salah satu tips bagi kamu yang ingin menggunakan kombinasi dua warna ini adalah buatlah warna cat abu-abu lebih dominan daripada warna merah. Dengan begitu, nuansa terang pada hunian dapat tetap terjaga. 

7. Warna Merah

Warna merah terkenal identik dengan kesan berani dan bersemangat. Dengan nuansa yang diberikan oleh cat warna merah ini, penghuni dapat terdorong untuk terus produktif dan bersemangat dalam beraktivitas sehari-hari. Meskipun terkesan tegas, warna merah juga dapat memberikan kesan hangat pada ruangan dan membuat suasana ruangan menjadi lebih hidup. Aura yang penuh energi yang dibawakan oleh warna merah dapat memberikan semangat bagi penghuni dalam beraktivitas sehari-hari. 

Warna cat ini sangat cocok untuk diaplikasikan pada ruang tamu atau dapur. Agar ruangan tidak terlihat terlalu berani, kamu dapat mengkombinasikan ruangan dengan cat warna merah dengan furnitur berwarna putih agar terlihat kontras. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan warna merah maroon yang terlihat elegan.

Baca juga: Inspirasi Desain Ruang Tamu Warna Hijau Sederhana yang Cantik


Kesimpulan

Demikian rekomendasi warna-warna cat yang dapat kamu pilih untuk mempercantik bagian dalam rumah. Ingatlah bahwa pemilihan warna adalah salah satu hal yang wajib kamu perhatikan. Hal ini karena warna cat dapat mempengaruhi suasana di dalam rumah. Warna cat bagian dalam rumah dapat membantu kamu nyaman dan tetap produktif di dalam rumah karena dapat membantu datangnya berbagai inspirasi yang kamu butuhkan. 

Klik link ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai info rumah dan KPR. 

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua