Spinner Icon

Inspirasi Bahan Kitchen Set Aluminium untuk Rumah Minimalis

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 30 April 2023
Table of Contents:

Seperti yang pernah di beberapa artikel lainnya, ada banyak sekali jenis material yang digunakan untuk pembuatan kitchen set. Di antara berbagai jenis material pembuatan kitchen set, aluminium adalah salah satu material yang banyak digunakan dan cukup populer karena keunikannya. Biasanya, material ini digunakan untuk kitchen set yang dibangun di restoran atau cafe atau tempat lain dengan kelembaban tinggi. Namun, material kitchen set ini juga sangat cocok bila digunakan di dapur rumah loh.

Material aluminium sendiri memiliki kualitas yang sangat baik, mulai dari kekuatannya dan ketahanannya terhadap api. Kelebihan-kelebihan yang dimiliki material ini membuat penggemar kitchen set aluminium semakin banyak. Selain fungsionalitasnya, setiap orang pasti ingin memiliki dapur yang cantik. Ingin membuat kitchen set dari bahan aluminium dengan tetap terlihat cantik dan minimalis? Kamu tidak perlu takut karena maupun dibuat dari material aluminium sekalipun, dapurmu masih bisa terlihat cantik. 

Pada artikel kali ini, akan dibahas seputar kelebihan kitchen set aluminium dan juga memberikan beberapa rekomendasi model kitchen set aluminium yang cocok untuk rumah minimalismu. Yuk, kita simak!

Key Takeaways:

  • Material aluminium adalah salah satu material yang banyak digunakan untuk kitchen set dan cukup populer karena keunikannya dan kualitasnya yang sangat baik. 
  • Beberapa kelebihan yang dimiliki material aluminium sebagai kitchen set antara lain mudah dibersihkan, ringan, kuat, desain elegan, tahan air, tidak mudah terbakar, tahan lama, tahan rayap, dan bisa diaplikasikan dalam berbagai model dan warna.
  • Ada beberapa model kitchen set aluminium yang dapat kamu terapkan untuk dapur minimalis dan cantik, antara lain kitchen set aluminium putih, kitchen set aluminium hitam, kitchen set aluminium dengan layout letter L, kitchen set aluminium kaca, kitchen set aluminium kayu, kitchen set aluminium coklat, kitchen set aluminium merah, dan kabinet full aluminium.


Kelebihan-Kelebihan Model Kitchen Set Aluminium

Berikut adalah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh kitchen set aluminium yang membuatnya menjadi pilihan yang sempurna untuk dapur. 

1. Mudah Dibersihkan

Semua orang pasti ingin memiliki dapur yang mudah dibersihkan karena sebagai salah satu bagian yang paling penting dalam rumah, dapur yang kotor tentu akan membuat penghuninya tidak nyaman. Dengan kitchen set aluminium, kamu dapat memiliki dapur yang tidak menyerap kotoran dan noda yang jatuh di atasnya, atau bisa disebut juga sebagai kitchen set anti noda. Bahan aluminium yang sangat tahan terhadap noda juga dapat membantu untuk tidak meninggalkan residu pada piring ataupun furnitur. Hal ini merupakan salah satu keuntungan terbesar dari kitchen set aluminium, karena jika dibandingkan dengan kitchen set material lainnya memiliki kekurangan dimana materialnya cukup sulit untuk dibersihkan, misalnya dari kayu. 

2. Ringan dan Kuat

Meskipun memiliki bobot yang ringan, tahukah kamu bahwa material aluminium sangatlah kuat. Hal ini dapat terlihat dari daya tahannya yang kuat dan tidak mudah rusak. Bobotnya yang ringan membuatnya mudah dipasang dan dikerjakan. Di samping itu, aluminium juga memiliki sifat anti karat dan tidak menimbulkan korosi seperti logam lainnya. 

3. Desain Elegan

Ingin memiliki tampilan dapur yang mewah dan elegan? Kitchen set aluminium adalah solusi yang tepat bagi kamu. Sebagai bahan yang mudah diolah, aluminium dapat didesain sedemikian rupa untuk memberikan dapurmu tampilan yang mewah, elegan dan minimalis. Dengan menonjolkan warna silver yang dimiliki aluminium, kesan elegan pada dapur dapat dengan mudah didapatkan. 


4. Tahan terhadap Air dan Tidak Mudah Terbakar

Salah satu kelebihan utama yang dimiliki oleh material aluminium sebagai kitchen set adalah sifatnya yang tahan air dan api. Permukaan aluminium yang padat membuatnya menjadi tahan air. Di samping itu, material ini juga memiliki titik leleh yang tinggi sehingga jika terjadi sesuatu di dapur, material ini tidak mudah terbakar dan tahan terhadap air. 

5. Tahan Lama

Seperti yang telah disebutkan pada poin sebelumnya, aluminium merupakan material yang kuat dan tahan lama. Material ini sendiri dapat menangani banyak keausan sehingga memiliki umur yang panjang dan daya tahan yang tinggi. 

6. Tahan Rayap

Selain anti karat dan anti noda, kitchen set aluminium juga memiliki sifat anti rayap dengan kualitas tinggi. Dilengkapi dengan desain yang minimalis, elegan, dan mewah, material ini sangat cocok diaplikasikan untuk dapur apapun tanpa takut serangan rayap. Kamu juga dapat menyandingkan kitchen set ini dengan oven, kompor, dan tempat cuci piring. 

7. Hadir dalam Berbagai Model dan Warna

Dengan kitchen set aluminium, kamu tidak perlu takut dapurmu terlihat monoton. Sebelumnya, mungkin kamu takut akan kesannya yang monoton, namun kini sudah ada banyak perkembangan kitchen set aluminium. Kitchen set aluminium kini hadir dalam berbagai pilihan model dan warna, sehingga kamu dapat mengembangkan kitchen set yang menarik dan unik. 

Baca juga: Nyaman di Dapur dengan Desain Kitchen Set Minimalis


8 Model Kitchen Set Aluminium

Ingin mempercantik dapurmu? Berikut adalah beberapa model kitchen set aluminium yang dapat menjadi inspirasimu untuk membangun dapur yang minimalis dan elegan. 

1. Kitchen Set Aluminium Putih

Jika kitchen set dengan material kayu dapat memberikan kesan yang minimalis bagi dapur, material aluminium untuk kitchen set juga dapat menciptakan kesan minimalis yang tidak kalah cantik. Biasanya, warna dasar putih adalah warna yang sering digunakan untuk menciptakan kitchen set yang minimalis. 

Aplikasi warna putih pada kitchen set aluminium dapat membuat dapur tampil minimalis dan modern. Dengan model kitchen set ini, kamu harus bisa menata berbagai macam peralatan memasak secara rapi agar ruang dapur terlihat nyaman dan rapi. 

2. Kitchen Set Aluminium Hitam

Di samping warna putih, warna gelap juga dapat kamu aplikasikan untuk memberikan tampilan kitchen set yang cantik, misalnya warna hitam. Kitchen set aluminium berwarna hitam akan membuat dapur terlihat lebih menawan dan elegan. 

Untuk aplikasi warna hitam pada kitchen set aluminium, kamu dapat menggunakan list pada bahan aluminium yang berwarna putih atau silver pada pintu-pintu kabinet. Dengan menerapkan model ini, kamu dapat menciptakan tampilan kitchen set yang kontemporer dengan adanya gabungan warna hitam dan putih yang memberikan kesan elegan pada dapur. 


3. Kitchen Set Aluminium dengan Layout Letter L

Ingin memiliki kitchen set aluminium namun kamu hanya memiliki dapur yang berukuran kecil? Layout letter L adalah tata letak dapur yang cocok bagi kamu yang memiliki dapur kecil dan minimalis. Penggunaan aluminium untuk kitchen set dengan layout letter L akan membuat dapur tampil bagus dan rapi. Dengan penyusunan kabinet dan peralatan dapur yang rapi, dapur akan terlihat minimalis dan modern. 

4. Kitchen Set Aluminium Kaca

Takut kitchen set terlihat monoton karena penggunaan satu jenis material saja? Material aluminium pada kitchen set juga cocok dikombinasikan dengan material lain, misalnya material kaca. Penggunaan material kaca dapat menambahkan kesan estetik dan juga fungsionalitas yang lebih baik bagi dapur. Dengan material kaca, kamu dapat melihat peralatan dapur yang berada di kitchen set dengan lebih mudah. 

Selain itu, penggunaan bahan kaca dapat membantu mengurangi biaya untuk pembuatan kitchen set yang akan lebih mahal jika menggunakan full aluminium untuk kitchen set-nya. Untuk mempercantik dapur, kamu juga dapat memberikan wallpaper pada kabinet dengan motif abstrak agar dapur terlihat lebih modern dan berwarna. 

5. Kitchen Set Aluminium Kayu

Di samping bahan kaca, kamu juga dapat memadukan kitchen set aluminium dengan bahan kayu. Lain dengan warna coklat pada umumnya, warna coklat dengan motif kayu akan memiliki tampilan yang lebih elegan dan klasik dengan struktur bergelombang seperti yang dimiliki lapisan kayu pada aslinya. Model kitchen set aluminium ini sangat cocok diaplikasikan pada dapur rumah ataupun apartemen. 


6. Kitchen Set Aluminium Coklat

Selain warna hitam dan putih yang sudah banyak digunakan, kamu juga dapat menggunakan warna coklat untuk model kitchen set aluminium. Warna ini sendiri memang jarang digunakan sehingga akan menciptakan model kitchen set yang unik. Penggunaan warna coklat dapat membuat dapur memiliki konsep yang sederhana sekaligus terlihat modern. 

Aplikasi warna coklat sendiri sangat cocok bagi kamu yang memiliki ukuran dan denah dapur yang luas. Umumnya, model ini digunakan pada rumah yang memiliki dapur berukuran luas dan memiliki ruang yang lebih banyak. 

7. Kitchen Set Aluminium Merah

Ingin memiliki nuansa yang terang dan cerah pada dapur? Kamu dapat membuat dapurmu terlihat lebih berani dan modern dengan menerapkan model kitchen set aluminium berwarna merah. Untuk membuat dapur lebih bagus lagi, kamu dapat menambahkan aksesoris dapur yang cantik dan modern. 

8. Kabinet Full Aluminium

Aplikasi material aluminium untuk kabinet bagian atas kitchen set juga dapat kamu lakukan. Cara ini adalah alternatif yang bisa dilakukan bagi kamu yang tidak ingin membuat seluruh kitchen set dengan full aluminium, yang mana akan membutuhkan biaya yang tidak kecil. Kamu bisa membuat kitchen set dengan bahan kayu dengan bagian bawah yang dapat kamu buat dengan olahan kayu seperti multipleks dan counter top yang terbuat dari granit atau marmer. 

Baca juga: Kitchen Set Letter L - Desain Dapur untuk Rumah Minimalis


Kesimpulan

Demikian beberapa desain model kitchen set aluminium yang kami berikan. Penting bagi kamu untuk berhati-hati dalam memilih kitchen set yang sesuai kebutuhanmu. Semoga inspirasi-inspirasi di atas dapat menjadi pilihan bagi kamu yang ingin memiliki kitchen set aluminium di rumahmu untuk membuat dapurmu tampil lebih modern dan elegan. 

Jika kamu ingin menelusuri informasi mengenai properti lainnya, kunjungi website kami dimana kamu dapat menemukan berbagai artikel seputar properti lainnya. Klik link ini untuk mengetahui lebih lanjut. 

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua