Spinner Icon

Percantik Dapurmu Dengan Rak Dinding Dapur Minimalis dari Kayu

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 23 Mei 2023
Table of Contents:

Dapur menjadi tempat dimana orang-orang berkumpul, bersosialisasi, memasak, dan makan bersama. Oleh karena itu, kamu bisa membuat dapur tampil cantik dan menarik. Namun, tentu tidak mudah untuk membuat dapur terlihat cantik sambil tetap menjaga agar fungsi dapur dapat bekerja secara maksimal. Salah satu solusi yang dapat kamu lakukan adalah dengan menggunakan rak kayu. 

Rak kayu digunakan tidak hanya sebagai ruang penyimpanan, tetapi juga sebagai elemen tambahan untuk mempercantik dapur. Rak kayu sering dan sangat cocok bila digunakan di rumah minimalis. Jenis rak dinding satu ini sangat tepat jika rumahmu memiliki ruang penyimpanan yang minim. 

Kamu bisa menyimpan berbagai peralatan memasak dan makan pada rak dinding agar dapur terlihat bersih dan rapi. Dengan begitu, akan mempermudah kamu saat mencari peralatan dapur. Kini, telah hadir berbagai desain rak kayu minimalis. Pada artikel kali ini, akan dibahas seputar inspirasi rak dinding minimalis yang cocok untuk area dapur. Simak artikel ini untuk mengetahui lebih lanjut!

Key Takeaways:

  • Dapur digunakan menjadi tempat di mana orang-orang berkumpul, bersosialisasi, memasak, dan makan bersama.
  • Rak kayu digunakan tidak hanya sebagai ruang penyimpanan, tetapi juga sebagai elemen tambahan untuk mempercantik dapur.
  • Rak dinding minimalis kayu yang cocok untuk dapur yaitu rak dinding kayu dengan sekat, rak berbentuk geometri arch, rak ambalan kayu, rak kayu bergaya industrial, rak gantung minimalis, dan masih banyak lagi. 

Beragam Model Rak Dinding Minimalis dari Kayu yang Cocok untuk Dapurmu


Ini dia deretan model yang dapat menjadi inspirasi dalam mempercantik dapur:

1. Rak dinding kayu dengan sekat

Desain rak dinding minimalis dari kayu yang pertama adalah rak dinding kayu dengan sekat. Seperti rak sekat pada umumnya, hanya saja rak yang satu ini terbuat dari kayu. Kamu bisa menyimpan berbagai barang dengan rak dinding yang satu ini. Mulai dari alat dapur, pajangan, bingkai foto, dan lain-lain. Rak kayu dengan sekat juga mudah disesuaikan dengan berbagai desain rumah. Misalnya Japandi, Scandinavian, dan lain-lain.

2. Rak dinding minimalis dari kayu berbentuk geometri arch

Bentuknya yang unik, yaitu geometri arch, membuat rak dinding kayu yang satu ini digemari oleh banyak orang. Bentuk geometri arch itu terlihat pada bagian atas yang menyerupai setengah lingkaran dan terdiri dari dua ambalan. Rak kayu ini tidak hanya berfungsi sebagai menyimpan alat dapur, tetapi bisa juga dijadikan sebagai hiasan tambahan agar dapur terlihat dinamis dan estetik. Pemasangannya juga cukup mudah, hanya menggunakan 1 buah paku untuk menggantungkannya pada dinding dapur.

3. Rak ambalan kayu yang simpel

Sering digunakan sebagai rak buku, rak dinding minimalis dari kayu ambalan juga menjadi alternatif untuk menyimpan bumbu dapur. Memiliki penampilan yang sederhana tetapi tetap kokoh, model rak yang satu ini hanya berupa papan kayu dengan warna coklat netral. Di samping tampilannya yang indah,  kamu juga bisa membuatnya sendiri. Bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya hanya sebuah papan kayu dan penyangga besi yang kuat untuk menopang bagian bawahnya. Rak ambalan kayu juga menjadi favorit banyak orang karena mudah ditemukan serta memiliki harga yang terjangkau.

4. Rak dinding bergaya industrial

Rak dinding dapur minimalis selanjutnya adalah rak kayu yang ditopang dengan grid besi berwarna hitam. Perpaduan antara kedua material tersebut membuat desain ini cocok untuk dipasang pada dapur minimalis bergaya industrial. Baut digunakan dengan tujuan agar kayu yang menjadi dasar tidak mudah bergeser dari kerangka besinya. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan elemen paku atau baut untuk digunakan sebagai gantungan alat-alat dapurmu. Tambahkan hiasan untuk mempercantik dapur kesayanganmu.

5. Rak dapur gantung kayu minimalis

Butuh area penyimpanan yang lebih luas, tetapi area rumahmu terbatas? Tenang saja. Rak dinding yang terbuat dari bahan kayu ini menggantung pada bagian atas dapurmu dengan beberapa rak yang bisa kamu gunakan sebagai tempat penyimpanan piring, gelas, bahkan alat dapur. 

Kamu juga bisa menggunakan kaca besar yang jernih untuk memaksimalkan desain minimalisnya. Tiang penggantung rak juga bisa menggunakan warna-warna sederhana seperti hitam, putih, krem, dan lain-lain. 

6. Rak dinding kayu gantung dengan bukaan samping

Umumnya, rak dengan pintu bukaan ke depan memakan lebih banyak ruang daripada desain lainnya. Dengan begitu, kamu perlu menyediakan space lebih untuk  dapat menggunakan rak itu secara maksimal.

Namun, dengan hadirnya rak dinding kayu gantung dengan bukaan samping, kamu bisa menghemat area dapur agar terlihat lebih luas. Rak ini umumnya sering diletakkan pada bagian atas wastafel atau area memasak. Rak yang satu ini juga kerap diaplikasikan pada dapur bergaya minimalis modern. 

Agar terlihat lebih estetik, kamu bisa menggunakan kaca buram pada bagian pintu raknya. Rak dinding kayu juga tersedia dalam berbagai jumlah rak yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Menggunakan rak dinding kayu dengan bukaan samping, dapur akan terlihat lebih rapi serta luas walaupun di dalam rumah yang minimalis.

7. Rak dinding minimalis dari kayu dalam pintu tersembunyi

Sudut yang tidak digunakan atau ruang di bawah tangga yang tidak terpakai dapat kamu modifikasi dengan membangun rak yang serbaguna dan tidak memakan ruang, yaitu rak dapur tersembunyi. Umumnya rak ini digunakan untuk menyimpan alat-alat dapur yang besar dan jarang digunakan. Sehingga area dapurmu tidak akan terlihat sempit sekaligus berantakan. Kamu dapat menutupnya menggunakan pintu geser atau biasa. Jangan lupa untuk menggunakan warna senada dengan dinding agar ruangan penyimpanan terlihat menyatu dan senada!

Demikian inspirasi terkait model-model rak dinding minimalis dari kayu yang cocok untuk dapur. Kamu bisa memilihnya berdasarkan selera atau desain interior rumahmu. Ingatlah untuk selalu menyesuaikan desain rak dinding yang kamu pilih dengan kebutuhanmu.  

Baca juga: 6 Tips Memilih Keramik untuk Dinding Dapur yang Elegan


Tips untuk mempercantik dapur rumah minimalis


Selain jenis rak, kamu juga perlu memperhatikan tata letak serta barang yang disimpan pada rak tersebut agar dapurmu tampil lebih maksimal. Berikut adalah beberapa tips untuk mempercantik dapur dengan rak dinding.

1. Mendekorasi rak secara simetris

Penempatan rak gantung seperti rak ambalan juga tidak boleh asal-asalan. Kamu bisa meletakkannya secara simetris kanan dan kiri atau atas bawah. Dengan begitu area penyimpanan akan semakin banyak dan dapur juga terlihat lebih estetik.

2. Jadikan rak dinding kayu sebagai drinks bar

Ingin dapurmu terlihat mewah? Atau kamu suka mengoleksi minuman anggur dan lainnya? Kamu bisa meletakan berbagai minuman favoritmu dalam rak dinding kayu. Lalu, laci bagian bawahnya bisa kamu gunakan untuk menyimpan berbagai jenis gelas, seperti gelas wine, gelas cocktail, dan cup-cup mini yang cantik. 

3. Tunjukkan barang-barang favoritmu

Aplikasikan barang-barang kesukaanmu di dapur agar tampil menarik. Misalnya, scented candle atau resep memasak, lukisan-lukisan sederhana, dan masih banyak lagi.

4. Gunakan tampilan warna monokrom

Menggunakan warna yang sederhana seperti monokrom merupakan salah satu alternatif untuk menciptakan dapur yang terlihat stylish dan sederhana. Sebagai contoh, dengan dinding abu-abu sederhana, atau rak hitam untuk resep, atau bahkan laci putih untuk menyimpan peralatan makan dan dapur. 

5. Tambahkan kait besi pada rak dinding kayu

Fitur multifungsi bisa kamu tambahkan ke dalam rak dinding kayu. Jadi, kamu dapat menyimpan barang sekaligus menghemat lebih banyak ruang. Berbagai alat makan, alat masak, dan bahkan kain lap bisa kamu gantung disana. 

6. Gunakan kayu bekas

Siapa bilang mendesain dapur memakan biaya yang cukup mahal? Ternyata kamu dapat menggunakan kayu bekas sebagai rak dinding untuk mempercantik dapur. Pasalnya kayu bekas memiliki warna yang berbeda dibanding kayu pada umumnya. Sehingga dapur akan tampil artistik dan berbeda dari yang lain. 

Baca juga: 10 Inspirasi Dapur Cantik untuk Inspirasi Rumah Impian


Kesimpulan

Demikian inspirasi dan sederet tips yang harus kamu perhatikan saat ingin memilih rak dinding minimalis dari kayu. Kunjungi website kami untuk mengetahui tips-tips mengenai dekorasi rumah. Klik link ini!

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua