Spinner Icon

Hias Jendela Rumahmu dengan Sentuhan Manis Vertical Blind!

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 23 Agustus 2023
Table of Contents:
  • Jenis-jenis Material Vertical Blind
  • 1. Vertical Blind Kain
  • 2. Vertical Blind Vinyl
  • 3. Vertical Blind Aluminium
  • 4. Vertical Blind Kayu
  • 5. Vertical Blind PVC
  • 6. Vertical Blind Faux Wood
  • 7. Vertical Blind Berpola
  • 8. Vertical Blind dengan Lapisan Blackout
  • Beberapa Komponen Vertical Blind
  • 1. Headrail (Rel Penyangga)
  • 2. Lamel-Lamel
  • 3. Carrier (Penggantung Lamel)
  • 4. Chain or Cord (Rantai atau Tali)
  • 5. Bottom Chain (Rantai Bawah)
  • 6. Wand Control (Tongkat Pengendali)
  • 7. Valance (Penutup Bagian Atas)
  • 8. Mounting Brackets (Penyangga Pemasangan)
  • Keistimewaan Vertical Blind bagi Rumah Kamu
  • 1. Kontrol Cahaya Lebih Baik
  • 2. Privasi Terjaga
  • 3. Penyesuaian Arah Cahaya
  • 4. Keberagaman Desain
  • 5. Cocok untuk Jendela Besar dan Pintu Geser
  • 6. Daya Tahan Lama
  • 7. Low Maintenance
  • 8. Fitur Tambahan
  • Kesimpulan

Vertical blind atau tirai vertikal merupakan salah satu rekomendasi model gorden simpel tapi elegan untuk hunian kamu. Memang, untuk dekorasi jendela yang nyaman, tirai vertikal bisa menjadi solusi ideal. Konstruksinya cocok untuk ruangan dengan jendela besar.

Bila kita lihat dari segi estetika, menggunakan vertical blind sebagai pilihan tirai hunian kamu dapat memberikan sentuhan bersih, manis dan unik pada interior rumah. Biasanya, vertical blind berbahan dasar kain keras ataupun kayu yang membawa kesan minimalis sekaligus alami. Sementara dari segi kegunaan, model ini memberikan perlindungan yang sangat baik terhadap cahaya terang dan suasana yang menyenangkan di dalam ruangan.

Jika kamu mulai tertarik dengan si manis vertical blind, maka kamu perlu menyimak hingga akhir artikel ini sebagai referensi sebelum memutuskan untuk menjadikan model ini sebagai tirai hunian kamu.

Key Takeaways:

  • Vertical blind juga sering dijumpai di perkantoran karena kesan minimalis yang diciptakannya. Namun jangan khawatir, tidak salah juga bila kamu ingin menggunakannya untuk rumah ataupun hunian, karena model tirai yang satu ini sudah banyak dijumpai di rumah-rumah yang berada di perkotaan.
  • Vertical blind dapat digunakan dalam berbagai pengaturan, termasuk rumah, kantor, atau ruang komersial lainnya.
  • Keuntungan menggunakan vertical blind adalah memberikan fleksibilitas dalam mengontrol tingkat cahaya yang masuk ke dalam ruangan, serta memungkinkan kamu sebagai pengguna mengatur privasi ruangan dengan mudah. Selain itu, kelebihan lain dari vertical blind juga mudah dirawat dan dibersihkan.

Jenis-jenis Material Vertical Blind

Sama seperti model tirai lainnya, vertical blind juga memiliki beberapa jenis material yang bisa digunakan sebagai bahan dasar. Nah, setiap jenis vertical blind memiliki karakteristik dan keunggulan yang berbeda, sehingga kamu dapat memilih yang sesuai dengan gaya, kebutuhan, dan anggaran kamu. Berikut beberapa jenis vertical blind yang umum digunakan:


1. Vertical Blind Kain

Vertical blind kain terbuat dari kain yang dijahit menjadi lamel-lamel vertical yang menawarkan berbagai pilihan warna, pola, dan tekstur serta dapat disesuaikan dengan interior ruangan.

2. Vertical Blind Vinyl

Vertical blind vinyl terbuat dari bahan vinyl yang tahan lama dan mudah dibersihkan dan sering digunakan dalam lingkungan yang lebih basah, seperti kamar mandi atau dapur karena ketahanannya terhadap kelembaban.

3. Vertical Blind Aluminium

Vertical blind aluminium terdiri dari lamel-lamel tipis yang terbuat dari aluminium yang memberikan tampilan modern dan bersih, serta tahan terhadap korosi. Vertical blind aluminium juga sering digunakan di kantor dan ruang komersial.

4. Vertical Blind Kayu

Vertical blind kayu terbuat dari kayu asli atau kayu sintetis. Mereka menambahkan sentuhan alami dan kehangatan ke dalam ruangan. Vertical blind kayu biasanya cocok untuk gaya dekorasi yang alami, tradisional, atau rustic.

5. Vertical Blind PVC

Vertical blind PVC terbuat dari bahan PVC yang tahan lama dan mudah dirawat yang cocok untuk area dengan tingkat kelembaban tinggi, seperti kamar mandi atau ruang cuci.

6. Vertical Blind Faux Wood

Vertical blind faux wood (kayu tiruan) terbuat dari bahan sintetis yang menyerupai kayu asli. Mereka menawarkan tampilan kayu alami dengan kelebihan tahan terhadap kelembaban dan perubahan suhu.

7. Vertical Blind Berpola

Vertical blind berpola memiliki lamel-lamel dengan desain dan pola yang menarik. Mereka dapat menambahkan sentuhan dekoratif dan visual ke dalam ruangan kamu.

8. Vertical Blind dengan Lapisan Blackout

Vertical blind dengan lapisan blackout menawarkan perlindungan tambahan dari sinar matahari dan memungkinkan pengendalian cahaya yang lebih baik. Mereka cocok untuk kamar tidur atau ruangan yang membutuhkan privasi dan kegelapan total.

Baca juga: Kenali Manfaat Jendela Minimalis hingga Tips Memilihnya


Beberapa Komponen Vertical Blind

Setiap komponen berperan penting dalam keseluruhan fungsi dan penampilan vertical blind. Jika kamu tertarik menggunakan vertical blind, pastikan untuk memilih komponen berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan dan jangan lupa mengikuti instruksi pemasangan yang benar untuk memastikan vertical blind berfungsi dengan baik. Berikut beberapa komponen yang ada di vertical blind.

1. Headrail (Rel Penyangga)

Headrail merupakan bagian utama dari vertical blind yang terletak di bagian atas. Biasanya terbuat dari aluminium atau plastik yang kuat. Headrail berfungsi sebagai penyangga untuk lamel-lamel vertical blind dan menyediakan jalur pergerakan.

2. Lamel-Lamel

Lamel-lamel adalah panel vertikal individual yang tergantung pada headrail. Biasanya terbuat dari berbagai bahan, seperti kain, vinyl, aluminium, kayu, atau PVC. Lamel-lamel ini memiliki ukuran yang bervariasi, tergantung pada desain dan kebutuhan yang kamu pilih.

3. Carrier (Penggantung Lamel)

Carrier adalah komponen yang digunakan untuk menggantung lamel-lamel ke headrail. Mereka terhubung dengan rantai atau tali dan memungkinkan lamel-lamel untuk bergerak naik dan turun serta berputar.

4. Chain or Cord (Rantai atau Tali)

Chain atau cord digunakan untuk mengontrol pergerakan vertical blind. Rantai atau tali ini terhubung dengan carrier dan memungkinkan kamu untuk mengatur lamel-lamel agar bisa berputar dan menggeser vertical blind secara horizontal.

5. Bottom Chain (Rantai Bawah)

Bottom chain adalah rantai yang terletak di bagian bawah vertical blind. Rantai ini memberikan bobot pada lamel-lamel dan membantu vertical blind tetap lurus dan teratur.

6. Wand Control (Tongkat Pengendali)

Beberapa vertical blind dilengkapi dengan wand control, yaitu tongkat yang digunakan untuk mengendalikan pergerakan lamel-lamel. Dengan memutar tongkat, kamu dapat memutar lamel-lamel secara horizontal.

7. Valance (Penutup Bagian Atas)

Valance adalah pelat penutup yang dipasang di bagian atas headrail yang memberikan tampilan yang lebih estetis. Valance juga berfungsi untuk melindungi headrail dan mekanisme vertical blind dari debu dan kotoran.

8. Mounting Brackets (Penyangga Pemasangan)

Mounting brackets adalah penyangga yang digunakan untuk memasang headrail di atas jendela atau dinding. Mereka biasanya terbuat dari logam atau plastik yang kuat dan memastikan vertical blind terpasang dengan aman dan stabil.

Baca juga: Cara Memilih Model Teralis Jendela Minimalis Lengkap dengan Design


Keistimewaan Vertical Blind bagi Rumah Kamu

Saat ini ada begitu banyak model tirai modern. Tentunya tiap model tirai memiliki keistimewaan masing-masing baik dari fungsi kegunaan maupun fungsi estetika. Tak terkecuali dengan vertical blind. Berikut kelebihan ataupun keistimewaan jika memilih vertical blind sebagai model tirai hunian kamu.


1. Kontrol Cahaya Lebih Baik

Vertical blind memungkinkan kamu mengontrol jumlah cahaya yang masuk ke dalam ruangan dengan mengatur rotasi lamelnya. Dengan memutar lamel, kamu dapat menyesuaikan intensitas cahaya yang masuk. Hal ini memungkinkan kamu untuk menciptakan suasana yang diinginkan, mulai dari pencahayaan terang hingga pencahayaan redup.

2. Privasi Terjaga

Vertical blind juga memberikan privasi yang baik. Dengan menutup lamel, kamu dapat mencegah orang dari luar melihat ke dalam ruangan. Ketika lamel ditutup sepenuhnya, mereka memberikan privasi yang optimal bagi kamu ataupun penghuni lain yang ada di dalam ruangan.

3. Penyesuaian Arah Cahaya

Selain mengatur jumlah cahaya yang masuk, vertical blind juga memungkinkan kamu mengarahkan cahaya ke arah yang diinginkan. Kamu dapat memutar lamel secara horizontal untuk mengarahkan cahaya ke atas atau ke bawah. Ini berguna untuk mengurangi silau atau mengarahkan cahaya secara spesifik.

4. Keberagaman Desain

Vertical blind hadir dalam berbagai pilihan desain, warna, dan bahan. Kamu dapat memilih dari berbagai bahan seperti kain, vinyl, aluminium, atau kayu. Dengan begitu, kamu dapat menyesuaikan gaya vertical blind dengan interior ruangan.

5. Cocok untuk Jendela Besar dan Pintu Geser

Vertical blind sangat cocok untuk jendela besar dan pintu geser. Karena memungkinkan kamu dengan mudah menutup dan membuka area yang luas, seperti pintu kaca geser atau jendela geser. Lamel yang menggantung secara vertikal dapat digeser dengan mudah.

6. Daya Tahan Lama

Vertical blind umumnya tahan lama dan mudah dirawat. Bahan seperti vinyl atau aluminium tahan terhadap kelembaban dan mudah dibersihkan dengan lap basah. Vertical blind juga cenderung lebih tahan lama daripada tirai kain yang mungkin perlu dicuci secara teratur.

7. Low Maintenance

Vertical blind mudah dirawat. Cukup membersihkannya dengan penyedot debu atau lap lembut secara berkala untuk menghilangkan debu dan kotoran. Namun, di beberapa bahan mungkin kamu perlu membersihkan lebih ekstra seperti mencuci kain atau membersihkan noda yang membandel.

8. Fitur Tambahan

Ada fitur tambahan yang tersedia untuk vertical blind, seperti opsi tanpa tali atau motorisasi. Vertical blind tanpa tali lebih aman dibandingkan dengan tali dan memberikan tampilan yang lebih bersih. Sementara itu, vertical blind motorisasi memungkinkan kamu mengendalikan buka-tutup dan rotasi lamel dengan menggunakan remote control atau melalui sistem otomasi rumah.

Setiap keistimewaan ini membuat vertical blind menjadi pilihan yang populer dalam desain interior. Namun, penting untuk mempertimbangkan kebutuhan dan preferensi pribadi kamu saat memilih vertical blind yang tepat untuk rumah atau ruangan kamu.

Baca juga: 5 Ukuran Jendela Populer untuk Rumah Kamu


Kesimpulan

Membahas interior rumah rasanya ada banyak sekali elemen yang memengaruhi di dalamnya. Yup! Salah satunya pemilihan tirai yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Jika kamu ingin memiliki ruangan yang sederhana tapi elegan dengan nuansa manis, tidak ada salahnya memilih vertical blind.

Seperti yang sudah dijelaskan, vertical blind merupakan kombinasi desain dan fungsionalitas yang hebat dan seringkali merupakan pilihan terbaik untuk banyak area rumah berdasarkan ukuran jendela atau pintu yang ingin kamu tutupi. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu ya.

Jika kamu ingin memperoleh artikel seputar properti lainnya, langsung saja kunjungi website kami. Kamu akan menemukan berbagai artikel bermanfaat seputar properti, mulai dari inspirasi desain interior dan eksterior rumah, informasi seputar material rumah, serta informasi seputar KPR BTN Properti

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua