Spinner Icon

Warna Cat Rumah yang Paling Cocok untuk Rumah Minimalismu

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 24 Oktober 2022
Table of Contents:
  • Mengapa Pemilihan Warna Cat Itu Penting?
  • Tren Warna Rumah di Tahun 2022
  • Ide Warna Cat Cocok untuk Rumah Minimalis
  • 1. Warna Hijau
  • 2. Warna Kuning
  • 3. Warna Putih
  • 4. Warna Cokelat
  • 5. Warna Merah
  • 6. Warna Abu
  • 7. Warna Biru Langit
  • 8. Warna Beige
  • 9. Warna Pastel
  • Kesimpulan

Banyak hal yang harus dipertimbangkan saat membeli atau membangun rumah. Mulai dari lokasi rumah, bentuk bangunan, desain rumah yang diinginkan, luas dan denah rumah, dan masih banyak lagi hal yang penting untuk kamu pertimbangkan. Salah satu faktor yang cukup penting namun sering disepelekan adalah warna cat rumah.

Selain untuk membuat rumah tampak lebih cantik dan menarik, warna cat rumah juga berperan untuk memberikan kesan tersendiri bagi penghuni. Warna cat rumah sangatlah berpengaruh terhadap nuansa dan kualitas hunian. Terlebih lagi, warna cat juga dapat mempengaruhi mood dari penghuni rumah itu sendiri. Hal inilah yang membuat pemilihan warna cat sangatlah penting dalam membangun rumah.

Dalam artikel ini, akan dibahas tentang warna cat yang paling cocok untuk rumah minimalis dan mengapa pemilihan warna cat penting dalam mendesain rumah. Tanpa berlama-lama lagi, yuk simak artikel ini!


Mengapa Pemilihan Warna Cat Itu Penting?

Pemilihan warna cat rumah menjadi salah satu pertimbangan penting untuk mendesain rumah. Hal ini terutama karena warna cat dapat membuat rumah menjadi lebih enak dipandang, baik untuk penghuni ataupun pengunjung yang datang ke rumah kamu.

Warna cat bisa menciptakan kesan tertentu bagi suatu ruangan. Misalnya ada beberapa warna cat yang dapat memberikan kesan ruangan yang lebih tegas, ada juga yang dapat membuat rumah menjadi terkesan lebih ceria, bahkan terkesan lebih luas. Contohnya, warna-warna yang terang dan cerah dapat membuat ruangan terkesan lebih luas, sedangkan warna-warna gelap dapat membuat ruangan terkesan lebih sempit.

Di samping mempengaruhi kesan ruangan, warna cat rumah juga berpengaruh pada mood penghuninya. Gayuh Wicaksono, seorang Founder Eltakis Creative Idea, menyatakan bahwa warna cat rumah yang cerah dapat membangun suasana hati menjadi lebih ceria.

Adapun beberapa warna yang dapat membuat penghuni merasa lebih hangat dan bersemangat dalam beraktivitas di rumah. Warna-warna tersebut antara lain kuning, putih, dan oranye. Dengan alasan inilah warna-warna cerah umum menjadi favorit banyak orang saat memilih cat rumah.

Warna cat bagian dalam rumah juga dapat memberikan simbol tertentu atau mencerminkan karakter penghuni. Terdapat beberapa orang yang berpendapat bahwa jika warna cat bagian dalam rumah yang cerah dapat melambangkan kebahagiaan dan keberuntungan. Hal ini mungkin menjadi pertimbangan beberapa rumah menggunakan warna cat cerah.

Selain mempengaruhi mood, warna-warna cerah juga dapat meredam suhu ruangan, sehingga warna terkesan hangat tetapi ruangan akan terasa sejuk dan lebih santai. Tapi perlu diingat bahwa tidak semua warna cat yang cerah dapat memberikan kesan yang cocok dengan rumah kamu. Dalam pemilihan cat ini, kamu juga harus mempertimbangkan kombinasi warna cat rumah.

Padukan warna cat rumah bagian dalam dengan kombinasi antara warna cat cerah dengan warna gelap agar warna rumah lebih bervariasi dan lebih hidup. Perpaduan warna jika dilakukan dengan baik maka akan membuat rumah terkesan lebih unik dan cantik.

Baca juga: Hindari Kesalahan-Kesalahan Berikut dalam Tata Ruang Rumah


Tren Warna Rumah di Tahun 2022

Menurut arsitek Mande Austriono, tren desain interior, dekorasi rumah, dan keperluan rumah lainnya pada tahun 2022 ditempati oleh warna-warna yang segar dan lembut. Menurut Mande juga, tren ini mungkin dipengaruhi oleh adanya pandemi di tahun 2022 ini.

Sebelum pandemi, banyak orang yang kurang memperhatikan dekorasi rumah karena lebih banyak menghabiskan waktu di luar rumah, misalnya kerja di kantor atau bepergian. Namun setelah adanya pandemi, adanya kebijakan untuk kerja dari rumah membuat pemilik rumah menaruh lebih banyak perhatian kepada kenyamanan dan ketenangan dari dalam ruangan di dalam rumah.

Self-healing menjadi salah satu hal yang kita sadari menjadi penting. Salah satu bentuk self-healing yang dapat dilakukan adalah dengan mendesain rumah dapat menjadi comfort place kamu saat harus tetap tinggal di rumah.

Dengan mendesain rumah dengan warna segar dan cerah, penghuni rumah akan menjadi semakin nyaman dan ceria di rumah. Ini juga membantu agar penghuni menjadi lebih kreatif dan produktif selama berada di rumah.

Baca juga: Ide Dekorasi Rumah Sederhana yang Terlihat Estetik


Ide Warna Cat Cocok untuk Rumah Minimalis

Setelah mengetahui mengapa pemilihan warna cat rumah itu penting, berikut adalah beberapa ide inspirasi warna cat rumah yang cocok untuk rumah minimalis.

1. Warna Hijau

Warna hijau dapat menjadi salah satu pilihan warna untuk rumah minimalis kamu. Warna hijau yang identik dengan pepohonan atau dedaunan, melambangkan alam bebas dan kesejukan. Warna ini cocok untuk digunakan untuk mengecat seluruh ruangan, umumnya sangat cocok untuk tempat berkumpul, biasanya ruang makan ataupun ruang keluarga.

Cat warna hijau memberikan nuansa rumah yang lebih hidup dan memberikan semangat bagi penghuni. Kamu dapat memadukan warna ini dengan warna netral seperti krem dan putih, sehingga tampilan rumah lebih berwarna dan semakin cantik. Padukan dinding berwarna hijau dengan dekorasi berwarna terang, misalnya cokelat muda, orange muda, krem, dan lain-lain.

2. Warna Kuning

Meskipun terkesan mencolok, warna kuning pernah menjadi warna cat yang menjadi tren di tahun 2021. Warna kuning memberi kesan ceria dan tenang bagi penghuni. Warna kuning yang cerah juga dipercaya dapat meningkatkan semangat bagi penghuni.

Selain itu, warna kuning juga dapat meningkatkan konsentrasi sebagian orang dalam belajar maupun bekerja. Oleh karena itu warna cat rumah kuning mungkin paling cocok diterapkan pada ruang kerja atau ruang makan.

Takut warna cat kuning terlihat terlalu silau sehingga kurang menarik? Kamu dapat memadukan dinding warna kuning dengan dekorasi atau interior yang warnanya sepadan. Misalnya, kamu dapat menambahkan meja tamu berwarna coklat tua, atau kamu juga bisa menambahkan tumbuhan hijau sehingga rumah terlihat lebih menarik sekaligus asri.

3. Warna Putih

Sebagai warna yang paling sering dikaitkan dengan konsep rumah minimalis. Warna putih adalah warna yang paling sering dipilih oleh sebagian besar masyarakat untuk rumah minimalisnya. Hal ini karena warna putih sendiri cocok bila dipadukan dengan material hunian apapun dan dapat dikombinasi dengan warna lain.

Bosan dengan warna cat putih saja di seluruh bagian ruangan? Kamu dapat mengkombinasikan cat warna putih dengan warna lain sehingga akan lebih menarik.

Warna putih dapat memberikan kesan rumah yang bersih dan cerah. Tetapi cat putih juga lebih mudah kotor bila dibandingkan dengan warna cat lain. Oleh karena itu, cat putih membutuhkan perawatan ekstra daripada warna cat lainnya.


4. Warna Cokelat

Selain warna putih, warna cokelat juga merupakan salah satu warna netral yang umum dipilih untuk desain rumah minimalis. Warna coklat memberikan kesan rumah yang klasik sekaligus elegan. Warna coklat dapat kamu padukan dengan warna lainnya untuk memberikan kesan yang lebih elegan.

Terlebih lagi, warna cokelat memiliki banyak gradasi. Gradasi-gradasi dari warna cokelat ini akan memberikan rumah kesan yang lebih hangat dan memaksimalkan pencahayaan dalam ruangan.

5. Warna Merah

Jika kita membicarakan warna merah, kesan yang kita rasakan pasti adalah keberanian dan rasa semangat. Oleh karena alasan inilah, cat rumah warna merah dipercaya dapat memberikan motivasi bagi penghuni agar tetap produktif dan terus bersemangat dalam aktivitasnya sehari-hari.

Selain berani, warna merah juga memberikan kesan yang hangat. Cat warna ini sangat cocok untuk digunakan pada ruang tamu atau dapur. Warna cat merah akan terlihat tambah cantik jika kamu padukan dengan furnitur berwarna putih, misalnya meja kerja ataupun dekorasi dinding seperti lukisan yang dominan warna putih.

6. Warna Abu

Di era modern ini, warna abu-abu menjadi salah satu warna yang cukup populer untuk hunian minimalis. Warna abu-abu sendiri termasuk warna yang bersifat netral, sehingga warna ini memberikan kesan cerah dan minimalis. Selain itu, warna abu-abu juga memberikan rumah kesan yang elegan.

Warna cat abu-abu untuk bagian dalam rumah dapat kamu padukan dengan warna lainnya yang senada. Beberapa warna yang dapat kamu padukan adalah putih atau hitam. Perpaduan warna ini akan membuat hunian tidak terkesan monoton dan semakin hidup.

Selain itu, kamu juga dapat memadukan warna abu-abu dengan warna yang cerah, misalnya warna merah. Kombinasi antara warna abu-abu yang elegan dan warna merah yang cerah akan mendatangkan nuansa yang ceria tetapi tetap tenang.


7. Warna Biru Langit

Jika warna kuning memberikan nuansa ceria atau semangat, warna biru langit memberikan kesan ruangan yang lembut dan teduh. Berdasarkan Feng Shui, warna biru merupakan bagian dari elemen air yang diyakini dapat meningkatkan rasa damai dalam hati kita. Oleh karena itu, cat warna biru dipercaya dapat memberi nuansa yang lebih santai dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari.

Warna biru langit yang lembut dapat memberikan rasa tenang, sehingga memungkinkan tidur menjadi lebih nyenyak. Warna biru langit sangat cocok untuk kamu jadikan warna cat untuk ruang kamar tidur atau kamar anak. Cat warna biru langit juga memberikan kesan ruangan yang lebih luas.

Warna ini dapat kamu padukan dengan aksesori-aksesori dengan nada warna yang serupa untuk menambah estetikanya. Warna ini cocok dipadukan dengan warna lain seperti abu-abu atau putih. Selain itu, kamu juga bisa memadukan trim kuning pastel yang lembut sehingga rumah akan terlihat lebih hangat.

8. Warna Beige

Salah satu warna netral yang sedang tren saat ini adalah warna beige. Warna ini sangat terkenal di dalam dunia fashion dan perumahan. Warna beige sendiri sangat cocok diterapkan untuk desain rumah minimalis.

Warna ini dapat memberi efek mewah dan glamour pada ruangan. Di samping itu, warna beige dapat memberikan rumah kamu kesan yang lebih luas. Kamu juga dapat menambahkan furnitur atau dekorasi-dekorasi bagus lainnya dengan nada serupa untuk melengkapi ruangan.


9. Warna Pastel

Warna pastel sudah menjadi tren yang sangat terkenal di berbagai bagian dalam hidup, baik itu fashion bahkan warna cat rumah sekalipun. Dengan warna yang terkesan lucu dan tidak berlebihan, warna pastel yang lembut dapat membuat rumah terlihat lebih cantik.

Salah satu warna pastel yang paling cocok untuk cat rumah minimalis adalah warna hijau pastel atau mint. Warna ini merupakan jenis warna hijau yang paling muda. Agar rumah terlihat lebih menarik, kamu dapat mengkombinasikan warna cat mint ini dengan warna kontras hijau yang lembut sehingga interior akan terlihat lebih seimbang.

Baca juga: Apa Keuntungannya Membangun Rumah Sendiri?


Kesimpulan

Itu dia inspirasi-inspirasi warna cat yang dapat kamu gunakan untuk mempercantik tampilan rumah minimalis kamu. Ingatlah untuk selalu memperhatikan perpaduan antara warna cat yang kamu pilih dengan warna interior atau furnitur yang kamu miliki di rumahmu.

Pilihlah warna cat rumahmu dengan bijak agar cocok dengan interior yang ada di rumahmu. Tips lain yang dapat kami berikan adalah agar tidak memilih warna yang terlalu mencolok untuk dapat mempertahankan kesan minimalis dari rumah.

Sekarang setelah mengetahui apa saja yang penting untuk diperhatikan ketika membeli atau membangun rumah. Wujudkan rumah impianmu bersama Bank BTN. Tertarik untuk mengajukan program KPR BTN? Klik link ini untuk mengetahui lebih lanjut program KPR yang dapat kamu ajukan melalui BTN.

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua