Spinner Icon

Ini Dia Tips Merancang Dapur Minimalis Ukuran 2x1

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 26 April 2023
Table of Contents:

Dapur merupakan salah satu elemen vital pada rumah yang memiliki fungsi penting. Siapapun akan senang jika memiliki dapur yang nyaman untuk memasak. Karenanya, penting bagi pemilik rumah untuk merencanakan dengan matang dapur yang akan dibuat.

Namun, ada kalanya pemilik rumah dihadapkan pada kondisi di mana lahan dapur berukuran kecil, seperti yang umum ditemukan pada hunian mungil yang berada di kawasan perkotaan atau rumah yang dibangun dengan skema KPR subsidi. Salah satu contoh dapur berukuran mungil adalah dapur minimalis ukuran 2x1.

Jika sudah begini, pastinya kamu akan bertanya-tanya. Apakah bisa membuat dapur minimalis ukuran 2x1 yang nyaman dan memiliki nilai estetika?

Tentu bisa. Kamu hanya perlu mengembangkan kreativitas dan membuat skala prioritas terhadap benda-benda yang akan diletakkan di area dapur. Penasaran bagaimana caranya? Yuk, simak tips berikut ini.

Key Takeaways:

  • Dapur minimalis yang cantik dapat membuat siapapun merasa senang untuk beraktivitas di dalamnya. Namun, ada kalanya pemilik rumah dihadapkan pada situasi di mana dapur berukuran sangat mungil.
  • Meski memiliki ukuran yang mungil, bukan berarti dapur minimalis ukuran 2x1 tidak dapat menghadirkan nuansa nyaman dan tampil cantik. Pemilik rumah hanya perlu memperhatikan ketersediaan ruang dan memilih perabot berdasarkan aspek fungsionalitasnya.
  • Untuk menghadirkan dapur minimalis ukuran 2x1 yang menawan, penting bagi pemilik untuk memperhatikan aspek pencahayaan, sirkulasi, serta penggunaan perabot. Lebih lanjut, meminimalkan penggunaan sekat juga dapat memberi kesan lapang pada dapur berukuran mungil.

Poin yang Perlu Diperhatikan dalam Merancang Dapur Minimalis Ukuran 2x1

1. Tentukan Layout Dapur

Pada dapur minimalis ukuran 2x1, terdapat dua jenis layout yang dapat kamu pilih, linier dan huruf L. Kedua layout ini umum diaplikasikan pada dapur berukuran mungil yang tidak memiliki banyak ruang.

Pada dapur linier, countertop dibuat memanjang menghadap sisi dinding. Layout ini memberi lebih banyak ruang yang memungkinkan dua orang beraktivitas di waktu yang bersamaan.

Sementara itu, pada layout dapur huruf L, terdapat siku yang membatasi area gerak sehingga hanya dapat digunakan satu orang dalam satu waktu. Meski begitu, bentuk huruf L pada layout dapur memungkinkan countertop untuk menyimpan lebih banyak benda dan mengakomodasi lebih banyak fungsi.

2. Hindari Penggunaan Kitchen Set atau Kabinet Dinding Berukuran Besar

Peletakan perabot berukuran besar di ruangan mungil hanya akan membuat ruangan tersebut terlihat sesak. Hal ini juga berlaku untuk keberadaan kitchen set dan kabinet dinding berukuran besar di area dapur. Tentunya, kamu tidak ingin membuat dapur berukuran mungil menjadi sempit dan mengakibatkan sulit untuk bergerak.

Sebagai solusi, kamu bisa menggunakan ambalan pada dinding sebagai pengganti kabinet. Ambalan tersebut bisa kamu gunakan untuk meletakkan perlengkapan memasak maupun alat makan. Kamu juga dapat meletakkan tanaman hias pada ambalan untuk membuat dapur minimalis tampak segar dan manis.

3. Prioritaskan Peralatan Esensial

Dihadapkan dengan keterbatasan ruang, penting bagi pemilik rumah untuk memilih peralatan apa saja yang akan diletakkan di area dapur ukuran 2x1. Idealnya, kamu dapat memprioritaskan peralatan esensial untuk diletakkan terlebih dahulu.

Peralatan yang esensial di antaranya adalah kompor, tabung gas, sink, dan peralatan memasak. Selain itu, jika memiliki ruang tambahan, kamu juga dapat meletakkan lemari pendingin dan oven. Namun, hal ini tentu kembali pada kemampuan finansial dan kebutuhan terhadap perangkat-perangkat tersebut.

Jika memang peralatan tersebut jarang digunakan atau terlalu mahal, maka sebaiknya tidak dipaksakan untuk diletakkan di dapur. Prioritaskan peralatan dan perangkat yang memang akan sering digunakan saja.

4. Gunakan Peralatan Tambahan yang Fleksibel dan Mudah Dipindahkan

Meski tampak mungil, bukan berarti dapur minimalis ukuran 2x1 tidak boleh dilengkapi oleh peralatan. Kamu juga tetap dapat menggunakan peralatan tambahan selama memperhatikan ruang yang tersedia dan aspek fungsional peralatan tersebut.

Sebagai contoh, kamu dapat menggunakan troli yang dapat berpindah sebagai tempat penyimpanan bumbu dapur dan bahan memasak. Jika aktivitas memasak tidak membutuhkan bumbu dapur, troli tersebut dapat dipindahkan ke ruangan lain untuk membuat dapur terasa semakin lapang.

Selain itu, kamu juga dapat menggunakan meja drop-leaf yang dapat dibuka sebagai area kerja tambahan. Setelah selesai digunakan, meja tersebut dapat dilipat kembali ke arah dinding. Praktis dan efisien, bukan?

Baca juga: 11 Inspirasi Desain Meja Dapur Cantik untuk Dapur Minimalismu

5. Pilih Warna yang Sederhana dan Netral

Mengusung konsep minimalis, kamu dapat menerapkan konsep warna netral atau two-tone pada dapur mungil berukuran 2x1.

Sebagai contoh, kamu dapat menerapkan skema monokrom untuk menampilkan kesan elegan. Jika ingin memberi kesan homey, cobalah untuk mengkombinasikan warna putih dengan elemen kayu pada area dapur.

Selanjutnya, kamu yang ingin menghadirkan kesan dapur industrial juga dapat mengaplikasikan keramik tegel yang senada dengan dinding yang diberi finishing semen ekspos.

Hindari penggunaan terlalu banyak motif dan warna karena akan membuat dapur tampak ramai dan jauh dari kesan minimalis. Selain itu, warna yang terlalu mencolok juga akan membuat dapur terkesan berlebihan.


6. Minimalkan Sekat untuk Membuat Dapur Tampak Lapang

Saat merancang sebuah rumah, dapur biasanya terletak berdekatan dengan ruang makan atau ruang keluarga. Agar dapur minimalis ukuran 2x1 tampak lapang, cobalah untuk menghilangkan sekat atau dinding yang memisahkan dapur dengan ruangan lain yang berada di rumah.

Dapur mungil tanpa sekat dapat dibuat semakin menarik dengan meletakkan meja makan bentuk mini bar tepat di sebelahnya. Dengan begitu, makanan bisa langsung dihidangkan tanpa membutuhkan adanya mobilisasi ke ruangan lain.

Namun demikian, jika memang tidak memungkinkan untuk menghilangkan sekat pada dapur, gunakan panel atau partisi alih-alih dinding permanen. Hal ini akan membuat dapur terlihat manis dengan tetap mengutamakan aspek privasi.

7. Aplikasikan Konsep Dapur Semi-outdoor

Jika hunian kamu dilengkapi dengan taman kecil yang berada di dalam rumah, letakkan dapur minimalis ukuran 2x1 tepat di sebelahnya. Kamu dapat memberi pintu kaca yang bisa menjadi akses keluar masuk maupun sirkulasi.

Area yang terbuka dan dilengkapi oleh tanaman ini akan memberi ilusi dapur yang luas, meskipun hanya memiliki ukuran 2x1. Selain itu dapur semi-outdoor juga umumnya tampak lebih cantik sehingga membuat siapa pun merasa senang saat beraktivitas di area tersebut.

8. Pastikan Dapur Memiliki Ventilasi yang Cukup

Tak dipungkiri, dapur minimalis ukuran 2x1 adalah jenis dapur yang mungil dan memiliki sirkulasi terbatas. Karenanya, penting bagi pemilik untuk memastikan dapur tersebut memiliki ventilasi udara yang memadai.

Hal ini penting, agar nantinya dapur tidak pengap maupun lembab. Selain itu, ventilasi juga penting agar uap panas yang ditimbulkan dari proses memasak dapat keluar dari area dapur.

Kamu dapat menggunakan exhaust fan sebagai medium pembuangan uap panas. Biasanya, exhaust fan diletakkan tepat di atas kompor dan dapat dinyalakan sesuai kebutuhan.

Selain itu, kamu juga dapat menggunakan jendela model awning maupun ventilasi jenis lainnya sebagai sumber masuk udara segar. Sebaiknya hindari jendela teralis sebagai alat ventilasi. 

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi percikan atau uap minyak yang menempel pada teralis. Uap minyak yang menempel pada teralis relatif lebih sulit untuk dibersihkan, sehingga mengurangi nilai estetika pada dapur minimalis.

9. Buat Pencahayaan Natural Maupun Buatan yang Memadai

Dalam merancang dapur minimalis ukuran 2x1, aspek lain yang tidak kalah penting adalah pencahayaan. Tentunya, kamu tidak ingin dapur yang berukuran mungil tampak gelap dan pengap. Hal ini nantinya akan mempengaruhi mood orang yang beraktivitas di dapur tersebut.

Untuk menyiasatinya, kamu dapat menggunakan atap fiber sebagai sumber cahaya alami pada area dapur minimalis. Letak fiber yang berada di langit-langit tidak akan memakan tempat di area dapur, sehingga kamu dapat mengoptimalkan sisi dinding untuk penyimpanan peralatan masak.

Selanjutnya, kamu dapat menggunakan lampu sorot sebagai sumber cahaya buatan. Lampu sorot memberikan kesan manis pada dapur berukuran mungil. Sebaiknya, pilih lampu berwarna kuning untuk menghadirkan nuansa hangat pada dapur minimalis.

Baca juga: Inspirasi Model Keramik Dapur Minimalis yang Cocok untuk Rumahmu


Kesimpulan

Demikianlah tips yang dapat kamu tiru untuk merancang dapur minimalis ukuran 2x1. Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, bukan hal yang mustahil bagi dapur berukuran mungil untuk tampil cantik dan estetik. Kamu hanya perlu bersikap kreatif dan fleksibel terhadap inovasi yang ditawarkan.

Meski tips-tips di atas tadi ditujukan untuk membantu pemilik dapur ukuran 2x1 merancang dapur idaman yang nyaman, kamu juga dapat menerapkan tips-tips ini pada dapur yang memiliki ukuran lebih lapang. Cukup sesuaikan dengan luas dapur dan fungsi yang ingin dicapai. Selamat berkreasi!

Kunjungi website BTN Properti untuk inspirasi rumah lainnya dan program KPR BTN Properti.

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua