Spinner Icon

Rumah Sederhana tapi Mewah: 12 Ide Desain yang Bisa Ditiru

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 26 Mei 2024
Table of Contents:
  • 12 Contoh Desain Rumah Sederhana Tapi Elegan
  • 1. Desain Rumah Minimalis Modern
  • 2. Desain Rumah Simpel dengan Kesan Mewah
  • 3. Desain Rumah Sederhana Kontemporer
  • 4. Desain Rumah Vintage
  • 5. Desain Rumah Sederhana dengan Atap Tinggi
  • 6. Desain Rumah Industrial
  • 7. Desain Rumah Tropis Modern
  • 8. Desain Rumah Skandinavia
  • 9. Desain Rumah dengan 2 Lantai
  • 10. Desain Rumah Sederhana dengan Taman Dalam
  • 11. Desain Rumah Zen Minimalis
  • 12. Desain Rumah Sederhana Monokrom
  • Tips dalam Membuat Rumah Sederhana tapi Mewah
  • 1. Pilih Desain Minimalis yang Elegan
  • 2. Fokus pada Kualitas Material
  • 3. Perhatikan Tata Letak Ruangan
  • 4. Pencahayaan yang Optimal
  • 5. Warna Netral dan Konsisten
  • 6. Sentuhan Artistik dalam Dekorasi
  • 7. Pilih Furnitur yang Berkualitas
  • 8. Tanamkan Tanaman Hijau di Dalam Rumah
  • 9. Fokus pada Detail Kecil
  • 10. Tambahkan Sentuhan Glamor dengan Kristal atau Kaca Cermin
  • 11. Gunakan Karya Seni sebagai Fokus Utama
  • 12. Integrasikan Sistem Teknologi Canggih
  • BTN Properti: Solusi Temukan Tips Dekorasi Hunian

Mempunyai rumah yang indah dan nyaman adalah impian banyak orang. Namun, tidak semua orang memiliki budget besar untuk membangun rumah yang mewah.

Jangan khawatir, dengan desain yang tepat dan pemilihan konsep yang cerdas, kamu dapat mewujudkan rumah sederhana tapi mewah yang tak kalah menawan.


Key Takeaway:

  • Kunci utama dalam menciptakan rumah sederhana tapi mewah adalah kesederhanaan dan fungsionalitas.
  • Terdapat berbagai macam desain yang bisa kamu ikuti untuk mendapatkan rumah sederhana tapi mewah seperti, minimalis modern, vintage, industrial, dan lainnya.
  • Tips dalam membangun rumah sederhana tapi mewah adalah pemilihan desain, kualitas material, tata letak ruang, pencahayaan, pemilihan warna dan furnitur, fokus pada hal detail, menggunakan teknologi smart home, sentuhan artistik, dan masih banyak lagi.

12 Contoh Desain Rumah Sederhana Tapi Elegan

Kunci utama dalam menciptakan rumah sederhana tapi mewah adalah kesederhanaan dan fungsionalitas. Berikut beberapa konsep desain yang bisa kamu terapkan.

1. Desain Rumah Minimalis Modern

Desain minimalis modern menawarkan estetika yang menawan dengan mengutamakan kesederhanaan dan fungsionalitas. Gaya minimalis ini identik dengan garis-garis yang bersih, bentuk geometris, dan penggunaan warna netral seperti putih, abu-abu, dan hitam. Penggunaan material kaca yang besar juga menjadi ciri khas desain minimalis modern, membantu menciptakan ilusi ruang yang lebih luas dan terang.

Desain minimalis modern menghadirkan keanggunan dan kemewahan melalui keseimbangan elemen dan fokus pada detail. Penggunaan material berkualitas tinggi, seperti kayu dan batu alam, memberikan sentuhan natural yang hangat dan berkelas.

2. Desain Rumah Simpel dengan Kesan Mewah

Memiliki rumah dengan desain yang simpel dan mewah merupakan impian banyak orang. Kesan mewah tidak selalu identik dengan rumit dan mahal. Dengan beberapa tips dan trik, kamu dapat menciptakan rumah simpel yang terlihat menawan dan berkelas.

Salah satu kuncinya adalah pemilihan material yang tepat. Penggunaan material seperti batu alam, kayu, dan kaca dapat memberikan kesan elegan dan modern. Perhatikan juga pencahayaan. Pencahayaan yang baik dapat membantu meningkatkan estetika dan kenyamanan hunian.

Selain itu, gunakan palet warna netral seperti putih, krem, atau abu-abu sebagai warna dasar. Warna-warna ini memberikan kesan luas dan elegan.


3. Desain Rumah Sederhana Kontemporer

Desain rumah sederhana kontemporer menawarkan perpaduan gaya modern dan tradisional yang menawan. Kesederhanaan dan fungsionalitas gaya modern dipadukan dengan elemen-elemen tradisional seperti batu alam, kayu, dan tanaman hijau, menghasilkan hunian yang terasa hangat dan natural.

Jendela besar dan skylight menjadi ciri khas desain kontemporer, memaksimalkan pencahayaan alami dan menciptakan ilusi ruang yang lebih luas. Penggunaan material kaca dan baja juga memberikan sentuhan modern pada hunian.

Desain rumah sederhana kontemporer cocok bagi mereka yang menginginkan hunian yang modern dan stylish namun tetap terasa hangat dan nyaman.

4. Desain Rumah Vintage

Desain rumah sederhana dengan nuansa vintage menghadirkan nostalgia masa lalu yang hangat dan menawan. Penggunaan elemen-elemen vintage seperti furnitur antik, dekorasi vintage, dan warna-warna pastel dapat memberikan kesan unik dan personal pada hunian.

Kesederhanaan desain vintage tidak berarti kekurangan estetika. Justru dengan kesederhanaan tersebut, tercipta suasana yang nyaman dan akrab. Penggunaan material alami seperti kayu dan rotan memberikan sentuhan hangat dan natural.

5. Desain Rumah Sederhana dengan Atap Tinggi

Desain rumah sederhana dengan atap tinggi menawarkan solusi untuk hunian yang terasa lebih luas dan lega. Atap tinggi memberikan ruang yang lebih besar untuk sirkulasi udara, sehingga rumah terasa lebih sejuk dan nyaman.

Desain rumah dengan atap tinggi dapat menciptakan suasana yang tenang dan damai. Penggunaan jendela besar di bagian atas dinding dapat membantu memaksimalkan pencahayaan alami.

6. Desain Rumah Industrial

Desain rumah sederhana industrial menawarkan estetika yang unik dan maskulin. Penggunaan material seperti bata ekspos, beton, dan baja memberikan kesan edgy dan modern pada hunian.

Desain industrial cocok bagi mereka yang menginginkan hunian yang berbeda dari yang lain dan memiliki karakter yang kuat. Perpaduan material yang kokoh dengan pencahayaan yang tepat menghasilkan estetika yang menawan dan berkelas.

Sebagai contoh, ruang tamu dapat didesain dengan dinding bata merah ekspos, sofa kulit berwarna coklat, dan lampu gantung besi.

7. Desain Rumah Tropis Modern

Desain rumah tropis modern menawarkan perpaduan kenyamanan dan estetika yang ideal untuk iklim tropis. Elemen-elemen desain tropis seperti ventilasi alami, atap tinggi, dan penggunaan material alami seperti kayu dan batu memberikan hunian yang sejuk dan nyaman.

Kesederhanaan desain modern dipadukan dengan elemen tropis menghasilkan estetika yang unik dan menawan. Penggunaan jendela besar dan skylight memaksimalkan pencahayaan alami, dan taman tropis di dalam atau di luar ruangan memberikan sentuhan natural yang menyegarkan.

Selain itu, gunakan palet warna terang seperti putih, krem, atau abu-abu untuk memberikan kesan luas dan terang.


8. Desain Rumah Skandinavia

Desain rumah Skandinavia identik dengan kesederhanaan, fungsionalitas, dan kehangatan. Penggunaan palet warna netral, material alami, dan cahaya alami menjadi ciri desain ini.

Tidak hanya itu, ciri khas desain Skandinavia adalah penggunaan palet warna netral seperti putih, krem, dan abu-abu. Warna-warna ini memberikan kesan luas, terang, dan tenang. Penggunaan material kayu yang hangat dan jendela besar untuk memaksimalkan cahaya alami menjadi elemen penting dalam desain ini.

9. Desain Rumah dengan 2 Lantai

Desain rumah 2 lantai menawarkan solusi ideal bagi mereka yang menginginkan ruang yang lebih luas tanpa harus memperluas lahan. Pembagian ruang secara vertikal memungkinkan terciptanya lebih banyak ruang fungsional dalam satu bangunan.

Lantai pertama biasanya digunakan untuk ruang publik seperti ruang tamu, ruang makan, dapur, dan taman. Sedangkan lantai dua digunakan untuk ruang privat seperti kamar tidur, ruang kerja, dan ruang keluarga. Desain 2 lantai juga memungkinkan terciptanya privasi yang lebih baik bagi anggota keluarga.

10. Desain Rumah Sederhana dengan Taman Dalam

Desain rumah sederhana dengan taman dalam menawarkan solusi ideal untuk menghadirkan nuansa alam yang menyegarkan di tengah hunian. Kehadiran taman dalam memberikan banyak manfaat, seperti meningkatkan kualitas udara, mengurangi stres, dan memberikan estetika yang indah.

Taman dalam dapat dibuat dengan memanfaatkan area kecil di dalam rumah, seperti sudut ruangan, area dekat jendela, atau bahkan di bawah tangga. Berbagai jenis tanaman dapat ditanam, seperti tanaman hias, tanaman herbal, atau bahkan pohon kecil.

11. Desain Rumah Zen Minimalis

Desain rumah zen minimalis menawarkan solusi untuk menghadirkan ketenangan dan keseimbangan di tengah kesibukan hidup modern. Gaya ini berfokus pada kesederhanaan, fungsionalitas, dan koneksi dengan alam.

Ruang-ruang dirancang dengan garis-garis yang bersih dan rapi, tanpa dekorasi berlebihan. Penggunaan material alami seperti kayu dan batu memberikan tekstur yang menenangkan. Palet warna netral yang dipadukan dengan warna earth tone menciptakan suasana yang hangat dan damai.

12. Desain Rumah Sederhana Monokrom

Desain rumah sederhana monokrom menawarkan estetika yang simpel, modern, dan menawan. Penggunaan palet warna hitam dan putih yang dominan menciptakan kesan elegan dan timeless. Kesederhanaan menjadi ciri khas desain ini, dengan fokus pada fungsionalitas ruang dan permainan tekstur.

Ruang tamu dapat didesain dengan sofa berwarna putih dan dinding hitam. Sentuhan aksen gold pada lampu gantung atau coffee table dapat memberikan kesan mewah. Dapur dapat didesain dengan kitchen set putih dan backsplash hitam, memberikan kesan bersih dan modern. Kamar tidur dapat didesain dengan tempat tidur hitam dan seprai putih, memberikan kesan tenang dan nyaman.


Tips dalam Membuat Rumah Sederhana tapi Mewah